The Railway Children (E. Nesbit)


Edith Nesbit (1906)
Vintage, 2012
Young Readers Fiction
978-0-099-57299-2
Kinokuniya PIM – Rp104,000

Dikisahkan tentang 3 bersaudara: Bobbie, Peter and Phillys. Mereka tinggal di London bersama ibu yang selalu siap menemani, dan ayah yang tidak pernah marah. Bisa dibilang mereka adalah anak-anak beruntung dan berbahagia. Kehidupan mendadak jungkir balik ketika suatu malam Ayah dijemput beberapa orang dan ia pergi secara misterius. Beberapa waktu kemudian baru mereka tahu Ayah berada di penjara. Bersama Ibu, mereka terpaksa pindah ke pedesaan, hidup lebih sederhana dan tidak lagi bersekolah. Ibu mendapat uang untuk membiayai mereka dari hasil menulis cerita dan puisi.

The Railway Children diterbitkan di awal abad ke-20. Latar belakang kisahnya terinsiprasi dari pengalaman pribadi si penulis yang pernah tinggal di dekat rel kereta api. Ayahnya meninggal dunia ketika ia masih kecil, sehingga ia hanya mengenal ibu dan saudara-saudarinya. Tokoh “ayah” yang pergi mendadak karena dituduh menjual rahasia negara terinspirasi dari kisah nyata Alfred Dreyfus yang bernasib sama beberapa tahun sebelum kisah ini ditulis.

Kehidupan sederhana di pedesaan, anak-anak yang baik dan sopan meskipun tidak lagi bersekolah, anak-anak yang peduli pada orang lain dan berjiwa penolong, tatanan sosial dimana semua orang tahu kedudukan dan statusnya di masyarakat meskipun tidak ada panduannya, sikap yang menjunjung tinggi moral yang baik (walaupun miskin, tidak boleh mencuri, apapun alasannya); adalah sebuah kondisi dan suasana ideal yang kita harapkan dari sekeliling kita. Konon ini adalah potret kehidupan di masa Edwardian saat buku ini ditulis.

Ada banyak hal baik dan menyenangkan dalam kisah The Railway Children. Mungkin tidak semuanya realistis sebagaimana kondisi sosial saat ini, namun kisahnya bisa menumbuhkan semangat dan sebagai pengingat bahwa kehidupan ideal itu pernah ada. And hey, it feels good to live in that world. Buku semacam ini harus selalu ada di dalam koleksi buku anak-anak :)

PS: Saya suka semua desain sampul seri Vintage Children Classics. Buku yang biasanya saya lihat dalam lukisan sampul yang gloomy, terkesan serius, dengan pilihan tipe huruf yang juga kaku (misalnya terbitan Puffin Classics), kali ini tampil dengan ilustrasi yang ceria memakai warna-warni menarik hati, dan sketsa yang bergaris tegas namun “kid friendly”. Seri ini memang ditujukan untuk usia 8-12 tahun. Judul lainnya ini bisa dilihat di www.worldofstories.co.uk.

2 thoughts on “The Railway Children (E. Nesbit)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s