The Boy in the Striped Pyjamas (John Boyne)


John Boyne (2006)
Vintage, 2012
Young Readers Fiction
978-0-099-57286-2
TGA Sency – Rp119,000

Saya lebih dulu menonton filmnya ketimbang membaca bukunya. Filmnya membuat saya menangis semalaman. Selain karena kisahnya menyentuh, visualnya juga mampu mengaduk-aduk pikiran dan perasaan saya. Berbekal pengalaman tersebut, saya membaca buku dengan lebih uptight, lebih berhati-hati menjaga emosi saya supaya tidak kewalahan.

Keluguan Bruno lebih tergambar jelas lewat novel ini. Anak kecil yang saya pikir tadinya sekadar ignorant karena terlalu dimanja, di dalam novel digambarkan dengan lebih baik. Keluguan Bruno memang karena ia berada dalam proteksi orang-orang terdekatnya, dan ia terkondisi untuk selalu berada dalam zona nyaman tersebut sampai ketika ayahnya mendapat promosi untuk memimpin di Out-with dan mereka sekeluarga pindah kesana.

Rasa frustasi membuat Bruno menjadi lebih berani. Ia dan Gretel, kakaknya, belajar dengan seorang guru di rumah. Tidak ada teman bermain yang sebaya. Tidak ada orang dewasa yang meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaannya tanpa berakhir dengan perasaan tidak enak.

Some things are just sitting there, waiting to be discovered. Other things are probably better off left alone.

Bruno memutuskan untuk menyibukkan diri, mencari jawabannya sendiri, dan melakukan eksplorasi sendirian. Di saat inilah Bruno berkenalan dengan Shmuel, anak lelaki berpiyama garis-garis, bertanggal lahir sama dengannya, yang tinggal di balik pagar berkawat besi.

Meskipun mengambil setting camp Nazi yang memang pernah ada, Mr Boyne juga menggarisbawahi bahwa buku ini adalah tulisan fiksi karena ada banyak hal yang ia reka supaya bisa lebih sesuai dengan jalan ceritanya tanpa mengubah makna dan pesan moral yang ingin ia sampaikan. Lebih detail tentang novel ini bisa dibaca pada laman Wikipedia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s