A Little Princess / Putri Raja Cilik (Frances Hodgson Burtnett)


Frances Hodgson Burnett (1905)
GPU, Cetakan kedua 2011
Fiksi Klasik
978-979-22-6406-7
Bazaar Gramedia – Rp25,200

Cerita Little Princess adalah salah satu kisah klasik yang harus dibaca oleh semua orang. Penggabungan antara fairy tale dengan suasana sekolah asrama, love it!

Sara Crewe adalah seorang anak yang tidak hanya cantik, tapi juga kaya dan murah hati. Tidak hanya terlihat seperti seorang putri, Sara juga berhati emas seperti putri yang seharusnya. Karena kekayaan ayahnya, Sara mendapat perlakuan khusus di sekolah. Ia memiliki pakaian-pakaian yang indah, boneka-boneka yang cantik, bahkan kamar besar hanya khusus untuknya. Namun ketika sekolah mendapat kabar bahwa ayah Sara meninggal dan kekayaannya juga hilang, bukannya bersimpati, kepala sekolah memperlakukan Sara dengan sangat buruk. Ia tidak boleh bersekolah lagi, harus bekerja mengajar anak-anak yang lebih muda, ia juga harus membantu membersihkan sekolah dan menjadi pesuruh di dapur. Kerap kali Sara tidak mendapat cukup makan dan pakaian yang layak untuk selama musim dingin. Tapi sekali seorang putri, tetaplah seorang putri. Tidak peduli seberapa buruk ia diperlakukan, Sara tetaplah anak yang murah hati, kuat, dan… beruntung.

Hampir dua puluh tahun lalu saya menonton filmnya, yang kala itu jauh lebih mudah didapat ketimbang mencari bukunya. Film tersebut adalah visualisasi yang bagus dari novel indah ini. Awalnya kisah Sara Crewe adalah cerita serial yang dipublikasikan di majalah St. Nicholas sekitar tahun 1888, yang kemudian direvisi dan dicetak sebagai novel utuh oleh penulisnya di tahun 1905. Francess Hodgson Burnett juga menulis novel klasik Secret Garden.

Novel ini bisa dibaca dalam versi Bahasa Inggris di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s