The Street Lawyer / Pengacara Jalanan (John Grisham)


John Grisham (1998)
GPU, Cetakan kelima 2010
Fiksi 
978-979-22-6191-2
Gramedia – Rp50,000

Tidak banyak yang saya ingat dari novel ini, selain kisah tentang seorang lawyer yang sedang bersinar dalam karir, berbalik menjadi seorang pencuri, dan memilih karir baru sebagai pengacara bagi orang-orang di jalanan, bagi para geladangan. Bisa jadi saya akan memiliki kesan lain, jika saya membacanya ketika buku ini baru diterbitkan, tahun 1998. Untuk bacaan “masa kini”, setelah saya terlalu banyak menonton film action, jalan cerita novel ini menjadi terlalu klise dan terlalu mudah ditebak. Saya belum sempat bersimpati dengan tokoh utamanya, Michael, dan tidak ada cukup chemistry yang dapat membuat saya bisa join force dengan pilihan martir yang Michael lakukan. It could have been better. Maybe in a different timing.

Berikut sinopsis yang diberikan Gramedia:

Perjalanan karier Michael lancar. Kedudukannya terus meningkat di Drake dan Sweeney, biro hukum raksasa di Washington, D.C., yang mempunyai delapan ratus pengacara. Gajinya tinggi dan semakin bagus; tiga tahun lagi ia akan menjadi partner. Ia bintang yang sedang menanjak, tak pernah menyia-nyiakan waktu, tak pernah istirahat, tak pernah beramal pada pengemis. Tak ada waktu untuk hati nurani. (www.gramedia.com)

 

Leave a Reply

