La Barka [Nh Dini]


Nh. Dini
GPU, Februari 2010
Fiksi Dewasa
978-979-22-5439-6
Bazaar Gramedia – Rp27,000

Niat mulia saya untuk mengakrabkan diri dengan karya penulis ternama ini pupus sudah. Kenyataan bahwa novel ini sudah 4 kali naik cetak sejak 1975, membuat saya memaksakan diri untuk lanjut sampai ke “Francine” dan… berhenti total. Novel ini ditulis seperti buku harian dengan penamaan bab yang merujuk pada orang tertentu yang sedang menjadi topik utama di bab tersebut. Mirip dengan novel ini yang baru saya baca beberapa hari lalu. Kisahnya tentang Rina dan kawan-kawannya yang memiliki masalah dalam pernikahan mereka masing-masing. Alih-alih saya menemukan kekuatan di antara ujian hidup yang mereka hadapi, saya kehilangan minat. Untuk saya, temponya terlalu lamban. Saya tidak mampu menumbuhkan rasa ingin tahu maupun ikatan dengan ceritanya, karena kesabaran saya menguap cepat jauh melebihi kecepatan saya dalam berpindah halaman.

4 thoughts on “La Barka [Nh Dini]

  1. sundu says:

    yaaa.. wajar lah ya, tahun 1975 itu.. “kecepatan” bukan lah hal krusial, orng masi banyak naik delman, becak dan helicak. sehingga membaca novel adalah suatu yg dinikmati sambil nyantai.
    malah mungkin.. stiap habis melahap satu bab, perlu direnungkan dulu.. apa yg sdh barusan dibaca tadi.
    Berbeda dengan masa kini dimana orang dibiasakan hidup dengan “kebanjiran Informasi”
    misal.. sebuah berita kecelakaan pesawat masuk ke alam fikiran kita melalui text messages di BBM.. bertubi2 dibumbui gosip ini itu, tak lama berita itupun muncul di Headline News TV-swasta nasional…lalu besoknya koran..dll ..dlsb. banjir…jir..jir ..

  2. sundu sudah baca novel ini? mungkin kamu bisa share sedikit pendapat kamu ttg novel ini, apa yang kamu renungkan seusai membaca bab tertentu?? merujuk pada pendapatmu bahwa di tahun 1975 “kecepatan bukan hal krusial”, mungkin ada contoh novel lain yang ditulis dengan gaya serupa yang bisa kamu jadikan referensi?

    bagaimana dengan novel ini yang ditulis tahun 1933, atau novel ini dari tahun 1867, atau yang ini dari tahun 1918, apakah temponya mengikuti moda transportasi yang lazim dipakai kala itu? saya pikir tidak. sehingga sangat tidak relevan untuk membandingkan tempo suatu novel dengan moda transportasi.

    lalu, saya tidak terbiasa membandingkan proses membaca novel dengan “kebanjiran informasi” yang diterima lewat text BBM atau headline news TV. ini adalah 2 hal yang sangat berbeda dan sekali lagi, sangat tidak relevan untuk diperbandingkan :)

  3. Fajar R.H. says:

    Halo Mbak Rey, saya Fajar (salam kenal(-_-” )

    Sebagai penggemar bukunya NH. Dini ( hehehe…. ) aku memaklumi kenapa Mbak Rey tidak betah terhadap tulisan yang dihasilkan Nh. Dini. Dia menulis setiap novelnya dengan perenungan dan pemikiran yang jernih terlebih dahulu, yang membuat deskripsinya tertata dan teratur ( pasti bagian sini yang paling bikin bosen….. ). ” La Barka” sendiri pada awalnya merupakan buku harian pengarangnya yang akhirnya dilebur dalam fiksionalitas, karena itu untuk memahami detil-detilnya harus berhati-hati sebelum kita bisa menyimpulkan. Nh. Dini sendiri tidak pernah terburu-buru, karena itu beberapa novelnya ada yang dirampungkan dalam hitungan dekade.

    ps : kenapa bisa bosen ? share dong !!!!

    • Hi Fajar, terima kasih sudah mampir, salam kenal juga ya. Setiap kali membaca suatu buku, saya kepingin “terlibat” dan masuk ke dalam dunia yang saya baca. Saya frustasi ketika membacanya karena tidak mampu melebur dengan ceritanya, yang pada akhirnya membuat saya bosan karena kehilangan greget. Iya benar, buku ini memang terasa seperti catatan harian/jurnal, setiap kejadian ditulis deskriptif sekali. Saya pikir bukan keteraturan dan ketertataan itu yang membuat saya bosan hahaha… Tapi karena karena dari beberapa halaman yang saya baca tsb saya tidak merasakan apa-apa, tidak ada chemistry dengan ceritanya, dan saya tidak menemukan poin penting yang bisa membuat saya melanjutkan perjalanan saya bersama novel itu. Adakah novel NH Dini yang bisa Fajar rekomendasikan? Mungkin yang tidak “seberat” yang ini :)

Leave a Reply

