The Viscount Who Loved Me / Cinta Sang Viscount [Julia Quinn]


Julia Quinn (2000)
GPU, Februari 2010
Fiksi Dewasa
978-979-22-5473-0
Bazaar Gramedia – Rp30,000

Kate dan Edwina berusia 21 dan 17 tahun. Yang satu perawan tua berambut cokelat dan berwajah eksotis, yang lebih muda berambut pirang, bermata biru, dan dijuluki Yang Tak Tertandingi di tahun 1814. Season perjodohan tahun ini adalah milik Edwina, dan dia mengultimatum hanya akan menikahi lelaki yang disetujui oleh kakaknya. Kate yang rasional dan selalu berpikir praktikal, bukanlah tipikal gadis manis yang akan mudah ditaklukan oleh para gentlemen pengagum Edwina. Ini tantangan besar untuk Viscount Bridgerton, si playboy, yang sudah bertekad memilih Edwina sebagai calon istri, meskipun sejujurnya ia tak memiliki kesamaan apapun dengan gadis itu, apalagi mencintainya.

Berlatar tahun 1800-an, novel ini mengangkat kisah para bangsawan Inggris terutama para mama yang pindah dari satu pesta ke pesta lain untuk mencarikan jodoh bagi putra-putrinya. Bagi saya, novel semacam ini adalah guilty pleasure yang harus dinikmati sesekali. Tidak boleh banyak-banyak karena overdosis-nya akan menjemukan.

Saya termasuk tipe pembaca yang senang menebak alur cerita suatu buku yang saya baca. Dan tentunya arah kisah ini dapat dengan mudah diduga, apalagi oleh para pecinta kisah romantis (baik yang picisan maupun tidak).

Yang saya sukai dari novel ini, selain sekumpulan anak bangsawan yang sama sekali tidak menyebalkan (mengingatkan saya pada anggota keluarga dr. Cullen dari kisah Twilight), adalah trauma masa lalu dari tokoh-tokoh utamanya yang dipakai penulis untuk menimbulkan konflik, mengarahkan alur, hingga menumbuhkan perasaan iba dan kasih sayang. Saya pikir ini adalah cara penulis menghargai pembacanya, dengan menyuguhkan putri dan pangeran bangsawan yang lebih realistis, tetap berpijak pada tanah, bahkan memiliki luka batin yang sangat dalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s