Kaas / Keju [Willem Elsschot]


Willem Elsschot (1933)
GPU, Mei 2010
Fiksi Dewasa
978-979-22-5767-0
Bazaar Gramedia – Rp19,800

Untuk menaikkan gengsinya di kalangan pergaulan Van Schoonbeke yang orang penting, Frans Laarmans yang kerani rendahan di sebuah perusahaan perkapalan, menerima tawaran Van Schoonbeke untuk berbisnis keju dari Belanda. Kerani dan bisnisman. Perkapalan dan keju. Semua bertolak belakang. Tapi karirnya sudah mandek di General Marine and Shipbuilding Company, tak ada salahnya untuk memulai sesuatu yang lebih menjanjikan. Ia pun cuti 3 bulan dari kantor dengan alasan sakit syaraf, supaya tidak perlu kehilangan pekerjaan utamanya.

Membaca buku ini harus siap-siap gemas dan sebal, karena meskipun kisahnya lucu tapi juga satir. Kebayang nggak seorang lelaki separuh baya yang di usia 50 tahun yang galau dengan jati dirinya, terutama statusnya di antara para lelaki lainnya yang selalu mengobrol hal-hal yang terdengar penting. Ironis, bukan?

Setelah Frans kedatangan 20 ton keju tua dari belanda, bukannya sibuk memikirkan pemasaran, Frans malah mengurusi printilan seperti motif wallpaper, mencari meja tulis yang pas, mencetak kop surat dengan nama perusahaan yang harus terdengar penting dan keren. Kelakuan, pikiran dan kejadian di sekitar Frans dikisahkan lengkap dengan detail-detail yang membikin saya makin sewot dengan si tokoh utama dan ketidakberdayaannya.

Kesadaran Frans mulai pulih ketika bos kejunya mengabarkan akan datang ke rumahnya. Sebelum wibawanya sebagai suami dan ayah semakin menurun, Frans menulis wasiat kejunya. Ketika saya akhirnya menutup novel ini, hantu dan beban keju yang menyebalkan itu pun menguap dari hadapan. Aaaah, leganya. Gitu dong, Frans!

Percaya atau tidak, ternyata novel ini ditulis tahun 1933! Nama asli penulisnya adalah Alfons de Ridder (1882-1960) yang berasal dari Antwerpen, Belgia. Penerbitan buku ini didukung secara finansial oleh Erasmus Huis dan Erasmus Dutch Languange Centre Jakarta.

2 thoughts on “Kaas / Keju [Willem Elsschot]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s