Anansi Boys / Anak-anak Anansi [Neil Gaiman]


Neil Gaiman (2005)
Gramedia, Agustus 2007
Novel Dewasa
979-22-3024-6
GramediaOnline – IDR42,500

Banyak hal yang membuat novel ini berpotensi untuk disukai, antara lain: Novel ini ditulis Neil Gaiman yang piawai dalam menulis cerita fiksi dan fantasi yang super menarik (ini sudah pasti alasan kliseku kenapa novel ini terbeli); Tema yang diangkat adalah dunia dongeng yang diacak-acak dewa jail, dewa laba-laba; dan Tidak ada yang bisa menduga kemana arah novel ini kalau tidak tuntas membacanya. Bumbu klenik, mistik dan dunia khayal dicampur dengan selera humor Neil Gaiman yang kering tapi juga cerdas.

Tapi setelah membaca beberapa halaman, hal-hal tersebut ternyata tak cukup untuk membuatku menyukai Anansi Boys. Mulai dari sampulnya, ada sesuatu yang membunuh semangat disana. Aku tak menyukai desain maupun pilihan warna yang kurang memancing imajinasi itu. Padahal ini cerita dongeng. Masuk ke ceritanya, aku tak menyukai tokoh Fat Charlie yang hidupnya datar dan pribadinya yang takut-takut, lalu saudaranya di Spider, maupun ayah mereka yang narsis dan kelebihan stok percaya diri. Kalau sudah begini, wajar rasanya aku membutuhkan 4 tahun untuk menuntaskan membaca Anansi Boys. Meskipun penasaran apakah versi English-nya memiliki hawa yang sama, rasanya aku tak akan mau membacanya lagi.

Buku ini sudah sejak 2007 masuk dalam tumpukan “menunggu dibaca”, aku bahkan tak ingat dimana membelinya. Aku tulis Gramedia Online untuk rujukan terbaru saja.

Leave a Reply

