Paras Rana / The Rana Look [Sandra Brown]


Sandra Brown (1986)
Gramedia, April 2011
Novel Dewasa
978-979-22-6938-3
Inibuku.Com – IDR34,000

Aku nggak ingat kapan terakjir kali membaca novel Sandra Brown. Rasanya sudah lama sekali tidak membaca novel percintaan yang ringan dan renyah semacam ini. Karena novel ini ditulis di pertengahan 80-an, latar belakangnya pun sudah tentu tidak update untuk pembaca sekarang. Misalnya, referensi pria ganteng kala itu masih menunjuk ke Clint Eastwood dan Robert Redfort, yang kalau dilihat sekarang sudah masuk ke golongan gaek alias lansia haha…

Rana adalah seorang top model Amerika. Perselisihan dengan ibunya yang mata duitan dan pemaksa membuat Rana memutuskan ‘bersembunyi’ dan melarikan diri dari kemewahan dan hidup glamornya di kota New York, pindah ke pulau Galveston. Rana menyembunyikan tubuh dan wajahnya dalam pakaian-pakaian gedombrang yang lusuh dan tak bergaya. Matanya pun selalu tertutup kacamata berlensa sedikit gelap. Kehidupan Rana yang tenang dan sunyi berubah drastis ketika pemilik rumah menyewakan kamar di seberang kamar Rana kepada seorang pria yang tidak biasa.

Trent Gamblin adalah keponakan dari pemilik rumah. Ia seorang pemain football terkenal, dan sudah pasti memiliki bentuk badan yang sangat macho dan wajah yang tampan. Ia terpaksa pindah sementara ke Galveston untuk beristirahat sambil menyembuhkan cidera bahunya, sebelum musim tanding berikutnya dimulai beberapa bulan lagi. Trent menjadikan Ana (nama samaran Rana) sebagai obyek perburuannya. Ia sangat penasaran dengan perempuan muda yang berpenampilan aneh tsb, yang selalu bersikap dingin dan tidak ramah sedikitpun. Nalurinya sebagai pria merasa tertantang.

Memang secara umum ceritanya bisa ditebak. Tapi bukan Sandra Brown kalau tidak bisa membuat alurnya menjadi menarik dengan dialog-dialog dan suasana yang membuat pembaca hanyut dalam kisah ‘perburuan’ ini, yang merupakan naluri mendasar dari setiap laki-laki dan perempuan. Sekali lagi, renyah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s