Astrosmurf, Kekacauan Di Desa Smurf [Péyo]


Péyo (1970) (2002)
Elex Media Komputindo
Softcover, 2010
Komik
978-979-27-7395-8
IniBuku.Com – IDR 18,001 – 29,750 (disc 15% -33%)

Ini dia salah satu cetak ulang yang aku tunggu: Astrosmurf! Suasana lembah gunung berapi yang dreamy membuat aku selalu ingat kisah ini walaupun terakhir kubaca sudah belasan tahun yang lalu. Kisah ini termasuk kisah klasik smurf yang kaya makna persabahatan, kesabaran dan so pasti kocak. Smurf kecil mempunyai impian untuk pergi ke planet jauh. Siang malam dia bekerja membuat roket dengan tenaga pedal yang akan membawanya ke angkasa. Papa Smurf yang penuh belas kasihan pada anak-anaknya tidak tega melihat kekecewaan di wajah smurf kecil, ia pun membuat rencana yang melibatkan seluruh desa smurf untuk mewujudkan impian Astrosmurf.

Bayangkan, hanya untuk mewujudkan impian gila satu smurf, smurf yang lain mau dengan semangat membongkar roket, berjalan jauh, kemudian memasang roket kembali dan mengubah bentuk mereka menjadi Slips (dulunya Gnuf, kan ya?), supaya Astrosmurf percaya kalau ia benar-benar telah mengunjungi planet lain. Hebat! Dari awal hingga akhir, ada banyak kekonyolan yang membuatku terpingkal-pingkal, benar-benar khas smurf yang aku kenal. Antara lain: ketika Astrosmurf ‘meminjam’ perkakas Smurf Terampil, Smurf Terampil dibuat kaget karena rumahnya ditinggal kosong melompong dan semua perkakasnya diangkut Astrosmurf ke lokasi rahasianya hihihi… Lalu, ada bubuk hitam untuk mengusir para smurf pengintip. Satu smurf tidak rela hanya ia yang kena bubuk hitam, ia pun mengompori smurf lain untuk pergi mengintip juga. Hahaha… konyol. Selama perjalanan panjang ke lembah gunung berapi, berulang kali para smurf bertanya ke Papa Smurf “Masih jauh, Papa Smurf?!” Ujung-ujungnya, Papa Smurf ngamuk beneran sampai teriak-teriak di tengah malam. Hahahaha… suer, kocak banget!!

Kisah selanjutnya dalam album ini juga salah satu kisah klasik, yaitu tentang mesin cuaca Pensmurf Hujan. Mesin ini bisa mengubah cuaca sesuai kebutuhan selama 4 musim. Cara pembuatannya sungguh rumit dari bahan-bahan yang ajaib seperti uang, tabir surya, gumpalan awan, pecahan kaca, kancing dll. Mesin ini adalah karya terbaik dan tercanggih dari Smurf Terampil yang hebat itu. Tapi seperti biasa, kisah smurf tidak akan ramai kalau tidak ada kekacauan di dalamnya. Smurf Penyair perlu sinar matahari untuk inspirasi sedangkan Smurf Petani membutuhkan hujan untuk tanamannya.

Hanya 3 kata buat album ini: kocak, kocak & kocak! *****

Album terakhir dari komik smurf versi Elex Media adalah Kekacauan di Desa Smurf. Ceritanya dibuat oleh Phillipe Delenne dan Thierry Culliford, sedangkan gambarnya dibuat oleh Ludo Borecki dan Pascal Garray. Entah karena efek pencetakan atau memang pilihan warna aslinya demikian, kombinasi pewarnaan di album ini cenderung gelap. Warna kuningnya agak oranye, langitnya bukan biru muda yang cerah. Hmmm.. Tapi ceritanya lumayan kok. Lagi-lagi tentang Smurf Terampil dan hasil karyanya yang selalu super canggih. Smurf Terampil membuatkan pelayan untuk para smurf. Pelayan-pelayan ini dibuat dari kayu, dan mereka akan melayani semua permintaan smurf. Tentu saja kejadian ini terjadi ketika Papa Smurf sedang pergi. Dasar smurf, selalu saja berhasil mengacaukan hal-hal yang semestinya bisa berjalan baik kalau saja mereka berhenti bertengkar dan tidak terlalu menuntut. Endingnya bukan smurf yang bermain-main atau suasana pesta, tapi menyisakan masalah baru. Hehehe… Aku suka cerita ini, tapi juga kurang suka. Gimana ya, mixed feeling deh hehehe… Sepertinya ada pengulangan tema dengan kasus yang berbeda. Sekali lagi ,’nyawa’ smurf-nya beda banget dengan kisah-kisah lain yang pernah ditulis Opa Péyo untuk para smurf, yang meskipun nakal tapi tetap jenaka. ***

Nah, sekarang kabar baiknya nih… Melihat sampul belakang album terakhir ini, sepertinya akan ada selusin lagi album baru yang akan dismurf oleh Elex Media. Wow, awesome! Can’t wait to have more of smurfs.

One thought on “Astrosmurf, Kekacauan Di Desa Smurf [Péyo]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s