Bambino! 3 & 4 [Sekiya Tetsuji]


Sekiya Tetsuji (2006)
Level, Elex Media Komputindo
Cetakan I, 2010
Komik
978-979-27-5963-1
IniBuku.Com– IDR 14,450 (disc 15%)

Hal pertama yang aku perhatikan dari buku ketiga adalah gambar. Pada beberapa kesempatan, muka Ban sangat nggak konsisten. Memang sih manga kan digambar oleh seseorang, sudah pasti nggak bisa mirip 100%. Tapi kalau pembaca bisa notice perbedaannya, berarti memang perbedaannya besar sekali. Misalnya pada pembuka Episode 26, aku nggak yakin ini wajah Ban atau tokoh lain. Tapi dari rambut jambul ala Tintin dan pose memotong roti, harusnya ini memang Ban. CMIIW ya.

Anyway, yang paling penting adalah ceritanya. Di buku ketiga semua mejadi lebih seru, lebih hidup, lebih banyak konflik. Hubungan Ban dengan Eri memburuk karena Ban memutuskan untuk berhenti kuliah dan bekerja full time di restoran. Ban resmi pindah ke Tokyo untuk memulai kehidupan yang baru untuk menjadi juru masak handal. Masalahnya, semua karyawan Baccanale harus memulai karirnya dari sala (hall), alias menjadi pelayan tamu. Para juru masak yang sekarang berada di cucina juga dahulu memulai karir mereka dari sala, agar mereka mengerti bagaimana melayani dan memahami tamu. Belum apa-apa Ban sudah mendapat musuh. Nyonya Nogami, salah satu pengunjung tetap Baccanale, yang senang mempermainkan anak baru.

Buku keempat masih melanjutkan perjuangan Ban di sala, dan Nyonya Nogami kembali lagi kali ini khusus minta dilayani oleh Ban. Kalau saja Ban mau benar-benar membuka mata, harusnya ia bersyukur memiliki rekan-rekan kerja yang baik hati di sala. Hanya saja hatinya memang bulat ada di dapur. Ejekan Nyonya Nogami membuat Ban ingin belajar lebih banyak untuk melayani tamu. Ia meminta Asuka untuk menemaninya berkunjung ke restoran-restoran saingan agar bisa memperhatikan pelayanan mereka. Ada kejutan menyenangkan di buku keempat. Ban diperbolehkan masuk dapur sekali lagi, untuk bertanding masak melawan Hayama, salah satu ex-chef Baccanale yang melegenda.

Secara keseluruhan buku keempat bagus, ceritanya asyik dan ada tokoh baru lagi yang nampaknya akan sering-sering muncul di cerita selanjutnya. Down side-nya lagi-lagi masalah gambar. Nggak perlu jauh-jauh ke dalam, perhatikan saja sampulnya. Di sampul buku keempat, Ban terlihat seperti perempuan dengan buah dada dan pinggul yang melenggok plus jerawat (atau cacar air?). Duuuuuh! Aneh banget!

Buku terkait:
Buku Pertama
Buku Kedua

3 thoughts on “Bambino! 3 & 4 [Sekiya Tetsuji]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s