Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia [Yim Sook Young & Kim I Rang]


Yim Sook Young & Kim I Rang (2005)
BIP EduComics
Non-fiksi
979-074-109-x
Gramedia GI – IDR 75,000

Suka yang jorok-jorok? Kenapa nggak beli buku ini ajah…?! Inilah hasil iseng-iseng berkeliling toko buku beberapa minggu lalu. Judulnya jauh lebih mengundang perhatian dibandingkan dengan kualitas cetakan yang (menurutku) bagus. Yuk, kita cek. Seberapa jorok sih isinya? Err… Ada kecoa, cacing, upil, wasir, kentut… Ugh!! Semuanya jorok bangeeet. Tapi hayo coba dibaca lagi, sebelum kata paling jorok ada 2 kata lain loh yang bisa dipakai sebagai pegangan: “Buku Pengetahuan”. Yup, jangan terpaku sama “Paling Jorok Sedunia”-nya saja, ini buku serius yang menjelaskan tentang hal-hal jorok.

Dibarengi dengan gambar-gambar vulgar yang super jorok tapi juga lucu, buku ini menjelaskan banyak tentang hal-hal yang kita temui dalam keseharian itu. Siapa sih yang nggak pernah lihat kecoa atau cacing? Atau mungkin pernah kutuan? Tahu nggak cacing dan kutu bisa ‘mampir’ ke tubuh atau rambut kita lewat mana? Pernah ngupil atau kentut juga kan? Nah, pengetahuan tentang upil dan kentut ini penting supaya kita nggak iseng lagi kepingin nyobain kaya apa sih rasanya upil (hoeeek!) atau menghirup aroma kentut dengan rela hahaha… Karena topiknya jorok, disarankan jangan membaca buku ini sambil makan atau ngemil ya.

Aslinya, artikel-artikel ini diterbitkan dalam koran/majalah mingguan di Korea dan ditujukan bagi para pembaca muda dan remaja. Topik-topik tersebut kemudian dibukukan dan kita beruntung bisa memiliki terjemahannya di Indonesia. Untuk pembaca yang lebih muda, buku ini sebaiknya dibaca dengan bimbingan orang tua ya. Meskipun isinya “ilmu pengetahuan”, beberapa gambar atau topik tertentu bisa membuat anak takut atau trauma jika tidak dijelaskan dengan baik. Tapi percaya deh, bila dijelaskan dengan bimbingan yang baik, anak-anak pun akan mengingat hal yang positif.

Di rumah, buku ini termasuk buku favorit keponakanku yang baru berusia 3 tahun (meskipun dia menolak untuk memegang bukunya karena jorok katanya hahaha…). Efek positifnya, si kecil mengerti bahwa mandi itu penting, cuci tangan itu harus, ngupil itu harus pakai tisu, dll. Buku ini pun aku share kepada pembantu supaya mereka mengerti tentang kebiasaan-kebiasaan jorok apa yang harus segera ditinggalkan, dan mengapa kebersihan pribadi maupun kebersihan sekeliling harus dijaga.

Berani terima tantangan jorok? Baca buku ini, deh! Dijamin ada banyak hal jorok yang bisa dinikmatipelajari… :D

15 thoughts on “Buku Pengetahuan Paling Jorok Sedunia [Yim Sook Young & Kim I Rang]

  1. suci says:

    menginspirasi untuk membuat buku juga, walaupun kita sering meremehkan hal hal yang simpel tapi hal tersebut merupakan pengetahuan yang berharga.

  2. winna rahma says:

    ya ampun bukunya bagus bgt, buat anak-anak indonesia cepetan beli buku ini ya, soalnya bagus bgt jadi kita bisa tau tentang semua yg jorok dan membuat kita sadar akan pentingnya bersih, bersih tidak akan bersih tanpa kotor : )

  3. winna rahma says:

    iya yah ga bakalan nyesel kalo beli buku ini, udah sering aku baca tapi ga bosen tuh, soalnya gambarnya bagus-bagus ;)

  4. bukunya keren.. aku udah beli beberapa hari yang lalu.. pengetahuannya keren abis..
    “Semua yang jorok ada di sini, dari kecoa sampai upil”
    lebih keren lagi karena dapat gantungan pintu kamar yang bertuliskan “Lagi Mandi” dan “Lagi B.A.B”
    pokoknya, beli deh buku ini.. Dijamin terhibur..!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s