Tetralogi Ingo 3: The Deep [Helen Dunmore]


Helen Dunmore (2007)
Gramedia
Januari 2010
Novel Anak-anak/Remaja
978-979-22-5259-0

Melanjutkan buku-buku sebelumnya, petualangan Sapphire dan Conor semakin dalam untuk terlibat dengan kehidupan Ingo. Sapphire bisa setiap saat ‘mampir’ ke Ingo tanpa harus khawatir tentang perbedaan waktu, sedangkan Conor tidak lagi harus memegang pergelangan tangan Faro. Di buku kedua diceritakan Conor dan Sapphire telah melihat ayah mereka melalui cermin ajaib Saldowr. Meskipun gusar, mereka bersyukur ternyata Dad masih hidup seperti yang mereka yakini. Namun Sapphire merasa yakin ayahnya tidak bahagia dengan hidupnya yang sekarang karena tidak boleh memilih.

Kaum Mer sekali lagi meminta pertolongan Sapphire untuk membantu mereka. Sapphire dan Conor harus pergi ke dasar laut dan menidurkan Kraken untuk ribuan tahun lagi. Kraken adalah monster jahat yang tinggal di dasar laut. Ketika bangun, Kraken akan mengganggu kehidupan Mer dan meminta ‘hak’nya berupa sepasang anak lelaki dan perempuan. Kaum Mer yang ketakutan hanya memiliki dua pilihan, memberikan apa yang diminta Kraken atau meminta bantuan Sapphire untuk menolong mereka. Sapphire pernah ke dasar laut dan tetap hidup, sedangkan darah Mer murni tidak akan bisa menyelam sampai kesana.

Sampai tiba akhir novel aku tetap tidak paham akan ketakutan Mer. Di dalam Bab Empat sebenarnya hal ini sudah ditanyakan Sapphire pada Rapat Besar Mer, namun tidak ada jawaban yang pasti. Mereka hanya ketakutan harus memberikan anak-anak mereka, that’s all. Padahal seperti yang diutarakan Sapphire, kaum Mer hidup di Ingo dan tidak  mungkin bisa ke dasar laut. Kraken hidup di dasar laut dan tidak akan pernah ke Ingo, so?

Di novel ini Sapphire belum bertemu lagi dengan Dad, meskipun aku menunggu-nunggu adegan tersebut.  Secara keseluruhan, novel ketiga lebih kaya akan konflik dan jalan ceritanya lebih menarik. Ada beberapa tokoh Mer baru dengan karakter protagonis maupun antagonis yang turut meramaikan. Meskipun baru kali ini aku membaca buku Helen Dunmore, rasa-rasanya beliau memang piawai dalam menjalin benang merah dari setiap sekuel dan mengeksploitasi laut dan isinya menjadi hal-hal yang mendebarkan, tetap misterius tapi sangat memikat. Mau tidak mau kita akan terseret ke dunia Ingo dan percaya kehidupan bawah laut itu ada. Kita pun semakin penasaran untuk mengenal laut yang sebenarnya. Ingo memang dunia yang luar biasa. Aku jadi tak sabar untuk menunggu Penyeberangan Ingo!

Novel-novel Ingo diterjemahkan oleh Rosemary Kesauly yang juga penulis buku ini. Terjemahannya mantap! Salam sukses buat Rosemary :)

21 thoughts on “Tetralogi Ingo 3: The Deep [Helen Dunmore]

  1. astridfelicialim says:

    Rey…aku dah ngincer buku” ini, tapi karna terlalu banyak serial yang belum selesai (nicholas flamel, spook’s apprentice, hunger games) jadi aku tunda nih belinya. baca reviewmu, kok jadi tergoda lagi ya? hahaha….

  2. bagus kok ‘Strid… aku tahu Ingo krn kebetulan, dan (sebenernya) modal pinjem doang nih hehe… kalo mo beli dah nanggung sih, soalnya udah kelar baca 3 buku pertamanya. kalo Astrid suka laut, inilah novel fantasi yang isinya lauuuuut melulu :D bikin merinding kadang-kadang…

  3. Jessica says:

    sumpahh!!
    gw nunggu buku yg ke-4..
    gw udah koleksi 1, 2 n 3..
    yg pasti gw udah pesan ma tantenya tmn gw yg kerja di gramedia utk booking-in buku ke-4 Helen Dunmore!!!

    oya.. covernya kok beda sama yg ada di google dibanding sama yg gw beli???
    bingung!!

    LOVE INGO!!

    seandainya aku ada di Ingo…
    hhahahaha :P

  4. Guruh says:

    Aku juga lg nunggu buku yg ke – 4, kalau gak salah judulnya “The Crossing of Ingo”.
    Tapi aku bertanya-tanya, sapphire dan conor kira2 berapa yah umurnya?? perasaan aku gak pernah disinggung dalam cerita…???

    • bukannya judulnya “inside the ingo” ya?
      ada kok, di buku pertama : Ingo. Conor umurnya 13 kalo gak salah, sapphire nya 9 apa brp lupa juga.
      (tapi setelah dipikir kok mereka masih kecil banget?)

      • hi Nadia, buku keempat judulnya “The Crossing of Ingo”. dalam buku2 sebelumnya sudah disinggung-singgung kok tentang “Penyeberangan Ingo” yang mungkin akan dilakukan Conor & Saph :)

      • wah gramed mana tuh? sejak september Ingo buku ke-4 sudah avail kok di toko2 buku besar. kalau sudah habis, coba saja ke tb online… lumayan dpt diskon pula :)

  5. nur aina says:

    buku tetralogi ingo ini sgt menarik ….
    apa lg perjuangan saphire,conor,faro serta saldowr untuk menyatukan kembali simpul-simpul ombak yg terlepas dan berhasil menyelamatkan ingo ….
    sungguh mengharukn perjuangan mereka ….
    bwt helen dunmore sukses slalu

  6. Dias says:

    aku pingin banget yang ingo (buku 1) sama the deep (buku 3)
    Soalnya aku dah punya yang tide knot (buku 2) dan temenku punya yang the crossing of ingo (buku 4)

    kasih tau alamay buat beli online dong…. makasih

Leave a Reply

