Pensmurf Perhiasan, Dokter Smurf, Smurf Dan Telur Ajaib [Péyo]


Péyo (1994) (1996) (1968)
Elex Media Komputindo
Softcover, 2009
Komik
978-979-27-6151-1
Gramedia Grand Indonesia – IDR 27,000 – 35,000

Sebenarnya, diantara “Pensmurf Perhiasan” dan “Dokter Smurf” sudah pula diterbitkan ulang “Smurfin”. Tetapi aku memutuskan untuk tidak membeli cetakan barunya karena masih memiliki album versi lama :)

Pensmurf Perhiasan” berkisah tentang nasib sial Smurf Badut yang dipaksa menjadi maling perhiasan dan juga badut penghibur oleh gerombolan manusia jahat. Smurf Badut diculik oleh manusia sewaktu pingsan di pinggir sungai akibat terpeleset. Seluruh warga smurf panik. Papa Smurf bersama beberapa Smurf lain terpaksa harus mencarinya ke kota Abelagot.

Desa smurf memiliki “Dokter Smurf” dan juru rawatnya adalah Smurfin. Smurf mendadak sakit-sakitan karena semua kepingin dirawat oleh Smurfin. Papa Smurf terlalu sibuk di laboratoriumnya untuk menyimak perubahan yang terjadi di desa. Setelah berhari-hari bekerja dan mengabaikan rasa lelahnya, akhirnya Papa Smurf jatuh sakit. Sementara itu, di desa mulai bermunculan praktik-praktik alternatif untuk menyaingi Dokter Smurf. Sedangkan Smurfin yang baik hati, karena terlalu sibuk, ia pun jatuh sakit karena kelelahan.

Ada 3 kisah dalam album “Smurf dan Telur Ajaib“. Papa Smurf menyuruh Smurf Gerutu dan seorang smurf lain untuk mencari telur untuk membuat kue tart besar. Tanpa sengaja mereka menemukan telur ajaib yang bisa mengabulkan keinginan setelah Smurf memukul telur tersebut. Ada smurf sosis, ada gajah bersayap, smurf raksasa, smurf warna-warni, smurf berbulu dan tentunya ada banyak yang kepingin menjadi Papa Smurf! Kisah yang kedua, “Smurf Palsu“, bercerita tentang Gargamel yang menyamar menjadi Smurf. Sayang, ia lupa menyihir buntut untuknya sendiri sehingga penyamarannya hampir berhasil. Kisah “Smurf Keseratus” terjadi menjelang perayaan bulan yang ke 654 tahun. Harus ada 100 Smurf yang menari di bawah sinar rembulan, sedangkan sekarang desa smurf hanya memiliki 99 warga. Tanpa sengaja Smurf Genit tersambar petir ketika sedang mengagumi dirinya di depan cermin. Bayangan Smurf Genit terpisah dari cermin dan ia bisa berjalan sendiri! Sayangnya, bayangan itu hanya bisa melakukan secara terbalik apapun yang dilakukan Smurf Genit sehingga tarian rembulan tetap saja kocar-kacir.

Oh iya, pada halaman 23 album Telur Ajaib, ada referensi tentang Gargamel yang mencuri smurf kecil. Maksudnya mungkin kisah “Si Penculik Smurf” dari album “Smurf Hitam” ya? Soalnya aku terganggu dengan referensi yang merujuk pada edisi Pencuri Smurf, sedangkan Elex Media tidak menerbitkan edisi dengan judul demikian. Sebaiknya memang urutan album “Smurf & Telur Ajaib” diletakkan setelah “Smurf Hitam” supaya sesuai dengan tahun penerbitan awalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s