Tea for Two [Clara Ng]


Clara Ng (2009)
Gramedia
Cetakan Ketiga, Agustus 2009
Novel Dewasa
978-979-22-4332-1
Gramedia BSM ā€“ IDR45,000

Inilah kisah yang menelanjangi sisi buruk pernikahan. Para lajang, gemetarlah, karena lelaki yang kau pikir Mr. Right bisa berubah menjadi Mr. Totally Wrong.

Waduuuh. Tagline di halaman belakangnya saja sudah provokatif begini, bagaimana isi ceritanya ya? Itulah yang ada di pikiranku ketika memutuskan membeli buku ini. Lagipula, aku suka sampulnya yang tidak heboh, jauh dari norak atau sok imut seperti buku-buku tipikal chicklit lokal hahaha…

Buku ini mengusung tema KDRT, kekerasan dalam rumah tangga. Siapa sangka, Alan yang terlihat baik dan santun, cowok paling romantis yang pernah ada di dunia, lelaki yang bisa merebut hati Sassy sejak pandangan pertama, ternyata brengsek luar biasa! Belum pula usia usia pernikahan sampai ke hitungan tahunan, tepat di pagi pertama bulan madu mereka, Sassy mendapat tamparan keras dari Alan. Alan menuduhnya berselingkuh. Sejak itu, terus menerus ada tekanan dalam pernikahan Sassy yang tidak bisa ia bagi dengan sahabat-sahabat maupun keluarganya karena Alan pasti murka.

Memang mudah bagi orang lain yang tidak mengalami sendiri untuk memberikan penilaian, penghakiman. Kok mau digituin? Kok nggak minta cerai? Kok bisa menikah dengan orang macam begitu, emang nggak pedekate dulu? Melalui buku ini Clara Ng memberikan pencerahan kepada semua orang, bagaimana rasanya berada dalam lingkungan KDRT. KDRT bukanlah masalah kebodohan atau salah memilih. Perempuan manapun yang memutuskan untuk menikah pasti tidak mengharapkan KDRT. Korban KDRT pun tidak paham kenapa mereka bisa terjebak di dalamnya.

Sassy bukanlah seorang desperate. Ia cantik, menarik, cerdas, pemilik perusahaan pula. Jatuh cinta setengah mati dan mengatakan “ya” pada Alan yang sangat tergila-gila padanya tentulah bukan kebodohan. Bukankah hampir semua wanita mencari hal itu?

Clara menyisipkan ironi tambahan dari kisah malang Sassy yang membuat novel ini semakin renyah dan unik. Perusahaan Sassy, Tea for Two, bergerak di bidang perjodohan, mak comblang profesional dan wedding organizer yang bonafid. Di luar, Sassy sibuk menjodohkan orang lain menjual impian pernikahan yang bahagia, sedangkan di dalam, ia bergumul dengan jodohnya sendiri.

Aku suka novel ini, realistis, mengena, dramatis tapi juga menguatkan. Ada jalan keluar bagi setiap masalah, tapi yang paling penting adalah menguatkan mental seseorang dengan dukungan yang positif. Bagi korban KDRT, bergabung dengan rekan-rekan yang juga mengalami kemalangan tersebut mungkin bisa sedikit mengurangi rasa ketidakberdayaan. Berbagi dengan orang-orang yang juga memahami apa yang kita alami bisa menumbuhkan kekuatan untuk merekat kembali hati yang porak poranda dan melanjutkan hidup karena kita tidak berjuang sendirian.

Pernikahan bahagia adalah impian semua orang, tapi kenyataannya tidak selalu demikian. So, para lajang… Menyatakan diri siap menikah berarti siap mental untuk setiap kemungkinan yang ada, termasuk yang paling buruk itu. Sebagai lajang yang normal, kemarin-kemarin aku masih mikir seribu kali. Setelah membaca novel ini kok mikirnya nambah tiga kali lipat ya?? Siap. Nggak siap. Kayaknya siap. Rasanya enggak. Doh!

8 thoughts on “Tea for Two [Clara Ng]

  1. astridfelicialim says:

    hahaha…jangan stress donk rey =)
    btw dah lama banget ga baca novelnya clara ng, sejak dulu ngikutin indiana chronicles tapi lama-lama jadi bosen…

    kayanya dia bagusan nulis yang agak serius daripada yang lucu-lucuan ya?

    • kalo stres sih udah bawaan hahaha :D aku baru baca ini dan (un)reality show. imho, kayaknya karna pola penulisan dan pemilihan kata clara ng yang santun dan baku (kaya bahasa terjemahan gitu), emang rasanya lebih pas buat cerita-cerita serius kayak gini sih…

  2. Nola says:

    perasaan ini buku udah lama ya, Rey… tapi aku gak sempet beli gara2 pas itu borong koleksi Clara Ng yang laen kayak Gerhana Kembar, The (Un)Reality Show, Dimsum Terakhir, Malaikat Jatuh, ternyata cerita2nya kok terasa gak pas buatku, padahal buku anak2nya Clara Ng top abis.. Baca ulasanmu, kok jadi pengen beli… Ngemeng2, gak jual buku lagi, Rey??? Aku menunggu bukumu yang murah meriah nih…

    • kalo nggak salah ini awalnya cerita bersambung di Kompas sekitar akhir 2008. punyaku aja dah cetakan ke-3, berarti dah lama bgt ya? :D aku juga pernah punya (un)reality show, tp kujual pas obral kemarin hahaha… nanti kalo ada obral lagi, pasti aku kabarin nola deh ;)

  3. (un)reality show bukunya Clara Ng yang paling aku suka. jampi-jampi varaiya yang baru.. huh… basiiii… joke-nya garing. (spoiler…? hehehe.. gak dong…)

    • aku masih 50:50 kalo baca buku clara ng. yang ini aku suka, tapi yang unreality nggak terlalu menikmati :D clara ng kurang cocok nulis ttg joke kali ya makanya garing?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s