Tiga Bayangan / Three Shadows [Cyril Pedrosa]


Cyril Pedrosa (2007)
Gramedia
Cetakan September 2009
Novel Grafis
978-979-22-4956-9
Gramedia BSM – IDR50,000

Kisah bahagia sebuah keluarga yang tinggal di lembah yang diapit perbukitan segera berakhir ketika 3 bayangan penunggang kuda mengawasi mereka siang dan malam. Kehidupan mereka yang ceria, penuh canda tawa, serba manis dan sederhana berganti dengan bayangan-bayangan gelap, rasa khawatir dan takut yang mendalam. Tiga bayangan datang untuk menjemput si kecil Joachim, mengambilnya dari pelukan Louis dan Lise, ayah dan ibunya.

Dengan goresan-goresan tebal, novel ini menggambarkan ketakutan atas rasa kehilangan. Inilah perjuangan ayah dan ibu untuk melindungi anak mereka bahkan dari maut sekalipun. Ketika Lise sudah bisa menerima, Louis sang ayah masih tidak siap untuk kehilangan Joachim. Ia lebih memilih untuk membawa Joachim pergi ke ujung dunia sekalipun daripada merelakannya kepada ketiga bayangan itu. Louis bahkan rela untuk menggadaikan hidupnya untuk si kecil Joachim. Hidupnya, hatinya, ditukar dengan kekuatan dan kuasa untuk melindungi Joachim.

Semua kisah harus berakhir, bahkan pelarian pun akan tiba di suatu titik penghujung. Joachim memutuskan bahwa ia tidak takut lagi kepada bayangan. Kisah ini jauh lebih luas, lebih emosional dan menohok daripada yang terlihat dalam goresan-goresan kasat mata Cyril Pedrosa, yang telah menggambarkannya dengan cantik, mendalam, tapi tetap jenaka. Aku paling suka gambar di halaman 49, tentang isi mimpi Joachim yang terlihat “sibuk” tapi juga terasa ia sedang mengalami ketakutan; dan gambar pertama di halaman 90, tentang suasana desa tempat penyeberangan feri yang tenteram dan normal, tapi kita juga bisa merasakan hiruk-pikuk yang sedang terjadi saat itu. Gambar-gambar yang sangat indah.

Agak sulit untuk menemukan biografi Cyril Pedrosa di internet karena sepertinya ia tidak (belum) memiliki website  sendiri. Sedikit yang bisa dikutip dari sini: Pedrosa lahir 22 November 1972 dan berkebangsaan Perancis. Ia belajar animasi di Gobellins School dan pernah bekerja untuk Disney “Hunchback of  the Notre Dame” dan “Hercules”. Hmm… Pantas saja aku merasakan sensasi Disney di cerita seputar kapal feri dan pesta baron. Mengutip halaman akhir novel ini, diceritakan bahwa kisah “Three Shadows” alias “Trois Ombres” alias “Tiga Bayangan” tercipta dari kesedihannya yang mendalam ketika melihat anak sahabat-sahabat dekatnya meninggal dalam usia muda.

3 thoughts on “Tiga Bayangan / Three Shadows [Cyril Pedrosa]

  1. nindya says:

    saya butuh banget buku aslinya yang bahasa perancis..punya nggk?
    kalo punya tolong di upload.ke scribd ato situs laen..tolong banget..thanks

  2. saya juga udah beli dan baca graphic novel ini..

    ya, cerita nya memang dalem bgt..
    jadi pada intinya, 3 bayangan (wanita) itu malaikat maut yg memang ingin menjemput joachim ya??

    gmn menurut anda??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s