The Tiger Rising / Sang Harimau [Kate DiCamillo]


Kate DiCamillo (2009)
Gramedia
Children Novel
979-22-1383-x
Gramedia GI – IDR18,000
(disc 10%)

Mirip dengan cerita Kakak Beradik Hati Singa oleh Astrid Lindgren, novel ini juga ditujukan untuk pembaca muda/remaja dan bercerita tentang kesedihan. Bedanya, yang ini tidak sedikitpun bernuansa dongeng karena lokasinya bukan di negeri rekaan.

Rob Horton, anak laki-laki usia tanggung, tinggal bersama ayahnya di sebuah motel di Florida. Ibunya sudah lama meninggal. Rob kerap menjadi korban bullying teman-teman sekolahnya, ia dipukuli tanpa alasan di dalam bus sekolah karena sikapnya yang pendiam dan menarik diri. Tekadnya hanya satu: ia tidak akan menangis. Ia mengunci semua perasaan kehilangan, kesedihan dan kesepian di dalam hatinya hingga perasaan-perasaan itu berubah menjadi penyakit kaki borok.

Suatu ketika Rob mendapat teman baru, seorang anak perempuan berwajah angkuh yang memakai pakaian terlalu bagus untuk ukuran sekolah mereka. Karena perbedaannya itulah gadis kecil bernama Sistine ini juga menjadi bulan-bulanan di sekolah. Tidak seperti Rob yang selalu diam dan nrimo, Sistine menanggapi semua bullies tersebut dengan menantang balik. Sistine menyimpan banyak kemarahan dan kecewa di dalam hatinya yang kerap ia salurkan lewat perkelahian. Hampir setiap hari, Sistine pulang dengan mata lebam, badan memar dan ia tetap angkuh.

Mereka menjadi teman karena Sistine ingin ditulari penyakit kaki borok Rob supaya ia juga diperbolehkan untuk tidak masuk sekolah. Rob yang pendiam dan menarik diri akhirnya memiliki teman sebaya yang kebetulan sifatnya sangat bertolak belakang dengan dirinya; Sistine adalah seorang yang meledak-ledak, agresif dan bossy. Dalam kesepian mereka saling menemani, mereka banyak menghabiskan waktu bersama bermain di hutan, terutama dekat kandang harimau yang ditemukan Rob tanpa sengaja. Di sinilah konflik dimulai, Sistine memaksa untuk membebaskan harimau tersebut sedangkan Rob berpikiran sebaliknya. Rob tidak yakin harimau tersebut akan dapat bertahan hidup di luar kandang. Persahabatan mereka diuji.

Sepertinya cerita ini terlalu berat untuk pembaca anak-anak, karena suasana yang kelam dan rasa sedih yang mendalam. Entahlah, bagaimana menurut pembaca yang lain? Ada pelajaran berharga yang bisa diambil dari cerita Rob dan Sistine, salah satunya tentang proses mengambil keputusan penting, terutama yang menyangkut kehidupan orang lain atau mahluk lain. Ada konsekuensi yang harus dihadapi untuk setiap keputusan yang diambil.

Kesedihan, kecewa dan rasa marah adalah hal normal yang dapat dirasakan semua manusia. Anak-anak  pra-remaja dalam usia tanggung membutuhkan bimbingan orang dewasa untuk mengatasi kesedihan dan kemarahan mereka. Menyimpan dan menguburnya rapat-rapat di dalam hati atau dengan  melampiaskannya kepada orang lain tentu bukan cara yang tepat. Rob dan Sistine dapat melewati masa-masa sulit dan mengatasi kegalauan hati mereka dengan bantuan dan tuntunan dari orang tua atau orang dewasa lain yang mereka percayai.

5 thoughts on “The Tiger Rising / Sang Harimau [Kate DiCamillo]

  1. astridfelicialim says:

    rey…buku ini emang sedih sih…tapi bagus yak…seperti buku” di camillo pada umumnya…eh btw, gramed grand indo sale 30%, udah borong belum? hehehe…

    • beli 2 buku dicamillo ini karna sampulnya “dramatis” ^_^ blm pernah baca selain 2 ini. kalau novel2nya selalu “dalam” spt tiger sama magician, kayaknya worth collecting ya :) sedih tp gak menye-menye.

      wuaaaah blom beli2 buku lagi… nunggu akhir tahun, sorting buku yg keep sama donate, beresin lemari… then maybe i’ll start buying more haha

  2. astridfelicialim says:

    tale of desperaux juga kate di camillo, bagus…trus because of winn dixie, sama the miraculous journey of edward tulane juga bagus =)
    btw, aku numpang link blogmu ya rey, akhirnya aku ikutan bikin blog buku (perpuskecil.wordpress.com), hahaha….newbie nih…=)

    • hi astrid, selamat yah atas kehadiran perpuskecil :) tadinya aku agak-agak menghindar membeli dicamillo karna tokohya binatang (liat sampul doang hehe), kirain ceritanya untuk anak-anak kecil banget. skrg jadi pingin beli winn dixie juga deh :) perpuskecil-nya aku link balik yah…

  3. Cha Icha says:

    walau pun aku masih kecil tapi aku udah pernah membaca novel sampai habis..
    dan di rumah ku juga ada novel kakak beradik hati singa..
    aku sudah membaca novel ini hanya cukup dua tiga harian..
    aku sangat suka novel the tiger rising
    I LOVW THE TIGER RISING ♥♥♥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s