Bambino! 1 [Sekiya Tetsuji]


Sekiya Tetsuji (2005)

Level, Elex Media Komputindo

Cetakan I, 2009

Komik

978-979-27-5514-5

Gramedia Grand Indonesia – IDR 17,000

Setelah (mencoba) membaca beberapa komik baru dan menyesal karena ceritanya sangat menyebalkan (antara lain: “Imperial Thunder” dan “Story of a Princess”), kali ini aku senang bukan kepalang karena memutuskan untuk membeli Bambino. Kebetulan komik ini ditumpuk bersisian dengan Topeng Kaca: Bidadari Merah No.10 yang memang aku cari, sehingga mudah terlihat. Sampul mukanya biasa saja, cenderung polos, hanya digambari seorang laki-laki muda bertampang jahil, berambut merah, dan membawa frying pan. Menarik ;)

Isi ceritanya bahkan jauh lebih menarik! Shogo Ban adalah seorang mahasiswa yang bekerja paruh waktu di sebuah restoran kecil di kotanya. Sifatnya besar kepala dan percaya diri bahwa ia adalah seorang koki yang handal. Oleh pemilik restoran tempatnya bekerja, Ban direkomendasikan untuk mengisi waktu libur kuliah dengan magang Trattoria Baccanale, sebuah restoran tua yang sangat populer di Roppongi, Tokyo. Dengan gagah perkasa, bahkan cenderung meremehkan, Ban pergi ke Roppongi untuk mulai bekerja. Disinilah ujian sebenarnya dimulai.

Urusan dapur tidak melulu mengenai memasak. Ada hal-hal lain yang sama pentingnya yang tidak boleh diremehkan, apalagi di sebuah dapur Italia yang sangat sibuk. Pertama: kecepatan. Dapur yang sibuk tidak punya waktu untuk mengajari ataupun mendengar ocehan Ban (dipanggil Bambino=Bayi). Kedua: keahlian. Semua ‘penghuni’ cucina Trattoria punya keahlian memasak yang sesungguhnya. Mereka menguasai teknis memasak yang benar dan cekatan. Mereka tidak akan repot mengoceh tentang sertifikat masak yang sudah mereka dapatkan, tapi langsung menunjukan hasilnya. Ketiga: bahasa. Cucina Italiana sudah pasti tempat untuk menyiapkan masakan Italia. Baik bahan makanan maupun menu pesanan akan diberikan dalam bahasa Italia. Kalau tidak tahu, ya Ban harus segera belajar. Sebagai pancingan, komik ini dibagi menjadi 9 episode  yang sudah tentu dinamai dalam bahasa Italia. Penasaran? ^_^

Efek sampingnya luar biasa! Aku jadi kepingin belajar bahasa Italia, kepingin jadi koki masakan Italia, dan -yang paling mudah- kepingin makan Spaghetti Marinara dan Insalata Di Spinaci di PEPeNERO, huehehehe… Slurp.

Besarnya kepala Bambino ketika baru datang perlahan menciut dengan ujian-ujian di dapur, belum lagi tekanan dari rekan-rekan kerja yang mulai sebal dengan keberadaan bayi manja yang angkuh di dapur mereka. Tujuan sebenarnya Ban dikirim ke Roppongi bukan karena koki kepala menyanjung keahliannya, tapi untuk menghancurkan sifatnya yang besar kepala dan menempa mentalnya. Untuk bisa menganggap dirinya sendiri sebagai koki yang handal, Ban harus merasakan kerasnya hidup di dapur dan tantangan sesungguhnya.

Bambino diterbitkan oleh divisi Elex Media yang disebut Level Comics, yang menerbitkan komik-komik dengan tema dan alur cerita khusus untuk pembaca dewasa. Sekarang aku jadi tahu komik seperti apa yang harus aku cermati ketika ke toko buku, supaya tidak salah ambil komik dengan cerita menyebalkan lagi :) Ugh, jadi nggak sabar nih menunggu Bambino selanjutnya!

4 thoughts on “Bambino! 1 [Sekiya Tetsuji]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s