Bullseye Chillers: The Vampire, Edgar Allan Poe’s Tales of Terror, Dr. Jekyll and Mr. Hyde


Seri Bullseye Chillers adalah serial horor klasik karya pengarang-pengarang ternama yang telah diadaptasi untuk para pembaca anak-anak dan remaja. Dari koleksi inilah aku mengenal cerita-cerita terkenal seperti Frankenstein, Dr Jekyll & Mr Hide, Werewolf dan lain-lain. Siapa bilang cerita horor selalu menyeramkan? Dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi  hitam-putih yang sangat bagus, serial ini membuat cerita horor klasik menjadi kisah yang dapat dinikmati tanpa takut dan bosan. Tapi siap-siap untuk merinding ya, silakan baca kalau berani hehehe… *ketawa seram*

_____

Sang Vampir / The Vampire (The Vampyre)
John Polidori, Adaptasi oleh Les Martin
Gramedia, 1997
GM 315 97.576

Tampan dan menghipnotis. Itulah kesan pertama Aubrey terhadap Lord Ruthven. Meskipun seluruh kota London berbisik-bisik, Aubrey mau saja diajak pergi kemanapun Ruthven bertualang. Ruthven mengajarkan Aubrey bagaimana menjadi seorang gentleman sejati, mengunjungi penjahit-penjahit terbaik dan menghadiri pesta-pesta pilihan. Tanpa disadari, Aubrey telah terseret ke dalam persahabatan yang membuatnya menjadi umpan bagi setiap mangsa Ruthven.

Ketika Aubrey melarikan diri, Ruthven mengejarnya, membunuh calon istrinya bahkan membuatnya berjanji atas darahnya sendiri untuk tutup mulut tentang pertemuan terakhir mereka di Yunani, dimana Ruthven mati di sisi jurang. Siapa sangka, Ruthven kembali lagi dengan memakai gelar baru Lord of Marsden, dan kali ini ia mengincar Annabelle, adik kandung Aubrey yang lembut dan rupawan. Baca e-book versi aslinya dalam bahasa Inggris dari sini.

_____

Tales of Terror / Kisah-kisah Teror
Edgar Allan Poe, Adaptasi oleh Les Martin
Gramedia, 1997
GM 315 97.577

Buku ini sebaiknya dibaca sebelum gelap, karena terornya bisa membuat ketakutan! Terdiri dari 3 kisah superseram, buku ini memang jauh lebih seram dibanding yang lainnya. Ketiga kisah ini merupakan bagian dari The Works of Edgar Allan Poe Volume 2 of 5 yang bisa dibaca secara online disini.

Topeng Maut Merah” berkisah tentang si Maut Merah yang datang tanpa diundang ke pesta Pangeran Prospero. Pangeran sengaja membawa pengikut pilihannya untuk mengunci diri di dalam benteng bersegel. Namun apa daya, malaikat maut bertopeng penuh darah tidak berhenti hanya karena terhalang tembok benteng. E-book dalam bahasa Inggris bisa dibaca di sini.

Gentong Anggur Amontillado” menceritakan tentang usaha balas dendam Montresor kepada Fortunato yang lancang berani menghina keluarga Montresor. Montresor memperdaya Fotunato untuk masuk ke ruang penyimpanan anggur di bawah tanah yang juga merupakan kuburan keluarga. Dengan anggur, Montresor akan membuat Fortunato jera selamanya.

Lubang Sumur dan Bandul” adalah kisah tentang penyiksaan terhadap seorang mata-mata Perancis yang tertangkap di Spanyol. Mata-mata ini dijatuhi hukuman mati oleh Pengadilan Suci yang tidak suka atas campur tangan Perancis dalam mempengaruhi negara-negara Eropa. Di dalam penjara yang gelap gulita, Pengadilan Suci meletakan jebakan-jebakan untuk menyiksa si mata-mata, termasuk sumur dalam di tengah ruangan penjara dan sabit besar yang mengayun-ayun seperti bandul diatas kepala. Salah langkah sedikit saja, hidup mata-mata ini akan berakhir tragis!

_____

Dr. Jekyll & Mr. Hyde
Robert Louis Stevenson, Adaptasi oleh Kate McMullan
Gramedia, 1995
GM 315 95.008

Mungkin inilah cerita horor klasik paling populer yang kita kenal, tentang seorang dokter yang hidup dalam 2 dunia. Di siang hari ia adalah Henry Jekyll, dokter ternama dan salah seorang yang terbaik yang ada di kota London. Di malam hari ia adalah Edward Hyde, seorang jahat dan pembunuh berdarah dingin.

Kisah ini bermula ketika Dr Jekyll menemukan ramuan ajaib yang bisa memisahkan sisi baik dan sisi buruk seseorang. Jekyll merasa ramuan ini bisa memberikan keseimbangan dalam kehidupannya sebagai dokter yang terlalu baik hati. Hingga suatu saat alter ego-nya, Hyde, membunuh seorang tua tanpa alasan yang jelas, sejak itu Jekyll hidup dalam perasaan bersalah dan semakin lemah. Hyde tumbuh besar, buas dan liar. Bahkan tanpa ramuan ajaib pun Hyde bisa setiap saat mengubah Jekyll yang sedang tidur pulas. Jekyll memutuskan untuk membagi kisah ini sebelum ia menghentikan semuanya dan sebelum Hyde mengambil alih hidupnya sepenuhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s