Negara Kelima [ES Ito]


ES Ito (2005)
Serambi
Cetakan I, 2005
Novel Fiksi
Ampera Palasari – IDR 45,000

Awalnya aku tidak begitu tertarik membeli buku ini. Mungkin karena sampulnya mengingatkan pada Da Vinci Code yang tenar bukan kepalang, aku jadi berasumsi buku ini mau ikut-ikutan beken dengan tema serupa. Buku ini kalau tidak salah sudah ada di rak sejak tahun lalu dan sudah kelar kubaca sekitar November 2008. Membacanya pun sedikit-sedikit, bukan karena ceritanya tidak seru, tapi lebih karena tumpukan pekerjaan yang menggunung :)

Dalam waktu berdekatan, tiga gadis remaja terbunuh. Pada tubuh setiap korban terdapat sayatan-sayatan simbol piramida dengan belahan diagonal pada bagian alasnya. Lalu, perwira polisi yang menyelidiki kasus tersebut juga ikut terbunuh. Kejadian susulan ini mengakibatkan Sahabatnya, Iptu Timur Mangkuto, menjadi tersangka utama pembunuhan dan ia pun dituduh menjadi antek Kelompok Patriotik Radikal -KePaRad. Berpacu dengan waktu dan dari kejaran polisi, Timur Mangkuto, harus menemukan dalang pembunuhan-pembunuhan tersebut, membongkar rencana revolusi yang dibuat KePaRad, dan menarik benang merah diantara keduanya. Untuk itu, ia harus mengurai Timaeus & Critias, memahami motif penaklukan dunia oleh Iskandar Yang Agung, dan memecahkan teka-teki Konstelasi Capricornus.

Negara Kelima
Negara Kelima adalah kebangkitan masa silam. Ketika matahari hadir tanpa bayangan, keputusan diambil pada puncak yang terlupakan. Para Penjemput menuai janji kejayaan masa silam. Itu adalah saat penentuan, ketika Para Penjemput tidak lagi ingat akan masa lalu berbilang tahun tetapi mendamba masa lalu berbilang ribuan tahun.

Ceritanya luar biasa! Idenya brilian. Bahwa rahasia kota Atlantis yang hilang bisa tersangkut pada sejarah Minangkabau, wuiiih… Siapa yang bisa menjelaskan kalau bukan ES Ito dengan kepiawaiannya merangkai narasi sambil mengubek-ubek sejarah. Dari kasus pembunuhan sampai ke rencana revolusi. Dari polisi jahat sampai para nasionalis idealis. Dari Lemuria hingga ke Nusantara. Tidak akan terbayangkan ketika memulai membaca buku ini kalau kita akan melalui perjalanan yang sedemikian berliku seperti mengurut ulang sejarah hingga kepada kemurkaan Zeus. Sensasional!

Yang kurang mantap hanya 2 hal: penulisan labtop (maksudnya laptop kali ya?) dan akronim KePaRad (cupu bangeeeeet).

Namanya baru sekali ini kudengar. Siapakah ES Ito? Menurut halaman terakhir novel, ES Ito lahir pada tahun 1980. Ibunya seorang petani, bapaknya seorang pedagang. Itu saja, tidak ada penjelasan lain-lain apalagi pajangan foto.  Entah memang orangnya sederhana atau sengaja memancing rasa penasaran ya?

5 thoughts on “Negara Kelima [ES Ito]

  1. ada lagi bukunya ES ITO, judulnya Rahasia Mede…bagus banget lhooooo ngupas sejarah juga abot VOC n batavia, kalo suka negara kelima pasti suka juga rahasia mede :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s