Cergam Mimin 1 – 10 [Yolanda Vargas Dulche]


Image Hosted by ImageShack.us

Penulis/Author: Yolanda Vargas Dulche
Ilustrator/Illustrated by: Sixto Valencia
Penerbit/Publisher: Sinar Harapan
Cetakan/Edition: Cetakan Pertama
Kategori/Category: Komik
ISBN: N/A

Beli di/Purchased at: ArgentumBooks.Com
Harga/Price: Rp6,375 each

Cergam asal Mexico berjudul asli “Memin” karya Yolanda Vargas Dulche (cerita) dan Sixto Valencia (ilustrasi) ini muncul kembali dengan tampilan yang tidak banyak berubah dari yang dulu kita kenal, masih dicetak hitam putih dengan gambar dan terjemahan yang sama pula dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Yup! Ini cetakan baru, bukan komik bekas. Hanya sampul luar saja yang berubah bahan menjadi lebih enak dipegang, dilihat dan disimpan karena lebih kaku dan lebih berkilau.

Generasi anak atau remaja di era 80-an pasti kenal deh dengan ciri-ciri sbb: mahkluk berkulit legam, tubuhnya pendek seperti anak TK, mata belo, bibir dan telinga lebar, sifatnya lugu dan selalu jujur meskipun tidak bisa dibilang polos, dia sangat memuja ibunya dan senang mengumbar celetukan konyol dengan tampang tak berdosa. Pokoknya kita yang baca bisa ketawa sambil sebal deh melihat tingkahnya yang berlebihan… Gimana, masih ingat si Mimin kan?

Kisah si Mimin dimulai dengan “Sekolah Baru” (No.1). Baru kali ini Mimin bersekolah. Namanya lucu: Mimin Pinguin. Belum lagi kulit Mimin yang hitam legam. Penampilannya benar-benar berbeda dari teman sekelas. Tapi, bukan Mimin namanya kalau tidak percaya diri. Dengan tenang dia meyakinkan mereka kalau kulit negro-nya itu tidak akan luntur. Masalah olok-olok warna kulit ini memang rasis ya, tapi hanya di 2 buku awal kok yang terasa kasar.

Di sekolah yang baru kita berkenalan dengan teman-teman Mimin. Ada si Cali yang gemar berkelahi, lalu ada Erni murid terpandai di kelas, dan juga si kaya raya Riki. Bersama Mimin, mereka adalah “Empat Serangkai” (No.2) alias sahabat baik. Riki yang kaya raya dan sedikit manja harus menjalani ujian dulu untuk bisa bergabung dengan teman-temannya yang miskin. Untungnya, dibalik sikap yang angkuh dan suka menghina ternyata Riki memiliki hati yang baik.

Persahabatan mereka kerap diuji ketika salah satu menghadapi masalah dalam keluarganya. Misalnya dalam “Mengapa Sedih” (No.5), Erni dan Cali benar-benar sedih hingga membuat kedua sobat yang lain menjadi ikutan prihatin. Erni bersusah hati karena ayahnya yang selalu mabuk-mabukkan dan Cali gusar karena ibunya menjadi bahan gunjingan tetangga.

Tidak hanya kesedihan dan kehidupan miskin yang ada di cergam ini, kan ada si Mimin yang selalu mencerahkan suasana muram dengan celetukan dan tingkah konyolnya. Pokoknya cara berpikir Mimin ditanggung beda deh dengan orang lain. Apalagi kalo dia lagi sok menyimpan rahasia… Waaaah, dijamin nggak sampai semenit, semua rahasia bakal tercetus dari mulut makhluk jujur berkulit gosong yang juga setia kawan ini.

Tapi Mimim benar-benar mendapat ganjaran setimpal untuk kemalasannya. Dia yakin benar doa restu Mak sudah cukup untuk membuatnya lulus ujian. Mimin tidak belajar sama sekali! “Ganjaran untuk Mimin” (No.8) dan “Mimin Tukang Cuci” (No.9) berkisah tentang Mimin yang dihukum Mak karena nilai rapornya ‘kebakaran’. Meskipun Mimin lulus, Mak marah besar karena nilainya merah semua. Dasar Mimin, sudah dihukum, masih saja sempat merayu Mak dengan pujian-pujian nggak jelas.

Sayang petualangan Mimin cetakan baru harus berakhir di cergam kesepuluh “Duka si Cali”. Padahal lagi asyik-asyiknya tuh Empat Serangkai menyusun rencana untuk berkunjung ke klab malam sambil mencari ibu Cali yang kabarnya bekerja sebagai hostes. Menurut Bimbi dari Argentumbooks, tempat aku membeli cergam-cergam ini secara online, penerbit belum pasti akan mencetak ulang kelanjutannya. Yaaaaaah… Tapi nggak apa-apa sih, sepuluh Mimin terbitan baru untuk sementara waktu sudah cukup kok untuk melepas kangen. Mudah-mudahan sih ada yang mau patungan dengan penerbit supaya cergam ini bisa diterbitkan ulang dan dilanjutkan sampai tamat (ratusan loh!). Ada yang berminat berbagi modal? Ini dia alamat penerbit Sinar Harapan: Jl. Dewi Sartika 136D, Jakarta 13630.

No.3 “Auuu… Ada Monyet
No.4 “Tiga Keluarga
No.6 “Siapa Ayahku
No.7 ”Erni Mabuk

24 thoughts on “Cergam Mimin 1 – 10 [Yolanda Vargas Dulche]

  1. Hi Rey,
    Terima kasih telah mengunjungi situs saya. Tentu akan sangat gembira kalau bisa share your best book collection. Tidak ada batasan buku apa. Kalau kamu merasa ada manfaatnya untuk pencerahan banyak orang, why not? I am pleased to welcome you writing your synopsis in my website. Thanks.

  2. >hartono
    pleasure is mine :)

    >dian & flona
    aku beli online dari argentum (link ada di halaman “Knots” diatas). hmm… kemungkinan besar gramedia gak punya non, but who knows, i might be wrong :)

  3. Dear Reygreena, salam kenal yah… thanks for sharing this mimin things.. dulu fans berat, jadi inget dengan kata2 ‘mak-ku sayang’ Mau beli kalo ada yg baru, tp kalo bekas ntar dulu deh… Cheers,

  4. salam kenal juga fiona. kalau yang ini memang cetakan baru seperti yang sudah aku sebutkan di atas. hanya saja, kelanjutan setelah nomor 10 belum ada kepastiannya. kalau kamu cukup puas dengan 1-10 dulu, silakan mampir ke link argentum mudah-mudahan stok-nya masih ada.

    buat yang puas dengan kondisi bekas, ada beberapa toko buku(bekas) online yang menjual Cergam Mimin edisi lama. tapi harganya sedikit lebih mahal dari yang baru ini. browse sendiri yah untuk cari tahu ;)

  5. Saya punya album Mimin komplit dan….
    … saya juga ketua Fans Club Mimin Pinguin Indonesia.

    Bagaimana kalau anda semua bergabung saja dengan saya di YahooGroups Mimin Pinguin Indonesia?

    Proyek jangka panjang grup ini adalah upload scan
    komik Mimin di Indonesia. LENGKAP, dari awal sampai akhir. Ayo, ajak seluruh teman dan keluarga anda yang juga penggemar setia Cergam Mimin. Semakin banyak semakin baik!

    Silakan bergabung melalui link di bawah ini:
    http://groups.yahoo.com/group/MiminPinguin/

    Harap patuhi aturan group tersebut untuk kenyamanan dan ketertiban kita semua. ;)

    — Franklin =)

  6. aku punya koleksinya tapi ada yang lompat2an serinya. Nyarinya dimana yah???? Kalau nunggu Gramedia terbitkan lagi, rasanya takkan komplit dan lamaaaaaaa

  7. Ai says:

    Hallu..salam kenal ya..btw gw jg penggemar mimin..gw dah punya dr 1-10.tp waktu itu pernah liat di tmpat toko buku langka.lengkap harganya 1juta dgn 100edisi..

  8. mimin says:

    ini komik legend bwat gw….knapa? karna ada komik ini gw jadi di panggil mimin! anak kecil item nakal (mimin) ga jauh beda sama gw waktu gw msh kecil…tp sayang koleksi komik mimin gw dah pada ilang…..hiks

  9. dhoni says:

    mimin penguin ini komik yg paling bikin gw ngakak abis, kebayang cara dia masuk dan keluar dari penjara waktu ngunjungin cali. lucu banget dan sedih juga. sayang banget, komik gw dah ancur kena banjir :-( to franklin -> i’ll be there. thanks for the blog….!

  10. aditria says:

    hai..saya juga penggemar mimin banget..dulu langganan..dari 1 sampai berapa ya,lupa?tapi semuanya sudah dibundel ama papaku..tapi rasa-rasanya ceritanya belum tamt deh..ada yang tau dimana aku bisa dapetin lagi lengkap,untuk anak2ku?thanks..

  11. astheria says:

    Waduuuhhh…ini dia komik yg aku cari2…duuuhhhh..komik ini penuh kenangan banget jaman smpku…baca rame2 sama temen2 kelas..masih ada ga ya kalo mau pesen? Aq coba buka link yg d atas kok ga bisa ya?

  12. Aji says:

    Saya dulu punya koleksi mimin hampir lengkap. sudah bertahun-tahun entah disimpan dimana, mungkin ada di salah satu pojok gudang rumah. Sayang sekali kalau hilang, karena sekarang sudah jadi barang koleksi yang berharga. Thanks for posting this, this reminds me my happy childhood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s