Asterix and The Falling Sky [Albert Uderzo]


Penulis/Author: Albert Uderzo (2005)
Ilustrasi/Illustration: Albert Uderzo
Penerbit/Publisher: Orion
Cetakan/Edition: Hardback 2005
Kategori/Category: Comic
ISBN: 0-75827-301-6

*Gubrakss!!* Aduuuh, baca komik yang ini bikin gemas! Tentunya sebagian besar kita sudah kenal dengan Asterix, Obelix, dkk. Kalau lupa, coba klik disini. Edisi kali ini agak berbeda ramuan cerita dan suasananya. Balik lagi ke ‘gubrakss’ yang diatas, sebenarnya itu refleksi dari ketidakpuasan aku untuk Asterix edisi ini. Garing gitu loh!!

Desa Galia yang terkenal itu baru saja kedatangan tamu istimewa. Kalau biasanya mereka dikunjungi oleh ‘teman-teman’ dari kamp Romawi ataupun sanak saudara dari Lutetia, kali ini mereka dikunjungi oleh makhluk ungu mirip teletubbies, tentara-tentara hasil kloning dan benda bulat yang memancarkan anti-collision magnetic field. Yup! Makhluk luar angkasa! Mereka berkunjung untuk memberi peringatan mendahului Suku Nagma, juga dari luar angkasa, yang berencana akan datang dan merebut senjata rahasia suku Galia. Wah wah… seru sekali tampaknya!

Setelah terbiasa membaca kekonyolan bangsa Romawi vs Galia dari edisi-edisi sebelumnya, terus terang membaca yang ini terasa betul perbedaannya. Biarpun dibikin kocak, tetap saja sulit untuk membuat lengkungan senyum di bibir karena sudah shock duluan. Mungkin karena tidak terbiasa melihat bentuk lain selain tentara Romawi dan penduduk Galia ya?

Akibat pancaran anti-colission magnetic dari pesawat ruang angkasa, para penduduk desa Galia, tentara Romawi bahkan babi hutan yang biasanya aktif dan ceria mendadak kaku tanpa ekspresi. Hanya Asterix, Obelix, Panoramix dan Idefix saja yang tetap normal karena ramuan ajaib. Baku hantam hebat antara Romawi vs Galia diambil alih oleh perang antara tentara-tentara luar angkasa.

Gambar-gambar yang biasanya seru dan nikmat untuk dilihat berlama-lama karena kadang terselip detail-detail lucu yang bukan bagian dari inti cerita, kali ruang gambarnya habis untuk dipakai bola emas yang menjadi pesawat luar angkasa makhluk ungu dari negeri Tadsilweny itu. Terjemahannya pun kaku mungkin karena bahasa Inggrisnya santun. Bisa jadi meskipun ceritanya garing, dialognya tetap lucu dalam edisi asli yang berbahasa Perancis ataupun terjemahan lainnya. Negeri luar angkasa Tadsilweny itu sebenarnya olahan huruf-huruf dari “Walt Disney” sebagai ungkapan terima kasih Uderzo kepada Sang Maestro yang telah membiarkan dunia untuk jatuh kedalam ‘panci ramuan ajaib’ berisi karya-karyanya yang penuh inspirasi dan abadi sepanjang masa.

Setelah ini, ada 4 edisi Asterix yang akan diterbitkan. Bagi yang mengoleksi komik Asterix seperti aku, seburuk apapun ceritanya, komik ini tetap wajib untuk dimiliki. Tetapi untuk yang sekadar suka, khusus untuk edisi ini, aku sarankan menumpang sajalah membaca gratis di toko buku ok? hahahaha… :).

5 thoughts on “Asterix and The Falling Sky [Albert Uderzo]

  1. Rey, kalau untuk serial komik satu ini, aku kog lebih sreg ama terjemahan Indonesia yah? kayaknya lebih lucu deh, baca terjemahan Inggrisnya malah kagok, hehehe
    Pernah bandingin ama edisi asli bahasa Prancisnya, memang lebih pas terjemahan Indonesianya yah? mana yang Inggris, nama-nama tokohnya banyak yang diganti (paling ingat tuh Idefix jadi Dogmatix, hua…. sebel….)

  2. >kobo
    iya betul aku dulu sempet pinjem dari CCF buat bandingin terjemahannya, memang gak ngerti semuanya tp rasanya jauh lebih pas. di-refer lagi maksudnya yg Blogspot yah? hehehe… abis klo dibikin non aktif sayang banget. afterall, that’s my first book blog ;)

    >astrid
    yah begitulah… antara shock dan kagum dengan kreatifitas (ato malah keabisan ide?) dari Uderzo. cukup dibaca sekali trus disimpen deh.

    >boy
    iya nih aku juga lama ga ke blog sendiri. edan!
    komik ini aku beli di toko buku lokal di auckland. susah yah cari di amazon? aku sempet tuh cari waktu itu tp gak nemu. asterix kurang tenar di amrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s