The Sky is Falling [Sidney Sheldon]


Penulis/Author: Sidney Sheldon (2000)

Penerbit/Publisher: HarperCollins

Cetakan/Edition: Special overseas paperback, 14th, 2001

Kategori/Category: Fiction

ISBN: 0-00-772452-7

Apakah kesamaan dari Chicken Little dan Orang-orang Galia? Mereka sama-sama takut kalau langit akan runtuh menimpa kepala mereka! Lalu apa hubungannya dengan Sidney Sheldon? Nggak ada sih, hanya saja judul novel-nya kali ini mirip-mirip dengan ketakutan Chicken Little dan Orang-orang Galia itu ;-)

Terbunuhnya Gary Winthrop oleh perampok merupakan tragedi kelima dan terakhir pada keturunan Winthrop. Dalam setahun, berturut-turut kelima anggota keluarga Winthrop meninggal akibat kebakaran, kecelakaan mobil, kecelakaan dalam olahraga ski dan perampokan. Keluarga Winthrop adalah orang-orang berpengaruh di Amerika Serikat. Mereka populer, karismatik, murah hati kepada organisasi charity di seluruh dunia, dan tidak sedikitpun meninggalkan kesan buruk di mata orang-orang yang mengenal mereka. Dana Evans, penyiar berita WTN yang baru saja kembali dari liputan perang di Sarajevo, merasa terusik atas kematian Gary yang ramah dan philanthropist itu. Apalagi, perampokan ini terasa ganjil karena tidak satupun koleksi perhiasan dan juga uang tunai yang ada di rumah mewah tersebut hilang.

Dengan tujuan untuk membuat liputan perdana session "Crime Line", Dana menyelidiki keluarga Winthrop. Kesibukannya dalam menyelidiki kasus ini membuat Dana harus bepergian cukup lama mengikuti clue yang tersebar di seluruh dunia karena anggota keluarga Winthrop adalah orang-orang yang aktif baik di bidang politik maupun sosial. Di satu sisi penyelidikan yang menyita waktu ini membuat Dana terlibat dalam konspirasi politik yang tidak sepenuhnya ia pahami dan membuatnya semakin ingin mencari jawaban yang pasti. Di sisi lain kehidupan pribadinya terutama anak angkatnya, Kemal, menjadi terbengkalai dan terseret dalam bahaya.

Setelah melulu berkutat dengan literatur serius dengan bahasa Inggris super ribet, lega rasanya ketika membaca buku Sidney Sheldon ini. Bahasanya ringkas, ceritanya menarik dan menggelitik. Gaya Sheldon memang khas dan menyita perhatian, membaca novel ini rasa-rasanya seperti menonton film thriller Holywood. Setiap bab berisi scenes dari dua atau tiga setting berbeda, membuat pembaca seperti melihat langsung bagaimana Dana terlibat penyelidikannya dan bagaimana pula reaksi orang-orang yang merasa 'terganggu' atas penyelidikannya. Meskipun meraba-raba, kita bisa memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya dan kepingin rasanya berteriak "Dana watch your back!".

Sayang rasanya banyak hal yang tidak tereksplor maksimal membuat novel ini terkesan buru-buru. Padahal kalau mau, bisa saja Sheldon mengeksplor lebih jauh konspirasi politik yang melibatkan kota rahasia Krasnoyarsk-26 produsen plutonium menjadi lebih seru lagi, lebih berbahaya lagi. Begitu juga dengan kemungkinan membahas lebih dalam sisi kehidupan Dana dengan Jeff, tunangannya, dan Kemal, anak angkatnya, sebagai balancing kehidupan karir Dana yang sibuk dan juga sebagai bumbu penyedap (mauuuuu aja!). Silakan klik disini untuk membaca cuplikan novel ini.

Satu hal yang selalu menarik untuk disimak dari novel-novel Sheldon, yaitu kesempatan untuk menggali 'ilmu-ilmu sampingan' seperti kosakata dan ungkapan-ungkapan asing, tips-tips travelling, lokasi-lokasi menarik di seluruh penjuru dunia, gaya hidup populer, kultur budaya dan lain sebagainya. Kalau dulu-dulu aku nggak dikenalkan pada novel-novel Sidney Sheldon dan Jackie Collins, mungkin aku bakalan kuper kali ya?? Hehehe… Yah, begitulah :D.

32 thoughts on “The Sky is Falling [Sidney Sheldon]

  1. Aku baca Sheldon masa-masa SMA gitu deh tahun ’95-an. Kayaknya seru benerrrr gitu. Trus terakhir baca yang dokter-dokter (lupa judule) eh, kok boring. Abis itu jadi males baca lagi hahaha… Kincir Angin yang bukunya paling tebel kan ya? Sampe lecek tuh pindah2 tangan mulu, padahal dah disampul plastik film.

  2. wah kalo sidney seldon fave-ku itu ‘Tell Me Your Dream’. Novelnya mengenai Multiple Personality Disorder (MPD). Agak beda dari karya2nya yg lain.

  3. >sherlock
    wah aku ada tuh msh di waiting list buat dibaca lagi. entah aku udah baca versi indo-nya blm ya? kira2 bakal beda gak ya? *mikir*mikir*

    >firman
    weitss… satu jg lumayan. ada org yang gak ngeh “sidney sheldon sapa sih? pemenang nobel?” errr… bingung jawabnya. hahaha… :D baca yg karya-karya awal deh, lbh mantafff.

  4. silakan sherlock :) btw, aku baru nyadar loh punya bundel “The Classic Mysteries of Sherlock Holmes” yg belum dibaca padahal tanggal belinya oct 2004! abis baca namamu trus kaya diingetin gt loh hehehe…

  5. Aku tuh paling suka yah itu “Windmills of the Gods” alias Kincir Angin Para Dewa.

    Tapi aku setuju tuh ama Rey, kalau Sidney Sheldon enak dibaca, bahasa yang digunakannya gak ribet. Baca dalam bahasa Inggris pun gak bikin kening berkerut dan harus bawa-bawa kamus, hehehe.

    Tapi belakangan dah gak pernah baca lagi, padahal dulu waktu masih SMA, suka banget. Terakhir baca itu judulnya “Are You Afraid Of the Dark” tapi kog aku gak suka :( Kurang greget gitu….

    Kalo yang lain yang aku ingat ceritanya yah yang Sands of Time (Butir-Butir Waktu) yang tentang 4 orang biarawati itu (walaupun yang satu palsu alias putri mafioso menyamar jadi biarawati, hehehe). –> pertama baca dulu di Kompas, waktu masih cerita bersambung-sambung gitu.

  6. aduh..sydney sheldong mah sekarang udah basi…(maap bagi penggemar sydney sheldon)

    yang paling bagus hanya Master of the Game, yang lainnya mah biasa…:)

  7. >kobo
    bener Bo, buku-buku Sheldon emang cihuy buat dibaca. rugi deh yang belum pernah baca novel-novelnya ;) tp makin kesini novelnya emang jadi agak garing ya? pinjem istilah kobo: kurang greget, hehehe…

    >boy
    justru boy, yg basi-basi itu biasanya ngetren. malah skr aku jadi kpengen baca lagi novel-novelnya. kamu siiih… master of the game (“ratu berlian” ya? aku inget ending-nya tuh ttg si jahat yg jd gak berdaya abis di operasi plastik sama suaminya).

  8. hachi says:

    Hmmm…pertama kali baca sidney sheldon waktu gue masih SD (it’s like 13-14 years ago), bacanya ngumpet2 gitu soalnya kan bukunya punya nyokap gue terus biasanya dikategorikan buku ‘dewasa’ soalnya kan suka ada adegan2 ‘cihuy’-nya hehehe…

    Byk juga sih bukunya yg udah g baca… soalnya nyokap gue dulu koleksi bgt!

  9. hello Hachi, hahaha… bandel yah baca buku orang dewasa :) iya Sheldon suka ‘menyisipkan’ adegan-adegan syur yang bisa bikin deg-degan merasa malu dan bersalah gitu bacanya. aku jg baca 13-14 taun yg lalu, tp aku dah sma loh. jd waktu itu kamu msh sd?? wow!! ;)

  10. dina says:

    buku terakhirnya sheldon, kenapa ya kayaknya paling yang tidak menarik dari semua buku sheldon. plot nya hampir sama, dengan tema dan latar belakang yang berbeda, betul juga buku ini seperti dikejar waktu jadi banyak hal yang lebih menarik yang bisa digali, dibuat sedikit lebih detail lebih bagus, udah lama gak baca sydney, tell me your dreams lebih oke.

  11. hola dina! semakin tua beliau memang semakin kehilangan ‘bahan’ cerita jadi ya pengulangan plot dimana-mana. coba baca yg dulu2, wuiiih… keren2 banget!

  12. Mleniya says:

    Aku sekarang lagi baca The Sky is Falling, keren banget. Paling asik yang bagiannya mantan istrinya Jeff, Rachel Stevens. Rasanya bagian-bagian itu yang kasian banget, udah cerai tapi akhirnya dia nyesal, eh, malah kena kanker. Apes banget.
    Apa namanya diambil Sydney dari nama model Rachel Roberts ya? Soalnya sama-sama ‘flawless’.
    Sejauh ini aku baru baca tiga bukunya Sydney, The Stars Shine Down, Tell me Your Dreams, sama Nothing Last Forever. Semuanya keren-keren

  13. >mleniya
    don’t stop there :) masih ada selusin lagi yang sayang bgt kalo gak kebaca hehehe… have fun! btw, rachel roberts yang mana nih? kalo yang aktris film meninggal-nya karna keracunan menurut internet jd ada ‘flaw’ dong. kalo yang model rasa-rasanya terlalu muda untuk dijadikan inspirasi sidney sheldon. buku ini diterbitkan pertama kali tahun 2000, sedangkan rachel roberts model baru populer sekitar 2002. nggak klop.

  14. heZtie says:

    hm…….jujur! novel yg ‘the sky is falling’ tuh yang pualiiiiiing keRen dibandingin yang laennya (menurut aKu lho…….!). ceritanya dari awal sampe akhir bener-bener ngagetin gitu. yang awalnya dana evans ngira orang yang dia kenal tuh baek, eh…..t’nyata malah b’sekutu untuk ngebunuh dia. aku salut deh ma dana evans yang bisa mengatasi semua masalah hidupnya. tapi aku lebih salut lagi ma yang ngebuat, SIDNEY SHELDON!!!! ya nggak??

  15. baru baca karya nya Sidney,,,,kira2 5 bulan yang lalu…awal beli judul Are You Afraid The DArk….
    wuih..keren banget….akhirnya karena penasaran dengan karya2 nya yang lain….tiap 2 mingu sekali pasti deh ke Gramed tuk beli karya nya ynag lain

  16. gina says:

    klo kata gwe buku karangan Sidney keren…
    diantara sekian banyak buku yang gwe baca..master of the game emang paling bagus…
    kita ga kan nyangka alur ceritanya…
    ternyata hanya untuk mempertahankan martabat keluarga, semuanya terpaksa dikorbankan…meskipun keturunannya sendiri….ouch….

  17. maronn says:

    comment na banyak juga y!!!!
    gw suka bget am sidney, cuma gw gk tau judulna apa aj sih???
    klo ad yg tau list judulna kasih tau gw yakkk…..
    yg dah gw baca kira2 dah 13 buku… tq b4

  18. virli says:

    gak banyak sih pengarang yang gua baca..abisnyanya baru baca bentar dah bosen gitu..menurut gua ss emang pengarang paling keren…gua kayaknya cuma belum baca bukunya yang terakhir aja…yang lain dah gua baca semua….ampe lupa2 jalan ceritanya.tapi yang lama2 seh gua ga lupa.kyak kincir angin para dewa,malaikat keadilan,butir pasir waktu, ratu berlian dsb nya..kalo kata gua emang lebih bagus yang lama…selarang ada dan brown..tapi tetep aja ss gak tergantikan sayang ya diadah meninggal..

  19. aku baca hampir semuanya, tapi versi judul indonesianya. seperti kincir angin para dewa, ratu berlian, malaikat keadilan, sosok asing dalam cermin,garis darah, yg paling bikin aku merinding adalah padang bayang kelabu dan lewat tengah malam. banyak lagi udah lupa wkt mahasiswa dulu skr aku udah nikah n punya baby ga ada wkt lagi utk baca. terakhir aku baca ceritakan mimpi mimpimu ceritanya mirip banget ama film soulmeet. pengin jg baca yg langit runtuh.tp belum sempat maen ke gramedia.br tahu kalo dia tuh udah meninggal beneran???????????

  20. yuni says:

    SIDNEY SHELDON!! waaaaaaaaaaa……aku fans bangetss!!
    novelnya yang pertama aku baca “THE SKY IS FALLING” ceritanya mntaaaaaaaaappppp!! bacanya aja udah kayak nonton film. penuh ketegangan!! aku aja bacanya sampe nahan nafas, dan mata jd gk bisa berkedip sama sekali, seriuss skaleee!!karena emosinya kebawa cerita kali, he..he.. pokoknya bikin ketagihan baca novelnya yg lain ! SINDEY SHELDON IS THE BEST!!

  21. Mpoportal says:

    Gua, baru baca karyanya sidney sheldon yg the naked face. Awalnya pas liat buku itu yakin pasti bakal ngantuk, tapi pas liat sinopsisnya, looks like a unique book, jadi gua beli dan ternyata beneran asyik. Mujurnya lagi pas di skul gua baca, ada tmen gua yg liat dan bilang kalo ayahnya ngoleksi smua karya sidney sheldon. Langsung deh gua minta dia bua minjemin buku. He..He

  22. aku baca sidney seldhon dari aku smp… pertama baca judulnya if tomorow come kren abisss, satu yang aku suka dari sidney seldon setip bukunya beda-beda tema… adsa yang pencuri, ada yang pengacara, ada yang biarawati, ada yang dokter, ada yang artis… pokoknya macam2 deh…

  23. fitri wahyuni says:

    Saya suka novel karya sidney sheldon terutama morning noon and night nya. Dibumbui konspirasi yg mengasyikkan untuk diikuti jg alur cerita yg mudah dicerna otak.

  24. Dini says:

    Novel itu kan d rilis thn 2001? Sedangkan chicken little 2005

    Tp knp d awal hlman novel itu ada kta”
    “Langit Runtuh! Langit Runtuh!
    Llu d bwhnya ad kta” Chicken Little

    Berarti chicken little meniru kta” dr novel itu?

    • Chicken little adalah cerita rakyat dari barat yang diterbitkan sekitar pertengahan abad 19. Film tahun 2005 hanya satu dari sekian banyak adaptasi ke layar lebar. “The sky is falling” (diterjemahkan sebagai “lagit runtuh”) merupakan ekspresi yang biasa digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang melebih-lebihkan dari keadaan sebenarnya. Kalau di kita misalnya “Mati deh gue!” (tapi kan nggak mati beneran) atau “Bumi gonjang-ganjing” (belum tentu lagi gempa kan?). Intinya, ekspresi tsb dipakai umum (atau umum dipakai) oleh siapa saja..

Leave a Reply

