The (Un)reality Show [Clara Ng]


Penulis/Author: Clara Ng (2005)
Penerbit/Publisher: Gramedia
Cetakan/Edition: Pertama Februari 2005
Kategori/Category: Fiksi Dewasa
ISBN: 979-22-1231-0

Gara-gara liburan tak berujung, kerjaan hari-hari pun tidak ada juntrungannya. Hasilnya? Ya ini, baca buku terusss hahaha… Lagipula karena buku kali ini dalam bahasa sendiri, tuntasnya juga tidak memakan waktu lama. Bisa lebih cepat sebetulnya kalau tidak terhalang tidur siang yang agak kebo akibat pil flu yang membikin ngantuk itu loh!

“The (Un)reality show”, buku bersampul biru dengan gambar papan take action, bercerita tentang kehidupan 8 orang yang tidak saling mengenal, dipilih secara acak tanpa paksaan, untuk ditempatkan dalam satu rumah yang dilengkapi dengan kamera-kamera penyorot live 24 jam. Mereka hidup bersama untuk menuju posisi last man standing atas pilihan pemirsa dengan hadiah utama satu miliar rupiah. Ya mirip-miriplah dengan acara “Big Brother” di luar negeri.

Kedelapan orang tersebut adalah: 1) Azuza, si anak kecil yang dewasa dalam pikiran dan perkataan, 2) Feivel, lelaki ganteng homoseksual yang terlilit banyak hutang, 3) Jodi, lelaki gendut yang haus belaian wanita, pembenci kaum gay dan selalu punya masalah dengan perut dan toilet, 4) Meiying, ibu muda keturunan, lemah lembut tapi jago karate, 5) Primus, lelaki super ganteng yang digilai setiap perempuan (dan lelaki), memiliki guling bayi, kaus ketat dan celana dalam bergambar kartun-kartun imut, 6) Richard, mantan napi yang pendiam tapi boleh juga, 7) Tara, gadis molek tapi judes yang keranjingan ramalan tarot dan 8) Wendy, perempuan keibuan yang jago reparasi leding, bermasa lalu kelam tapi lumayan heboh dalam keseharian.

Setiap minggu selama 7 minggu mereka diberikan tantangan-tantangan yang harus dipenuhi mulai dari tantangan berbagi kamar, menulis puisi cinta, bikin script iklan dll. Sementara rating Top TV penyelenggara acara tersebut meningkat tajam dari hari ke hari, kedelapan orang tersebut berinteraksi satu dengan yang lain dengan segala pertengkaran, kebodohan, kekocakan dan juga potensi untuk percintaan. Dari yang awalnya saling tidak menyukai akhirnya mereka terbiasa untuk saling berbagi. Kehidupan terpenjara yang awalnya terasa membosankan menjadi sedikit berwarna dengan tantangan-tantangan yang mereka terima ditambah dapur yang terbakar, pakaian dalam yang raib, hewan-hewan yang berkeliaran, toilet yang tersumbat dan juga ancaman bom yang membahayakan.

Yang aku sukai dari buku ini, pertama adalah kualitas kertasnya yang lembut, bukan kertas putih keras yang terkadang melukai jari ketika membalik halaman. Kedua gaya bahasa santun, tidak terlalu gaul, alpa kesalahan cetak yang kerap muncul di novel lain. Kalaupun ada, berarti tidak terlalu menyolok karena benar-benar terlewat olehku. Yang tidak aku sukai dari buku ini adalah terkadang adegan yang mungkin dimaksudkan kocak diceritakan dengan gaya ‘maksa’ sehingga aku tidak bisa tertawa karena tidak bisa mencerna apalagi membayangkan. Terus terang, aku tidak terlalu menemukan sisi lucu dari novel ini. Tapi aku acungi jempol untuk pemilihan karakter yang dipakai, karena sifat mereka digambarkan sangat detail dan kompleks.

Penutup novel ini membungkus semua cerita lucu dan cerita tidak lucu kedelapan orang biasa yang ternyata ‘tidak-terlalu-biasa’ tersebut dengan tidak diduga-duga. Hasilnya? Acara reality show yang bermaksud mempertunjukan realitas yang bukan realitas (hal.13) berujung pada ketidakrealitasan yang lumayan serius, atau bisa juga dikatakan kerealitasan yang tidak serius tergantung dari sudut mana pembaca menilainya.

Penulis Clara Ng bernama lengkap Clara Regina Juana adalah juga seorang direktur sebuah perusahaan buku anak-anak. Novelnya yang lain, seri “Indiana Chronicle”, telah diberbitkan oleh Gramedia.

3 thoughts on “The (Un)reality Show [Clara Ng]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s