Topeng Kaca: Bidadari Merah No.9 [Suzue Miuchi]


Penulis/Author: Suzue Miuchi (2004)
Penerbit/Publisher: Elex Media Komputindo
Cetakan/Edition: Mei 2005
Kategori/Category: Komik
ISBN: 979-20-6979-8

Horeee… akhirnya yang ditunggu-tunggu terbit juga! Setelah menunggu kurang lebih sembilan tahun dengan 41 buku yang tidak tamat, ini dia kelanjutan Serial Topeng Kaca No.42 atau tepatnya Bidadari Merah No.9! Banyak sekali cerita yang beredar selama ini mengenai tidak selesainya serial Topeng Kaca. Ada yang bilang si penulis sudah meninggal dunia, ada pula yang bilang beliau bertapa menghindari kejenuhan. Apapun itu, yuk kita sambut sama-sama kelanjutan komik ini dengan senyum dan tangan yang mengembang, hahaha…

Serial Topeng Kaca bercerita tentang perjalanan Maya Kitajima untuk menggapai peran Bidadari Merah, lakon legendaris yang sangat sulit untuk diperankan. Adalah Ibu Mayuko Chigusa yang dahulu memerankan lakon tersebut sehingga ia juga yang akan memutuskan siapa yang berhak memainkan peran ini nantinya.

Dalam serial-serial Topeng Kaca sebelumnya, diceritakan bagaimana Maya bertemu Ibu Mayuko yang kemudian menjadi inspirasi Maya dalam berakting. Dalam perjalanan Maya mengembangkan dan mengasah aktingnya dari teater ke teater, ia juga didampingi dan disemangati oleh Mawar Jingga, penggagum rahasianya yang kerap mengirimkan bunga mawar berwarna jingga untuk Maya.

Saingan terberat Maya untuk peran Bidadari Merah adalah Ayumi Himekawa, seorang aktris muda yang selain sangat cantik, juga sangat berbakat dan kaya raya. Fasilitas untuk berlatih dengan sungguh-sungguh dengan mudah ia dapatkan dibandingkan Maya yang harus berusaha lebih keras dengan fasilitas seadanya.

Yang terasa sangat berbeda pada Bidadari Merah No.9 ini adalah kehadiran perangkat telepon genggam yang dipakai Koji, lawan bermain dan juga sahabat baik Maya. Buat yang baru menikmati serial ini mungkin kehadiran telepon genggam terasa biasa saja. Aku yang menunggu sejak 1996 (atau 1997?) hingga hadirnya kelanjutan ini sempat dibuat kaget dan bengong ketika melihat gambar Koji yang menerima sms hahaha… Hal lain yang menggangguku adalah sampul komik ini dimana perut Maya terlihat sangat buncit!! Dwuuuh!

Apa sih yang membuat serial Bidadari Merah begitu menarik dan memesona banyak pembaca setia? Buatku, yang pertama adalah karena aku sudah membacanya sejak masa SMA dan kuliah sebanyak 41 buku. Rasanya tidak enak bukan kalau kita membaca cerita yang ‘menggantung’? Kedua, meskipun gambar-gambar tokoh buku ini tidak secantik komik-komik yang lain, justru ceritanya yang menjadi sumber kekuatan. Terlihat sekali bagaimana pengarang komik ini juga ‘berpikir’ ketika beliau mengkolaborasi gambar, watak dan teks komik. Ia juga mengasah kualitas akting Maya Kitajima dan teman-temannya, sehingga kita sebagai pembaca mengerti kalau akting teater yang berkualitas itu membutuhkan ketabahan, kerja keras, kesungguhan dan komitmen. Bukan sekadar berpura-pura menjadi bukan diri sendiri!

Hampir semua tindakan-tindakan Ibu Mayuko Chigusa adalah simbol-simbol untuk mengajari Maya dalam memahami perannya terutama untuk pementasan Bidadari Merah dimana Maya dituntut untuk mengerti jiwa Angin, Api, Air dan Tanah. Begitu juga dengan kelakuan ‘tengil’ Masumi Hayami, seorang pengusaha berhati dingin yang dengan kata-kata sinis dan ejekannya justru terkadang memacu Maya untuk berakting lebih baik lagi dan membuktikan kualitasnya. Masumi Hayami adalah si pengagum rahasia berkedok Mawar Jingga.

Kali ini untuk menggugah Maya dan teman-temannya untuk menjiwai peran mereka, sutradara Kuronuma mengajak mereka berpikir bagaimana mereka dapat menjadi jembatan bagi penonton agar bisa mengunjungi Lembah Plum tempat bersemayam Sang Bidadari Merah. Jembatan menuju Lembah Plum sudah lama dibakar oleh Ibu Mayuko Chigusa. Hanya lewat akting Maya dan teman-temannyalah Lembah Plum akan dapat dikunjungi lagi dan menjadi nyata.

PS: Makasih ya Bunda atas kirimannya, hwaduuuuh… komik ini bagus sekali!!

269 thoughts on “Topeng Kaca: Bidadari Merah No.9 [Suzue Miuchi]

  1. Duh, kalau dibanding ama sudut hijau teduh ini, lapak review saya jadi kentara ‘kali kerontang nya. Nice collection of reviews!!
    Btw, ada posting baru tentang Tolkien dan Lewis di laluwaktu. Monggo mampir jika ada waktu dan mau …
    Schoenes wochenende, nice weekend, selamat berakhir minggu !!

    ::sorry for using this ‘comment box’ out of its context, I couldn’t leave any message in your shoutbox. don’t know why ..::

  2. Hi rey,
    thanks for the reply. Now, memandang bahwa ‘latar belakang penulisan buku-buku ini bukan pesan moral itu sendiri melainkan alur cerita magisnya yang menjadi daya tarik.’ kurang punya kekuatan argumen tanpa pernah membaca buku-buku itu sendiri bukan?
    I mean, satu masalah besar yang sering kali terjumpa dari kalangan pengkritik Lewis dan Tolkien adalah mereka menebar kritik setelah nonton filmnya … tanpa baca bukunya. Duh, sayang seribu sayang … bener!! Berbeda dari Tolkien, Peter Jackson tak pernah punya ‘misi’ Kristiani dalam membesut filmnya. Otomatis begitu banyak pesan-pesan religius (yang tak selalu lirih) dari Tolkien yang kemudian tercecer ketika bukunya dihantar ke layar lebar. Aku sendiri masih ‘deg-degan’ nunggu Chronicles. Pasalnya itu serial bener2 transparan maksud dan misi Kristennya: pertanyaannya, adakah Disney rela membiarkan misi itu tersampaikan utuh tanpa penekanan berlebih ke sisi ‘action’ dari keseluruhan cerita?
    Sungguh, aku bener-bener menyarankan siapa pun juga untuk baca Chronicles. Ada lumayan banyak kebenaran iman yang terpetik dari sana.
    PS: kayanya cuma itu shoutbox cuma nggak fungsi di komputer ku di sini aja deh. Always happenned to shoutboxes provided by ‘myshoutbox.com’ … setting security ku kali yang mesti diulik.

  3. Untuk Lewis aku memang belum baca. Memiliki tapi belum sempat menjamah. Mengenai ‘latar belakang penulisan buku-buku ini bukan pesan moral itu sendiri melainkan alur cerita magisnya yang menjadi daya tarik’ aku akui memang meng-generalisasi dari Potter dan TLOTR. Untuk Lewis aku sama sekali awam. Nanti habis baca Narnia kalau pendapatku berubah pasti aku sampaikan :D

  4. yo, thanx for visiting. jadi malu neeh ngliat review lo yang puanjang dan terapdet. punya gw sekadarnya aja … :) maen2 lage yah.

    • dihana says:

      hai reygreen.. salam kenal.. thx udah bikin blog ini.. waah.. merasa bersyukur jg krn ada temen2 yg juga suka sm komik nii… tolong kalo masih ada stok ato informasi, gmn cara dapetnya ya..? maaf atas permintaannya dan terimakasih..

  5. aku udah nunggu cukup lama buanget buatserial cantik yang satu ini.
    masih pensaran siapa yang akhirnya bakl jadi bidadari merah.
    aku juga masih penasaran banget, gimana reaksinya masumi hayami ketika dia tahu kalo koji yang jadi lawan main maya dalam drama bidadari merah ternyata masih suka sama maya…
    pengin juga sebenarnya masumi hayami jujur kalo dia sebenarnya si mawar jingga itu ke maya.
    duh…. pokoknya masih penasaran banget gimana kelanjutannya…..
    semoga serial Bidadari Merah cepet selesai penggarapannya, coz aku sebagai penggemarnya dah ga bisa sabar buat segera baca kelanjutaanya.

  6. >phyna_potter
    aku juga nungguin nih, kok ga kelar-kelar yah. dulu sempet ada di internet, sengaja aku bacanya pelan-pelan sambil menikmati. eeeh minggu depannya aku coba buka lagi, website-nya udah tutup!! nyeseeeeel banget, kenapa gak aku copy paste dulu ke notebook aku. huh. nasib!

  7. Huaaa.. ini salah satu komik terbagus sepanjang masa :D Ngga sabar neeh nunggu kelanjutannya.. Pengen ngeliat Maya-Masumi jadian in the end, hehehe.. asli dhe kalo terakhirnya Maya jadian ma Koji, rasanya nih buku pengen gua buang ajee :p

  8. uwie says:

    akhirnya penantian gw selama hampir 10 thn berakhir dengan hati yang bahagia karena finally ada jg sambungan komik topeng kaca yang pernah terbawa sampai mimpi2. Tapi gw blm mendapatkan komik itu apa ada yang bisa bantu ato mengirimkan nanti gw ganti ongkos kirimnya.

  9. lokasi kamu dimana sekarang Wi? silakan mampir ke halaman “Knots” diatas. ada beberapa link untuk toko buku Indonesia disana, kamu boleh komunikasi langsung dengan mereka :) cheers.

  10. duh, aku juga seneng banget sama komik topeng kaca ini, cuman telat taunya… pas tau tuh udah SMA kelas 2 dimana udah ada beberapa seri nya yang terbit. kalo pengen beli buku2 serial topeng kaca dari awalnya kira2 dimana ya?? mungkin udah telat banget ya, tapi komik ini ceritanya “dalem” banget deh, beda banget.. sampe sekarang pun gw juga masih suka sama komik ini.. ampyuunnnn… tolong ya dikasi tau ke alamat e-mail ini : nova.johana@gta-travel.com … thanks before :) cheers

  11. trimbila says:

    reygreena,
    aku juga pengen punya kelanjutan buku topeng kaca ini, aku baca dri jaman kuliah dulu, bela belain ngetem di tempat rental komik, dipinjem semua, udah gitu rebutan bacanya ma temen temen, biar kata besok paginya ujian tetep deh begadang baca komik hihihihi, full story nih, malah curhat :P

    jadi maksud ku, aku udah nyari nyari gak ada, dimana bisa dapetnya kabarin yaaaa, tengkyu banget

  12. Ika says:

    wuahhh.. beneran ada ya kelanjutannya. tapi aku udah nyari juga kok susah ya. Bisa kasih tau ga dapetin nya dimana???
    please donk.. beneran penasaran sama endingnya nih.. akhirnya siapa yg bisa dapetin peran bidadari merah.. trus maya akhirnya jadi ga sama mayumi. penasaran nehhh.. hikss.. ;(

  13. Ika says:

    Dear Reygreena,

    aku dah coba buka link yg ada di knots. tapi ga katemu juga deh.
    need ur advice nih.

    tengkiuu..

  14. julinta says:

    udah ampe ke ujung dunia pengen tahu akhir dari bidadari merah
    bisa nggak kasih tau cara ngedapetin bukunya yang terakhir
    padahal udah ampe emailin penulisnya loh
    tapi gak dibales…plis yah help me out!!
    gue juga penasaran kaya ika

  15. >Nova, Trimbila, Ika & Julinta (borongan gpp yah)
    sebelumnya makasih banget udah mampir sini loh. untuk komik ini, posisi aku juga sama seperti kalian menanti-nanti yang tak kunjung tiba hehe… asli! aku juga penasaran.
    bagi yang sedang mencari atau berniat mengumpulkan komiknya dari awal, harus rajin ke pasar loak atau bursa buku. setau aku belum diterbitkan lagi tuh. atau mungkin milis ini bisa membantu: milis-komik@news.gramedia-majalah.com. atau kalau mau repot, kirim petisi aja ke Elex Media minta untuk diterbitkan lagi, gimana?
    bagi yang (sekadar) kepingin tau ending-nya bagaimana, nonton VCD-nya aja. silakan cari di http://www.doramalover.com. kalau aku pribadi, ending-nya harus lewat komik. udah 10 tahun sabar nunggu kok, nambah dikit lagi ga ada bedanya ;)
    ok, good luck hunting-nya yah! jangan sungkan mampir lagi ^_^

  16. ajeng says:

    Hai regreena ;)
    Cerita banyak, ga papa ya. tapi maaf sebelumnya. Karena aku lagi pengeen banget curhat.Suatu hari, karena bengong ga da kerjaan, aku ngaduk-ngaduk komik2 kakakku yang udah lupek2 dan udah ga dipajang lagi di rak peminjaman buku (kakakku buka rental komik).Setelah mulai bosen karena dah ga da lagi buku menarik(saat itu), akhirnya aku coba-coba baca Topeng Kaca lupek.Dan disitu ada 36 seri.Meski mulai dr seri 2, ternyata ceritanya tetap menarik. dan saat itu, aku merasa benar-benar menemukan harta karun. ini adalah cerita komik yang paling bagus yang pernah aku baca. Penggarapan cerita yang detil,menarik dan hidup serasa nonton pentas, bikin ngakak2,nangis2, romantis, terharu,deg-degan,gambar yang luwes( meski Masumi nya kadang terlihat jelek;(, pokoknya hebat deh. dan saat ini aku bener2 jatuh cinta ma buku ini.
    Buku ini ngingetin banyak tentang dunia indah yang barusan aku tinggalin karena emang harus lulus kuliah, dan pulang kampung. Aku suka banget nonton pementasan teater, tari dan aktivitas budaya. Dan buku ini bikin aku sedikit ragu, mengapa aku tidak berani nempuh dunia panggung dengan berani. Meski aku bukan aktor teater, tapi aku seneng banget jadi menejer pertunjukan. Yah meski cuma di tingkat kampus aja.tapi paling nggak kalo mau sih, bisa aja pindah ke teater komersiil, magang ke teater Koma atau teater terkenal lain, gitu. tapi aku gak berani.eh iya, aku kuliah di Solo dgn kondisi kota yg aktivitas seninya lumayan tinggi dan terkadang kedatangan grup internasional.
    Dan sekarang aku juga patah hati nih.Kenapa ya Suzue.M ga nglanjutin komik ini? Ya barusan sih aku lihat, dia emang aktif di organisasi spiritual ya. Kenapa gak langsung bikin 3 seri lagi tapi langsung tamat ya.
    Di seri 9 ini, aku jadi punya beberapa gambaran arah pemikiran pengarang ke depan. Misalnya, ngeri banget kan,kalo akhir cinta maya masumi jadi kayak kisahnya Bidadari Merah. cinta yang tragis.Tebakan ini aku lihat pada doa bintang jatuh nya maya yang minta terkabul, sementara masumi berdoa bahwa keinginannya ga akan terkabul (Bidadari Merah 8).Atau bisa aja cinta tragis ini emang sebuah kutukan bagi pemeran Bidadari M.atau bisa juga karena buah karma Direktur Masumi yang halallin banyak cara untuk sukses, terus dikarmakan kepada sang anak.
    Tapi kalo hepi ending sih, bisa aja pengarang pengen ngasih pesen bahwa cinta yang kuat, akan tetep bersatu, dan ditunjukin lewat nasehat Mayuko pd Maya bahwa kita harus bisa buka jalan untuk nentuin nasib sendiri. memperjuangkan cinta kita.Ahh, ….
    Aduh, pokoknya sedih deh pas baca buku 9 ini.hati jadi ikut sakit liat kondisi maya seperti itu.
    Eh udah ah.Maaf banget ya reygreena. Mungkin gak sopan banget ya, masak malah curhat gini banyaknya.thanks buanget udah jadi telinga buat aku yang lagi patah hati.(hi.hiii..eh, uhuk.uhuk…) Kalo emang kebayakan, boleh kok Reply ku di buang. yang penting, kamu udah baik banget jadi telingaku.God bless U

  17. Nurul says:

    klo adainfo terbaru tentang ni komik… kabar2in ya… Gatel banget nih nunggunya…(garukaja kali..) untung baru mulai baca serius nih buku… waktu kuliah…
    Soalnya semasa SMPdulu (waktu lagi seru2nya nih komik) aq cuma baca sepintas aja…
    Tapi suer deh…
    nih komik paling bkualitas…
    natural… banget…
    -alyts_me@yahoo.com

  18. dede says:

    wah ternyata banyak ya penggemar topeng kaca…aku juga suka banget komik ini…kabarin ya kalo ada lagi….

  19. jumiaty kesuma says:

    saya suka ceritanya tapi saya mau tanya apa komik bidadari merahnya udah habis, karena vcdnya udah ada akhir ceritanya, itu berdasarkan komiknya atau apa ya. mau koleksi komiknya kira-kira di website mana yang ada jual ya.

  20. rie says:

    topeng kaca??? GILAA ABIZZZZ…gw dah ngulang tuh komik 3 kali dari awal mpe akhir…(40)…yang 41 br satu kali coz baru ja keluar, (setahun lalu)…no 10 mana yaaa…
    dari komik ini, gw jd thu klo maen teater g bsa smbarangan…banyak blajar…akting yang bener n juga cinta (obsesi) seorang masumi hayami…duuuhhhh…ga tahan klo liat mreka b2 (maya $ masumi)…GEMEZZZ!!!!
    klo ditnya ttg gambar sih, jgn tanya, artworknya kurang sippp!!!tapi critanya itu loch…asik bo!!!komik yg g bakal gw lupain sepanjang hdup gw (coz blum keluar lanjutannya mpe skarang)!!!
    gw baca tuh komik smp, skarang kuliah smstr 7, n bru mpe no 41???
    kapan slese????keburu gw punya anak nih!!!!
    eh, ada yang niat bca komik mpe nikah n punya anak???

  21. eh, gw rekomendasi tuk jgan nonton CD nya deh!!!
    bakalan KECEWA BERAT!!!
    si cewek pemeran maya sich…OK lah!!!
    imut2 gtchu..malah terlalu kawaii utk seorang maya!!!
    TAPIIIII…masuminya itu lohhhh!!!!
    AAAARRRRGGGGGHHHHH!!!! ga…ga…ga…plissssd echhh!!!emang sih umur aktornya skitaran masumi(30an) TAPIIIIIIIHHHHH…..SAMA SEKALI G KEREN (merusak image masumi!!!!
    KECEWA_____KECEWA______KECEWA____BERAT!!!!!
    n mnurutQ, endingnya terlalu sederhana untuk cerita sulit n berat kaya komiknya…
    (nb: setahuQ, nih cd dibuat oleh fans topeng kaca, bukan cerita lanjutan dr pengarangnya…so….yahhhh menurutQ, nih crita cd dipaksa happy ending gtchu!!!!)
    tapi klo penasaran, boleh kok nonton!!!!
    silakan!!!
    tpi klo KECEWA, tanggung sendiri…
    nb: gw nyewa nih cd n blum th cara dapetinyya….

  22. i agree with AJENG!!!
    mungkin klo cerita ini happy ending jadi terlalu happy deh!!!
    (thu maksudnya???) jadi kaya cerita SAM X (kenshinnya mati, mungkin klo g mati, crita ini g bakalan berbekas do hati kita)!!!
    but, just wait and see, apakah suzue miuchi punya ending yang lain??? sapa tahu dia punya gebrakan baru!!!! ya g???
    ayo komikkk…keluarlah,,,,CEPAT!!!!!

  23. Indah says:

    Duh… Topeng kaca emang seru banget!
    Gw baca dari SD ampe sekarang dah kerja and mo married, udah baca sampai 3 kali and ga pernah bosen, kemaren libur 1 minggu baca lg dr 1 sampe Bidadari Merah No.9, nyewa di kios buku, kalo dah baca Topeng Kaca gw ga inget makan, ga inget mandi and cuma stuck dirmh, emang Top abis gw suka karakter Masumi and Mayuko Chigusa, tapi be-te pas denger dr yg nyewa buku kalo setelah No.9 kelanjutan Bidadari Merah ga jelas, denger gosipnya pengarangnya udah meninggal (WAHH…. gw bakal penasaran ampe tua neh)

    Trus udah nyewa jg CD-nya…ughhh nyebelin jalur ceritanya banyak yg ga sesuai and gw setuju banget ama opininya Rie, yg jadi Masumi ampunnn ga keren and ga cocok banget, yg jadi Koji juga jelek yg pas cuma Mayuko and Maya…mending ga usah nonton deh

    Ada yg bisa bantu gw ga dapetin buku Topeng Kaca dari 1-42?? gw bersedia bayar soalnya gw mau ngelengkapin koleksi komik gw

  24. nova says:

    kira- kira ada gak ya, kelanjutannya? katanya sih di jepang da kelar tapi kok gak keluar2 ya? jengkel banget….. eh q gak tau pinjem cd-nya dimana? q asal surabaya so plez tell me……… tempat gue bisa pinjem. q jadi penasaran neh:P.

    kalo soal komik mah kamu lebih baik nyewa aja. soalnya untuk komik baru sudah gak produksi lagi. so buruan aja ke persewaan terdekat!!!!

  25. njrit. udah 2007 baru nemu posting ini, baru ngeh klo dah terbit kelanjutannya topeng kaca! doooohhh… gatel pengin berburu neh! gue baca ni komik ampe apal dialog2nya. keren!

    salah satu yg gue suka waktu masumi abis ngajak maya jalan2 ke tempat2 yg dulu biasa dikunjungi masumi waktu kecil. sebelom berpisah, masumi bilang: “terimakasih telah membawaku ke tempat-tempat kenangan”. hehehe, biasa aja sih kata2nya tapi kok mak nyess gitu yah.

  26. ai says:

    hmm, kalo mau punya bukunya topeng kaca secara lengkap, mungkin sekarang agak susah. tapi ini caraku boleh dicoba, yang domisili di sby bole datang ke persewaan buku kecil di jalan mayjen sungkono, di situ ada komik topeng kaca dari topeng kaca 1 sampai bidadari merah 9, trus fotokopi aja. hasilnya bagus banget kok. sayang ada beberapa lembar yang hilang dan sobek sobek. tapi its ok ! :)

  27. ai says:

    kabar terbaru tentang topeng kaca : :)
    dapat dari internet, buku ke 42 !

    Setelah dinanti oleh para penggemar setianya dari sejak remaja sampai keburu jadi nenek-nenek beruban, Topeng Kaca 42 versi asli Jepang (yang entah akan diterjemahkan di Indonesia sebagai Bidadari Merah 9 atau sesuai dengan subjudul bahasa Jepangnya, Kedua Akoya 1), akhirnya terbit…

    Dan inilah penjelasan yang paling pantas menjawab rasa penasaran yang sudah sering ditanyakan teman-teman sampai bosan mendengarnya: “Mengapa sampai sedemikian lama?”…

    Miuchi Suzue mengalami krisis ketuhanan.

    Miuchi Suzue, seorang veteran Mangaka, sudah cukup dikenal dengan cerpen-cerpennya sebelum kemudian di tahun 1975 meluncurkan saga panjang Garasu no Kamen, kisah perjuangan para pemain drama menapak jalan menuju panggung pementasan dibalut ketegangan antara persaingan bisnis dan ketulusan cinta.

    Kelanjutan cerita terkatung-katung pada penggambaran konflik asmara antara Bidadari Merah (semacam perwujudan Kwan-Im /Kannon) dan Isshin sang pemahat (teladan manusia sejati sesuai ajaran Buddha). Singkatnya, lakon ini mengangkat sinkretisme dua ajaran yang sangat berpengaruh dalam keagamaan Jepang, Buddha dan Shinto ke atas panggung.

    Dan masing-masing berusaha berperan sebagai… [Tuhan]…
    dalam segenap perwujudannya…
    [alam semesta raya]… dan [berhala]…

    Sang Pengarang sendiri, mungkin dalam penelitiannya baik di lapangan maupun terhadap bahan-bahan kepustakaan menemukan beberapa pemahaman terhadap agama di negaranya sendiri yang tak dapat diungkapkan melalui lakon-lakon di Topeng Kaca, dan berusaha menyalurkan konsep-konsep tersebut melalui media lain, sehingga terbitlah komik Sci-Fi, Amaterasu (Dewi Matahari), dengan sangaaaat hati-hati mengingat sensitivitas tema religius (buktinya dalam rentang waktu 20 tahun, hanya terbit 4 jilid dan sejilid bangaihen).

    Selain itu, demi memuluskan jalan cerita dan logika yang ingin ia sampaikan, lanjutan Topeng Kaca sejak bab 10, Fuyu no Seiza (episode “Gugus Bintang Musim Dingin”, kalau di Indonesia terbit dalam beberapa judul terakhir “Sejuta Pelangi”) beliau memutuskan untuk menggambar ulang draft komiknya yang sudah pernah dipaksakan terbit mingguan di majalah shojo-manga “Hana-to-yume” era 90-an.
    Dilakukanlah koreksi gambar dan dialog sedikit demi sedikit sampai pada satu titik berubah total juwauuuuuuuuuuh terutama di nomer 41 kemarin, ada adegan a la Tanabata segala.

    Mungkin yang selanjutnya akan bertahan, hanya plot utama:
    Maya sempat kehilangan raison d’etrenya karena perubahan sikap Murasaki no Bara no Hito alias Mawar Jingga (sebenarnya sih, Ungu); Ayumi akan berjuang melawan kebutaan; dan Hayami Masumi mengambil keputusan tak terduga demi kelangsungan pementasan…

    Walhasil, sang tankoubon hanya bisa mengejar waktu setahun sekali, dan tersendat lama karena beberapa kali dirombak oleh sang pengarang, akhirnya terbitlah nomer 40 tahun 1993 dan nomer 41 tahun 1999: rentang 5 tahun! Dalam selang waktu ini, para fans hanya terhibur oleh drama serial tv yomiuri 1997 yang dibintangi si imut Adachi Yumi, dengan didukung alunan OST karya B’z: Calling, dan beberapa jilid video animasi yang terbit menyambut milenium.

    Dan entah karena media komik belum cukup memuaskan misi keagamaan beliau, apalagi prihatin dalam menghadapi berbagai bencana alam, Aum Shinri Kyo, dan segala bentuk krisis kepercayaan yang melanda Jepang, tersebutlah beliau pun mengelola organisasi o-en network.

    Kegiatannya: karyawisata ke situs religius bersejarah, terutama di daerah asal-usul pembentukan Jepang yang berkenaan dengan kultus Amaterasu: Yamato (seputar Isei-Nara Jepang Tenggara), dan tampil dalam berbagai ceramah dan diskusi, dengan tekad menggali dan menampilkan kembali mitos-mitos Jepang Kuno yang menjadi dasar kepercayaan Shinto, mengembalikannya ke dalam desah nafas sehari-hari para murid. Tak lupa beliau juga menciptakan sendiri lagu-lagu puja-puji yang dimainkan oleh seniman-seniman terpilih.

    Kemunculan yang ditunggu-tunggu mungkin mengecewakan, karena berkutat di penampilan lakon tradisional Jepang, sehingga tidak dekat di hati kaum modern. Namun dalam jilid terbaru ini, Sakurakoji mengambil tindakan yang sangat bercirikan “remaja Jepang masa kini” dengan kamera telepon genggam (yang dikecam oleh para fanatik jetlag dengan jilid sebelumnya yang seakan berada di dunia gaib).

    Setidaknya, perubahan dari rensai yang dulu pernah terbit di majalah, cukup signifikan meredam melodrama telenovela berlarut-larut…
    Dan kembali kepada pemahaman ketuhanannya:

    “Apakah kau percaya akan adanya dewa-dewi dan alam gaib?”
    “Tidak…”
    “Tentu saja, karena tak ada satu pun di antara kita, termasuk aku, yang pernah melihatnya. Tapi tugas kalian dalam pentas kali ini adalah, membuat penonton percaya! Tak perlu memaksakan diri untuk percaya, namun ciptakanlah oleh diri kalian sendiri. Itulah gunanya imajinasi. Dengan begitu, keberadaannya di atas panggung bisa punya realita.”

    finish.

    >> bingung & penasaran ya kenapa ayumi bisa buta ? -.-“

  28. terima kasih atas update-nya ai. tapi kok gak dikasih tau sumbernya darimana? link asalnya juga di-share dong ai, biar jelas dan gak disangka plagiat. sekali lagi trims ya atas updatenya :)

  29. Indy says:

    hi guys, gue mau tanya nih … dimana kalo mau cari seri “Topeng Kaca” yang dalam bahasa Inggris? trus seri yang terbaru (Bidadari Merah No.9) apa masih ada di toko buku Gramedia? gimana cara order nya? gue domisilin di Australia. Thanks :)

    Cheers,

    Indy

  30. Hilda says:

    Aduuuh sebeneer – benernya nih topeng kaca adalah komik yang menurut gua paling oke beraaaat… tapi yang bikin sebel adalah nunggu kelanjutannya yang ampun lama banget ini aja gua baru tau kalo udah ada yang nomor 9 bidadari merah dan kayaknya belom ending juga ya.. aduh mau sampe berapa ya tuh komik? masa dari smp sampe sekarang udah kerja belom abis2 juga….
    Kalo misalnya CDnya jelek … harusnya dibikin lagi remakenya dengan pemeran – pemeran yang lebih representatif jadi tidak merusak imajenasi yang timbul dari komiknya.. yagak… masa sih gak ada orang yang bisa dijadiin pemeran yang pantes….

    nah kalo yang ke 10 udah ada belom ya? kan yang nomor 9 kan keluar tahun 2005 sekarang kan udah tahun 2007 udah 2 tahun niiih… harusnya udah ada kelanjutannya duooong.

    Aduh sang pengarang si suzue miuchi itu gak tau apa ya, kalo misalnya bikin orang penasaran itu dosa …he.he.he.

  31. Lee says:

    hm.hm..wel dulu sempet juga seh ada lanjutan seri dari topeng kaca, and ada beberapa yang disertai gambar-gambar yang di scan (kalo gak salah tuh di web nya si Kelly deh)…wow di situ kita bisa liat sepuasnya deh, tapi yah gitu deh…belom juga ending2 walopun sudah diperlihatkan sampai jauh banget. yang bikin penasarannya tuh, kenapa di internet bisa sampai sejauh itu, tapi di indonesia cuman mentok sampai no 9 doank>???!!!

    adegan yang paling seru ketika maya kitajima waktu itu ada di lapangan parkir perusahaan Daito, dan gimana perjuangan masumi melindungi Maya dari pukulan2 penjahat, bo’ gue sampe nangis baca and liat gambarnya. Masumi setelah itu pingsan dengan berlumuran darah, and Maya menggotongnya (well lebih tepat sih memapahnya) ke ruang kerja Masumi. di situ Masumi direbahkan di sofa, dan dengan penuh kasih sayang Maya membersihkan darah yang ada di wajah Masumi. Perasaan Maya waktu itu haru biru, sedih melihat orang terkasih nya (mawar jingga) harus terkapar berlumuran darah demi melindunginya.

    dengan sapu tangannya, Maya membersihkan darah masumi. Tak terasa air mata Maya meleleh di pipi dan jatuh ke wajah Masumi. antara sadar dan tidak sadar, Masumi merasakan ada sepercik Air membasahi wajahnya, dan merasa bahwa ada seseorang yang mencium lembut bibirnya (addduuhhh kenapa seh waktu itu Masumi harus pingsan segala…padahal Maya sudah memberanikan diri mencium Masumi lhoo).

    Momen yang indah and romantis itu tiba-tiba hilang…Shiori tiba-tiba datang(untungnya dia gak liat waktu maya mencium masumi, kalo liattt..wahh..gak bisa dibayangkan deh gimana jadinya). akhirnya Shiori yang merasa ada sesuatu hubungan antara Masumi dan Maya, mengusir Maya. Maya pun pergi..dengan memendam kerinduannya terhadap Masumi.

    setelah Masumi sadar, dia melihat Shiori ada di sampingnya. Ia menanyakan keadaan Maya, di mana Maya (bisa dibanyangkan donk gimana gokielnya si Shiori). lalu dengan kebohongan yang menyebalkan, Shiori mengatakan bahwa Maya dengan tega meninggalkan Masumi tergeletak di parkiran, ia yang memapah Masumi ke ruang kerjanya. (BeTeee gak sehhhh…!!). Masumi akhirnya mengira bahwa semuanya hanya mimpi yang indah, ia bermimpi maya menangis untuknya, membersihkan wajahnya yang berlumuran darahnya, bahkan menciumnya…jadi semuanya hanya mimpi??? batin Masumi.

    tapi…begitu ia beranjak meninggalkan ruang kerjanya, Masumi mendapati Sapu tangan berlumuran darahnya tergeletak di sofa!!! jadi semua ini bukan mimpiiii???!!!! Masumi shock.

  32. Trie says:

    duuuwh, aku lebih parah lagi nih baru nemu web ini skrg:(.. n aku juga blum sempet baca tu komik lagi,sejak aku smp kayanya. skrg lagi pengeeeen banget ngulang baca komik itu lagi,cuma sayang aku gapunya komik itu n mo rental jg gatau tempat rentalan komiknya.lokasi si di jakarta cuma secara anak rantau jadi ga gaul dee hehehe…(eh jadi curhat,maav ya) so kira2 ada yang tau ga ya klo mo berburu komik itu dimana?? penasaran abiiieesss niiiyy…

    lams kenal,
    -Trie-

  33. pOetRy says:

    duUUuuhhh…Ga nyaNGka….CEriTanya keeeEEERRReeeeEEEEnnnnnnnn….
    peNaSaran nEh mo NOntOn SEriaL seLanjUtnya…
    waLOpUn ga PErnaH baCa,Tapi dEnGan nOntOn aJa daH BiSa biKin PenaSaraN…

    ThanKs…
    pOetRy^____________^’

  34. dy says:

    saya 27 th, baca topeng kaca dr saya umur 1o tahun.. sampai sekarang sudah lebih dari seratus kali saya baca ulang.. apakah saya normal?

  35. Dee says:

    aDuUu…h kapan yaaaa…..??? topeng kaca selesai??? udah nunggu ney… lumayan
    pegel juga nunggu akhirnya gemana? tapi…. ayumi kenapa bisa buta ya??? saya
    penggemar topeng kaca dari SD, kira2 umur gwe saat itu 9 taon. sekarang…. udah
    13 tahun jadi penggemar suzue miuchi… btw, ada yang suka dewi matahari juga ga?
    kalo ada yang tau kabarnya kabari gwe ya… :) nasib komik itu sama ama topeng
    kaca. NGEGANTUNG GA JELAS……

  36. Nahdiya says:

    Gw udh tunggun seri yang ke 9 ini lamat banget, dan gw senang bangat pas buku ini terbit. ceritanya makin menarik, dan disini kita bisa liat bagaimana masumi akhirnya menyadari abahwa dia teryata mencintai maya. gw harap mereke bisa bersama, dan gw harap mudah-mudahan seri yang ke 10 cepat diterbitkan.

  37. hi..

    my name is adita
    salam kenal
    aku juga penggemar topeng kaca, bc sjk smp dl kira2 12 thn yg lalu
    skrg udah melewati masa2 tergila2 komik yg dulu sampe nangis2, paatah hati and kebawa mimpi klo hbs bc bidadari merah.
    skr aku krja di papua new guinea
    disini banyak toko second hand yg jual novel murah2 (kira2 5 ribuan satu buku)
    harlequin sih kebanyakan, tp harry potter jg sempat nongol, sayang kagak ada komik coz mgk impor buku dari aussie and new zealand.

  38. andar says:

    waduh iya nich akhirnya terbit juga yg nomor 9
    sama2,aku juga nunggu sejak SLTP sampe skr dah lulus kuliah
    btw akhirnya gmn nich?
    dah setahun lebih g keluar2 lanjutan no.9 nya…
    pingin liat masumi hayami and maya kitajima akhirnya gmn…
    sedih klo liat masumi sama shiori
    sedih liat ayumi yang jadi bidadari merah…

    ada yg tau g lanjutannya gmn

  39. yanti says:

    setuju banget…..Topeng Kaca emang top…
    penasaran banget euy, sudah ber’abad-abad’ menunggu akhirnya keluar jg sambungannya, walaupun belum kelar jugaaaaaa :(
    waktu liat pertama kali mata langsung “ijo”..langsung samber aja tuh dari rak buku toko…si penjaga tokonya rada heran jg n nanya..”emang bisa bacanya mbaa??”..olala ternyata si topeng kaca dlm edisi setempat..alias dalam huruf n bhs lokal..tapi tetep beli tuuhh…n memaksakan diri “membaca” gambarnya :)
    ho ho ho untung skrng udah punya yg edisi indo

    kalo sdh terbit sambungannya kabar kabari yaaa…makasiii

    p.s
    setuju juga kalo edisi yg terakhir ini gambar n ceritanya rada ‘beda’ (apa penulisnya jg ‘beda’?) tp tetep oke deh

    n reviewnya oke tuh..di update terus yaa.. salam kenal

  40. dhe says:

    WAAAA SEEEETUJUUU banget klu komik ini the best. Btw mau dong web yang ada lanjutan ceritanya……

  41. MaRisHa says:

    Waaaakkkkzzzz…..Maya nyium Masumi…??? MO LIAAATTT…..!!!! Dimana siih, web-nya…uhuhuhu….niy buku bikin orang penasaran…reseee… Tapi katanya klanjutan topeng kaca ada 2 versi ya?? Versi Suzue Miuchi (Yang mungkin…blm ditulis…) and versi orang lain..(Yang jg fans manga ini)….duh versi yang mana juga gpp deh…yg penting pengen liat Masumi sama Maya jadian…heuhuehue…

  42. uca says:

    Hi everyone..

    Me org br-bole gabung ya, btw klo mo say some word bt komik garasu no kamen (klo ngga slh nulis ni jdl asli x) 4-5 taon ll aq prnh iseng cr2 d internet translate2 ni komik, mgkn krn aq ngotot cr eh scr k’betulan jg dpt crt.nx, wlw wkt itu crt.nx dlm btk tulisan2 n sdkt pic aja yg ptg aq tau k’lanjutannx yg emang wkt itu mandek terbit kmk.nx, sm kaya yg d’blg Lee d’atas aq jg dpt terjemahan volume yg itu tp yg ku bc kayanya ampe volume 48’nan gt (klo ngga slh-coz lm jd rd lp jg) jd lbh byk dr yg lee crt.kan (ngga tau Lee bc ampe volume brp maybe sm x ya..). Pokoknx yg terakhir ta bc scene endingnx maya membuang setangkai bunga mawar jingga ke sungai coz mkr ngga bkl bs d’lanjutin jd sm masumi. Dr crt Lee-lanjutannx msh agak panjang n lbh seru lg coz shiori dah tau siapa yg d’sukai masumi n ampe rela mau bunuh diri terjun dr balkon villa masumi d’daerah pantai/tebing-t4 pribadi masumi bgt pokoknx-d’st doi nekat mo loncat klo masumi ngga mutusin hub/contact ama maya lwt masumi sendiri apalagi s’bgai s’mawar jingga. Bahkan d’volume s’blmnx pun shiori rese bgt pas tau klo masumi s’bagai mawar jingga da janji mau ktm ama maya di slh 1 resto hotel. Pdhl d’st mrk sm2 mau br’terus terang gt-waduhhhhh..mlh btl coz masumi dpt tlp klo s’shiori sakit mo bnh-diri-aq ampe kesal bgt bc ni crt! BT berat!..(bt yg udah bc ampe volume ini maaf klo aq crtnx bolak-balik ngga urut coz rd lp).

    Next aq ngga bs kasih alamat terjemahan ini coz kayanx alamat ini dah d’ttp, ngga tau jg wkt aq cr lg dah sulit n susah nemuin. Tp yg pst aq wkt itu smpt buka n print all volumenx-maklum wkt itu blm pny flash, bt print all halaman+ngenetnx hampir 100rb/lbh x ya, utk menghemat aq copi k’disket terjemahannx n gambar2nx yg ta print. Ampe skrg print’nannx ada-n mg2 ngga hilang d t4 penyimpananku-maklum dah lm ngga bk lg kotaknx, nah kalo disket yg aq rd lp d’mn wlw s’bagian dah ta save k komput ku. Wkt tau ni crt aq lgsg ksh tau tmn2 yg ngefans ni crt ampe bg alamat webnx-klo skrg ngga tau jg msh bs d’temuin lg ngga, tp aq dah pernah cb bk tp ngga bs lagi pdhl aq berharap yg terjemahin mau share lanjutannx-hik hik..,ntar klo ktm alamat webnx lg ta ksh tau dech.

    Bout crtnx d film emang rd beda maybe krn pemerannx yg ngga bs memunculkan efek2 kaya yg qt pkr klo bc komiknx-itu aja sich s’bnrnx yg bt filmnx jd agak2 ngga nyambung ama versi bukunx. Yub filmnx bs u beli d doramalover-bt yg mau emang hrs jd member dl coz cr pemesanannx beda ama yg biasa klo shoping lwt net.

    Ok ampe sn dl s’kls infonx yg rd ribet k’panjangan, nice sharing/talk2 bout ni komik sm kalian semua..Cu

    Nb: klo da info2 br lanjutan komiknx tlg aq jg d’sempatin ksh tau ya,emai aja ke: uca_147@yahoo.com. Thx b4

  43. eri says:

    Duh ni komik ga takut dosa ape, bikin org penasaran teruzz…Padahal udah ada beberapa org yg ngeliat di Internet tapi tetep gantung juga. Pyuh capek deehh…Tapi jujur Gw salut bgt nih sama pengarang komik, ko bisa2nya menciptakan komik sebagyus ini…O iya Uca (sori kalo sksd) mau dunnkksss printnnannya atau disketnya, yg mana aja gpp deh daripada nunggu ampe bulukan…hihi…

  44. aduh emang dah lama kali aku tunggu ni bidadari merah. kalo gak salah dulu aku nemu ni komik di bandung, pas tahun terakhir aku di hogwarts hehehe. Trus setelah itu gak da kelanjutannya lagi. Pas aku dengar kalo suzue miuchi dah meninggal aku putus asa, gak bakalan selesai nih persaingan maya dan ayumi. entah berapa tahun aku nunggu tapi kira – kira sapa yang nglanjutin ya????????????????

  45. rhany says:

    duh… bwt sapa aj yang dah tw soal keberadaan topeng kaca 9, please… kasih bocoran duonk…

    suerrrrr beneran aku dah nunggu komik tu dr sejak aku masih di kelas 3 smp.

    n skr aku dah tingkat akhir kuliah..tp gpp dech pe kapanpun aku tunggu …

  46. Duh senengnya bisa tau banyak yang menanti2 topeng kaca juga kayak diriku..:)

    Waktu iseng2 jalan ke gramedia, and lihat ada Bidadari Merah 9 wah hatiku langsung berbunga-bunga, pengen teriak tuh “HAH nih serial ternyata masih ada lanjutannyaa… FINALLYY..”, rasanya ingin jingkrak2 tapi untungnya gak sampai gitu (malu kalee..)hehehe

    But kecewa ternyata bukan endingnya, malah kalo baca buku ke 9 itu kayaknya sih masih panjang kisahnya.. bener2 penantian seumur hidup, 3 buku favoritku topeng kaca, conan and harry potter belom ada satupun yang tamat..(harpot tapi dipastikan ada endingnya, syukurlah..hehehe)

    Tentang serial tv-nya (sampe dibela2in beli), sama deh commentnya, maya and ayumi-nya asyik tapi Masumi and Koji-nya engga bangettt..tetep buat aku komiknya yang paling OKE

    Kalo ditanya kenapa suka banget Topeng kaca..(best komik deh buat aku), karena Suzue miuchi tuh bener2 hebat dalam menggambarkan kisah2 drama teaternya.. sampe2 aku percaya kalo “Bidadari Merah” tuh mang bener2 masterpiece, sebuah drama paling HEBAT yang pernah ada hehehe…

    Dan seperti penggemar topeng kaca lainnya.. ‘aku akan tetap menanti komik ini sampai ending..’

  47. deasi says:

    wwwwoooooooooowwwwwww………aku gak nyangka banget ternyata banyak banget yang suka topeng kaca. aku seneng banget deh..karena ada teman cerita tentang komik. karena jaman sekarang banyak yang keluar komik2 baru jadi komik lama ditinggalin deh. aku seneng banget ma cerita topeng kaca ini.aku bacanya dari rental komik loh namanya edelweis.tuh rental lengkap banget deh.dari awal yang judulnya topeng kaca,bayang2 jingga,syair lidah api,and bidadari merah aku dah baca semua.keren banget deh.eh btw yang ke-10 dah ada blom????klo ada kasi tau aku yah

  48. deasi says:

    eh…ada gak yang mo jual komik ke aku yang bekas???klo ada kasi tau aku dong…aku pengen beli nih buku2 lama tapi gak dapet.beli di pasar buku gak ada lagi.capek deh

  49. kresna says:

    jadi penasaran nih, ce gw juga selalu aja ngomongin nih komik, kalo ada yang punya vcdnya boleh dong copy

  50. wiwid says:

    ya nih….q jga demen banget…abis-abisan deh ama ni komik….udah dari dulu ngebaca….rental…mulai gw sd ..eh taunya pas pengen tau lanjutannya ni komik gada muncul sama skali….cepetan dong…..ga sabar nih pengen tau klanjutannnya….

  51. Yiyie says:

    Waaaahhhh senangnya banyak penggemar topeng kaca,,,,, gila niy komik bikin penasaran,,,thanx ya rey dah kasih inform,,,,sampe sekarang gw blm lengkap niy dapetin seri2 komiknya. gw sering bolak balik toko2 buku bekas, tapi mang dasarnya susah banget. gw sampe nyari ke bandung,,,thanx god gw nemu, yaaa lumayan untuk ngelengkapin serinya. untuk topeng kaca yg baru ini bisa didapetin dimana ya? apa di gramedia ada? soalnya gw ga pernah liat dipejeng di rak2 buku gramedia or gunung agung. Bisa kasih tahu ga rey,,,,thx ya,,,,

  52. > yieyie
    aku dibeliin nyokap di gramedia yie, belinya udah 2 tahun lalu sih. nggak tau sekarang masih ada ato enggak. kamu coba telp penerbit deh (lihat buku telpon ato tanya 108 :p ) tanya stok masih ada gak…

  53. gw balik lagi yah.. abis kemaren iseng2 liat buku2 bekas di delta plaza-nya surabaya.. trus tanya ada topeng kaca gak.. ternyata ada yang ‘syair lidah api’.. wah langsung kubeli tuh.. lengkap lagi duh senengnya… dulu kagak bermodal sih baca topeng kacanya–> dari nyewa di rental :D

    Kresna –> ku ada vcd-nya tapi gmn u mau copynya.. gimana kalo u search aja di youtube.. ada kok kayaknya :D

  54. Biadadari Merah 9… kok belom ngeliat penampakannya yaa??

    *penasaran mode on.. coz dari kelas 1 SMU belom ada lanjutannya* berarti sekitar 7 taon yang lalu..

  55. Janie says:

    Wah…. SAmpai saat ini gua masih maniak Topeng Kaca.Buku yang sudah dibaca bisa diulang berulang kali. Bahkan belakangan ini w baru tau kalo teman sekantoran (dulu bacanya bareng teman sekolahan) juga maniak buku yang satu ini. Bahkan kami bacanya rame-rame pas waktu istirahat.
    Topik pembicaraan yang sehari – harinya lebih dewasa berubah menjadi cerita bagaimana kisah Maya dengan Ayumi ataupun kisah cintanya yang rumit antara Masumi n Koji.

    Yang bikin kami penasaran, bagaimana nasibnya Shiori kalau Masumi (Mawar Jingga) jadian sama Maya?

    Gress.. dhe!Bagaimanapun akhir kisahnya sangat dinantikan kami semua…
    Yes… Maya !

  56. friska says:

    gue pengen banget komik bidadari merah nomor 9. gimana sih cara ngedapatin nya?? beli dimana ya??

  57. rini says:

    mau tanya dunkz …
    setelah topeng kaca seri bidadari merah yang ke -9 apa ada kelanjutannya lagi ??
    karena di buku ke-9 ini ceritanya masih continue kan…. kl ada kabar tentang lanjutan buku ini tolong kabari yah…pleaseeeee……
    and thanks yah

  58. esti says:

    topeng kaca OK bgt? Ow……setuju!!!!!!!!!!!!!! q dah mulai baca waktu aq SMP(thn 1996). sempet sebel sih gara-gara lanjutane g keluar-keluar, dan ternyata tu terulang setelah seri bidadari merah yang ke-9. Dah lama ku tunggu lanjutane tapi g terbit juga. kalo da info bidadari merah terbaru, kabari aq ya?!! thenkQ :)

  59. kero_cute says:

    ada informasi kapan bidadari merah 10 muncul?
    pnasaran abiez niy..ktnya ayumi buta yah?

  60. cHi says:

    haiii guysss!! gw juga suka bgd sama komik ni.
    gw baca dari kelas 3 SD(komik pertama yg gw baca)
    skrg gw udah kelaa 2 SMA.. dan gw masih penasaran.
    gw pgn bgd baca lanjutannya. Sayangnya di rentalan komik di kota gw udaah gaak adaa,hikzz!!!
    hub gw yah!! 085224447247. (jangan diisengin loh,hehehe..)

  61. dina says:

    hey,, bisa tolongin gue nggak?? cari koleksi topeng kaca yang lengkap di mana yah??? thx be4

  62. astryd says:

    SIAPA YANG JUAL TOPENG KACA???? GW SIAP BELI …

    Gw ngefans bgt ama komik ini dr 9 taun yg lalu … tp gw gk pernah beli komiknya, satu2nya yg gw punya cuma yg terakhir no 42 … itu jg ketinggalan di Indonesia …

    Jadi, siapa pun yg punya komiknya lengkap atau gak, gw bersedia membeli … dengan harga yg pantaslah …

    Anyone interested? contact me : avhya@yahoo.com

  63. tEti_nich says:

    Gw ga pernah nyangka lihat nich komik pas lagi di Gramed. LANGSUNG JA GW AMBIL. da lama gw tunggu2in sich. dari sd sampai sekarang gw kuliah(belum genap 1 tahun), klo baca komik Topeng Kaca, gw ga pernah beli. selalu pinjam. mo dari orang kek, dari perpus dekat sd gw dulu, tau pa’lah,… coz susah bgt dapatnya. gw kan selalu tunggu no.10.
    bilang2 klo no.10 da terbit yach?!!!!!!!!!!!!!!

    kontak gw di leli08_houze@yahoo.co.id

    ok?

    ;D

  64. Gua salah satu penggemar berat topeng kaca. Awalnya gua tau komik ini pas sma. trus ketagihan wkt kuliah. Nah berhubung gua blom punya duit banyak jadi ya belinya gak teratur. Kbnykn nyewa di rental atau baca di gramedia pas tiap buku barunya keluar. Hehehe.
    Tp sekrg nyesel nih. topeng kaca ini ud jadi barang yg sgt langka. Mestinya penerbit gramedia tau lah hal kyk gini. Knp gak dicetak ulang aja lagi. Ud pasti laku.
    Gua sih juga lagi berburu nih buku. Tp ya dgn harga make sense lah…..If u guys have any…please, please contact my email address…

  65. cHa2 says:

    Minnasan,,,konnichiwa! n_n

    G dalah penggemar topeng kaca,,g dah baca komik itu dr g kecil.
    Klo ga salah ud dai paz g SD dech.
    Komik Topeng kaca ini bener komik yang ga ada tadingannya buat g. Mulai dari cerita gambar sampe smua2nya dech.
    Biasa komik jaman sekarang itu,,mang sech cantik2 tp smua 1 muka (tinggal d ganti mimik, rambut, n baju doank)
    Tapi klo topeng kaca beda,,smua punya karakter masing2.
    Pokoknya Topeng kaca is the best.
    Sugoi Suzue Miuchi!! n_n

  66. ita says:

    Salam kenal……

    ternyata tidak hanya aku saja toh penggemar “Topeng Kaca”……
    saya langsung jatuh cinta dengan karakter Maya pas pertama kali saya baca komik itu lalu saya beli dan mengkoleksi buku itu sampai jilid terakhir yang terbit, memang lamaaaa…..sekali jarak terbit buku no.41 ke bidadari 9, dan sekarang pun tidak muncul lagi sebel……
    tapi yang paling menyakitkan adalah koleksi komik saya dari SMP hanyut dan hancur karna banjir tahun 2007 ini termasuk TOpeng kaca, sedih……ada yang tahu dimana saya dapatkan buku itu lagi, karna di gramedia sudah tidak ada…………

  67. Indy says:

    hi guys, gue mau tanya nih … dimana kalo mau cari seri “Topeng Kaca” yang dalam bahasa Inggris? trus seri yang terbaru (Bidadari Merah No.9) apa masih ada di toko buku Gramedia? gimana cara order nya? gue domisilin di Australia. Thanks

    Cheers,

    Indy

  68. fie says:

    lam knal smuanya…..
    gila tnyata bnyak juga yach yang ngfans topeng kaca…..gw aza maniak bgt n pgn bgt klw masumi jadian ma shiori he,,,he gak lah pasti ma maya lohhh

    love maya…asli gw pgn bgt klw maya hidup bhagiaaaa

  69. Yulia says:

    Hi…Wahhh saya kira udah ga ada kelanjutannya…Duh,jd ketinggalan buku ke-9 Topeng Kaca nih…. :( Kira2 masih ada ga yah?Kok Saya cari di Gramedia Banjarmasin ga ada ya??Kalau ada yg bisa bantu carikan buku nya???
    Oia,selama ini saya mengikuti Topeng Kaca sejak tidak terbit dr internet,tp sekarang lupa web site nya.Terakhir baca Shiori nya mau bunuh diri,trus…apa yah???Duh kok lupa?!Saya kaget baca ringkasan Topeng Kaca 9 dr Boe kok sepertinya ceritanya beda ya???
    Mohon bantuan teman2 kalau ada yang tau web site cerita Topeng Kaca internet.
    Thanks yah!!!!!!!!!!!!

  70. jojo says:

    tx 2 reygreena aq jd tau bahwa aq bukan satu-satunya orang yang nelangsa setengah mati nunggu kelanjutan topeng kaca ;p
    suzue miuchi really made a wold class manga!!!
    please buat pihak2 yg berotoritas terbitin lanjutannya dunk!!!

  71. effi.chang@yahoo.com says:

    nyesel banget…… punya online internet dari april baru buka gini hari nyari info bidadari merah…. please dong yang punya info toko mana ya yang masih ada stoknya tau yang udahp unya foto copy juga enggak apa apa deh ganti ongkos 2x juga rela… tapi boleh enggak ya sama gramedia entar jadi bajakan lagi takuuuuuuut. aku setuju kalo gramedia cetak lagi……..

  72. srie says:

    Waooo…waoooo… :)
    baru tau neh ternyata ada forum bt para topeng kaca fans nimbrung!!
    iya neh kapan ya komiknya dicetak ulang???
    samam2 do’a gih!!atau yang punya relasi sama para penerbit, coba dong diusulin.mau neh koleksi..abisnya gak seperti komik2 yang laen, selesai baca ya udah!!tapi klu bt topeng kaca,diulang berapa kali pun tak ada yang namanya bosan…bagi yang dah dapat solusi hub kita2 ya…

  73. effi.chang@yahoo.com says:

    sampai sekarang msh gue simpen tuh komik kira mulai rajin beli tahun 92 sampai terakhir enggk keluar lagi ih gemes deh… kira kira kalo mau hunting di mana ya yang masih jual….? baru semalem gue baca ulang bidadari merah dari 1 sampai 8 paling favorit serie 4 gimana saudara saudara…/ setuju sama aqu…?

  74. effi.chang@yahoo.com says:

    kalo memang ada vcdnya apalagi bukan animasi alias yang main adalah artis artis jepang juga , gawat kalo sampe masuk indo. takutnya di jiplak habis, kayak one litre of tears ( jadi “buku harian nayla”), meteor garden ( jadi “siapa takut jatuh cinta” ) dan masih banyak lagi. kebeyang gak sih kalo tokoh tokoh dalam komik itu jadi sinetron di tv indo….( ca pe…deh…..)

  75. handa says:

    Topeng kaca, favorit aku banget pokoknya nih komik tooooooooooooooooop deh, iya sama aku juga penasaran ama bidadari merah 10,pengen banget lihat reaksi masumi ngelihat photo photo mesra koji ama maya, dan kira-kira apa ya kata masumi. Mereka tuh sama sama saling jatuh cinta tapi nggak diungkapkan. Kalau ada info terbaru tentang topeng kaca please contact me ya! thanks…………………..

  76. waty_RX says:

    wuiihhh….. ini yang maniax topeng kaca ampun ampun dech. disamarinda yang stok lama masih kucel banyak sich, makanya biar telat tapi pasti sempet baca. nunggu cerita terbarunya aseli bikin meradang dan penasaran. tuch PT. elex udah ngoper ke gramedia samarinda belon yaaa….?? udah ngubek-ngubek belon ketemu juga komik versi terbarunya. aku aza sampe dapetin koleksi komik (separo baru dan separo edisi pertama aseli dari nodong dan ngancem pemilik taman bacaan). jadi terinspirasi berat ama MaYa…. terus apdet impo topeng kaca ya….

  77. fie-oshin says:

    hiii
    gw mo tanya? da ada yg pernah pesen VCD dramanya topeng kaca gak???
    gw pgn pesen melalui doramalover,but takut gak di kirim abiz gak ad no HP or tlp yg dpt di hubung!! PLZ yah bantu gw THX

  78. Ocha says:

    Wah…bidadari merah…kalo ngebahas tentang komik ini ocha serasa balik ke masa-masa remaja deh (duile berasa dah tua banget nih)..seperti lagunya padi ” menanti sebuah jawaban”. terakhir baca di e-net tentang Ayumi yang udah buta and Shiori yang ngaku2 nolongin masumi..nomer berapa tuh yah……Sampe sekarang bukunya tetep aja nggak dapet2…ada refrensi ??

    Thank U…………………………..

  79. Halo teman-teman :) Just info: weekend kemarin aku liat komik Topeng Kaca versi bhs mandarin lagi diskon 50% di Kinokuniya Pls Senayan. Sapa tau ada yang minat gitu :) Cheers.

  80. fie-oshin says:

    to reygreena
    Topeng kaca Versi mandarinnya lengkap gak?
    Gimana seee cara dapatin buku itu?
    Plz help me?????

  81. kalo lengkap ato enggak silakan mampir ke kinokuniya yah, aku gak liat secara detail. yang pasti sih no.42 ini ada. kinokuniya ada di plasa senayan, pondok indah mall sama plasa indonesia, semua di jakarta (aku gak tau kamu lokasi di jakarta ato bukan). bisa order/indent kalo lewat cabang pdk indah sama plasa indonesia. ok?

  82. erny says:

    waduu.. this is so surprising me!!!
    Sekali g search ttg topeng kaca, betapa banyak yg juga penasaran…Hikss..

    Moga2 lanjutan komik ini terus ada deh ya, soalnya g ga mo mati penasaran karena komik ini ga tamat2.
    But, g setuju neh (walau g baru baca buku neh wkt g SMP sekitar thn 2000an) kalo bidadari merah yg ke-9 neh ada bny bgt perubahan, kok tech nya ikutan maju bgt ya? Dari surat2an n kamera biasa jadi sms n camera hp. Hahaha..it was make me laugh!!
    N juga, gbr nya kaya nya agak berbeda deh… And g juga ampe saat ini masih bingung, actually, suzue masih hidup??

  83. Tadinya gue pikir ni komik cewek banget, tapi pas iseng gak ada kerjaan gue baca. Eh malah gue yang ketagihan. Ceritanya keen banget, hidup dan banyak pembelajaran yang bisa di ambil. Menurut kalian klo nih komik di filmkan versi indonesianya siapa ya yg cocok jadi mayakitajima? Kalo untuk peran bu Mayuko sih aku langsung dengan pasti yang paling cocok ya Christina hakim!

  84. fia-oshin says:

    topeng kaca itu the best banget…
    BTW lo2 suka cerita yang no. berapa????
    kalo gw tu suka banget pas masumi ngejemput maya di lembah plum,,,da gitu meluk maya…berdua…RomAntiZZZZ banget gak seee????
    coba waKtu itu Masumi Nyatainnnn….
    oia kalo FilMnya endingnya gMn kasih tau gw Dong!!!!!

  85. tidie says:

    aduuh kayaknya aku terlambat ngisi coment deh, tapi gak apa-apa kan! di seri 9 ini udah sedikit ada perubahan jaman yang terlihat yaitu adanya penggunaan hp kamera yang dikomik sebelumnya gaka ada. udah mulai canggih. ceritanya semakin seru en jadi gak sabar nunggu kelanjutannya kira-kira kapan ya terbit nomor 10nya?

  86. duh…. baru aja nemu tulisan ini setelah searching2 di google.. mendadak kangen ama topeng kaca..
    tahun 2005 kayaknya saya masih di sgp, jadi gak mratiin gramedia
    kira2 masih ada ga ya mbak topeng kaca vol 42 ini
    hiks
    penasaran

  87. vivi says:

    aduh, kayaknya gw jd yang plg telat d.buat yang punya bidadari merah 9 (2005) kelebihan stock,gw mau donk, ato kasi petunjuk belinya dimana yang masih ada. gw di pontianak. dari SMP sampe udah merit gw ngikutin komik ini. terakhir yg gw baca pas masumi tunangan ama shiori. Kok di t4 gw gak ada ya 2005 keluar kelanjutannya??? Plz bgt dech buat yang tau dimana nyari yang nomer 9. emailin gw di dd_luma@plasa.com. tq

  88. Lydia says:

    huaaaa…dulu udah pernah baca tu topeng kaca, terus pas banget kemaren ini temenku bilang dia punya serinya lengkap….ternyata memeng lengkap kecuali bidadari merah no.8…hikz…jadi baru baca mpe no.7 deh….

    Ada yang tau ga ya dimana bisa dapetin no.8 n no.9..?
    Kasih tau doooonk…helpppp…..T_____T

    yang no.9 udah terbit aja aku ga tau…siapa yang uda baca???beli dimana? koq aku ga pernah liat ya???
    penasaran banget nih soalnya….

    kalo ga tau lokasi tempat belinya, yang uda baca tolong ceritain donk disiniiiii…..pleaseeeeee…..

  89. Lydia says:

    Seri favorit gw : Bidadari merah 4!!!!
    Wahhh…keren banget tuh Maya n Masuminyaaaa….hehe
    aduh, tolong donnnnk….ada yang tau tempat beli no. 8 n 9 ga?hikz….gw di jakarta sih…..

  90. fie-oshin says:

    to lydia
    wahh asik dong da baca ampe lengkap…
    gw aza loncat2..gw punya seh yang no 8 klw 9 blum ada tuh…btw bisa pinjam2an dong…mang kamu domisili jakrta mana?…gw di jak-ut tapi gw kerja di luar kota sichh…

  91. fie-oshin says:

    to reygreena
    eh da nonton seri drama topeng kaca?

    pnasaran ma ENDINGnya neh…bisa di ceritain gak??? plzzzz….

    thx

  92. komank says:

    mauuuuuuuuu…..aku udah nunggu lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget serial yg ke 9,10,dst,,,hikshikshikshiks ngumpulinnya juga penuh pengorbanan n luuuuaaaaamaaaaaaa buuuuuaaaanggeeeeeeet,,harus ke loakan,trus cari informasi kesana-sini.ow iya,emanknya dah terbit yaw?tolong duonkz informasi harga n tempat belinya,pliiiisss.aku ma kakakku nunggu luaaaamaaa bgt….tolong yaaaa ^_^

  93. widya says:

    aduuuuuuu…..
    ktingln..ktingln ny…
    blum liat pa lg bca topeng kaca yg k9,,hix..hix..

    sypa yg pnya komik topeng kaca yg kbrp aj…
    klo djual,,akuuuuuuuuuuuu beliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii…..
    huwaaaaaaaaa…..
    tolong” y..

  94. eMm@ says:

    aLloW,…..
    Mmmm………..
    gW juGa mauuuuuuuuuuuuuuu buuuuaaaaaannnnngggggggggggeeeeeeeeeeeeeeeeeettttttttt dunnnnnnx……………. TopenG kAca yang seri t’akhiR banget ntuch……….’dah ga sabaRrrrrrrrrrrrrrrrr nie…… ToloNg banGet yaa.a…………..hikshikshiks…….937x!!!!!!!!
    ‘dah gmn yaa khabar na si-Masumi ntuch…!!!cemoGa Maya+Masumi jadiaN.coz,…co”k banget tuch…mana chemistry-na kuaT banGet lage both of them……
    MMMMMMMmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm……….TOLONG YACH………PLIZE……….!!!!!!!!!!!!!! kalo biza tolong emaiL gW dunx…
    di: just_dwayweare@yahoo.com
    dengan: eMma
    buaT teman” yg TaU oR punyA seRi t’akhiR-na…..plize yaa plize…….ThaNx b4 n Gbu all

  95. Kat says:

    hi guys…
    gw jg fans beraaaaaatttt ama serial topeng kaca ini,
    gw baca dari sejak smp ampe sekarang g da mo merit blm jg baca endingnya… ampunnn d penasaran abizzz nih.. T_T
    ampe kirim email ke suzue miuchi tp gak ada jawaban tuh..

    eh iya dulu g sempet beli versi cdnya di doramalover and ceritanya tamat, tp mnrt g ga seru d filmnya, habis rasanya para pemerannya gak pas…imej g ttg kemampuan akting maya yg luar biasa kok rasanya gak tergambarkan di filmnya ya… ughhh.. pokoknya beda bgt, mnrt gw versi komik is the best!!!! so guys, pls info dong kl dgr kelanjutan komiknya dah terbit… terakhir gw baca yg si maya selesai latihan bidadari merah dari lembah plum trs balik ke kota u ketemu ama masumi n nyatain cintanya, tapii yg dy temuin malah pesta pertunangan masumi ama shiori.. ampe maya shock and gelas yg dipegangnya jatuh pecah… itu bidadari no. 8 apa 9 ya? cos g punya komiknya tp longkap2 >_< itupun g uda baca berulang2 gak keitung dah berapa kali… :D :D :D

  96. Kat says:

    alamak… yg terakhir g baca itu ternyata yg no. 8
    no. 9 cari dimana2 gak ketemuu loh… telp ke elex katanya dah ga terbit lagi.. hiks.. T_T
    anyone have the copy please? thanks a lot

  97. fie-oshin says:

    to: kat
    (EH…Ending FilmNya Gmn..KAsih bocoran dong???)

    sedih bgt dechhh!!!!!

    kemarin gw balik ke jakarta ke home gw!!!
    gw pgn baca2 lagi komik2 topeng kaca gw yah lumayan bnyk…tapi kata nyokap gw kemaren kena banjir..huaaaa…gw benci bgt…bt abizzzz

    kemna lg hrs gw cari…beruntung deh komik kalian yang Msh utuhhh…

  98. beberapa link di bawah ini mungkin bisa membantu bagi yang cari-cari buku/komik bekas. jual-beli, pertanyaan, diskusi, komplen dll silakan ke situs yang bersangkutan yah…

    http://omuniuum.blogspot.com
    http://komikbekas.portfoliokita.com
    http://www.bukubagus.com
    http://komiktime.blogspot.com
    http://www.bukudedo.com
    http://nobitacute.blogdrive.com
    http://gudangbuku.multiply.com
    http://www.tokobagus.com/toko/Buku/Novel_komik/4264.html

    atau gabung ke forum dan mailist berikut nih… suka banyak yang jual buku juga :)

    http://www.kutukutubuku.com/bookclubs/
    http://www.kaskus.us
    http://forum.webgaul.com
    pasarbuku-subscribe@yahoogroups.com
    duniabuku-subscribe@yahoogroups.com
    klub-sastra-subscribe@yahoogroups.com

    masih banyak lagi sih, kudu rajin browsing aja deh. aku cuman bagi-bagi info yah, urusan jual-beli diluar tanggung jawab aku. happy hunting!

  99. fie-oshin says:

    ihhh sebel bgt…..
    Masa beli topeng kaca harus ngeluain KOCEK 20RIBU/Bukunya….Emang sih masih Muluz bgt tuh buku…..ada di daerah bandung…

    ada yang berminat????

  100. Pipit says:

    Aduh gw seneng banget nemu forum ini. Gak nyangka ternyata penggemar berat topeng kaca yang udah setengah mati frustasi bukan cuman gw sendiri. Gw ngikutin topeng kaca dari jaman gw kuliah dulu sekitar 15 tahun yg lalu. Kebayang gak gimana frustasinya. Tapi gw gak nyesel sih. Soalnya manga yang satu itu bener-bener bagus banget! Top! The Best! Gw punya hampir semua seri kecuali episode awal yang gak ada. Terakhir yang gw beli Bidadari Merah No.9. Sampe sekarang masih terus frustasi nungguin kelanjutannya. Kemana BM No. 10? Please Suzue Miuchi don’t leave me hanging like this! Please finish Garasu No Kamen with a very happy ending (Maya +Masumi) to atone for its faithful fans!

    Kalo sampe mereka gak jadian….gw takut semua episode yg udah susah2 gw kumpulin bakal gw robek2 n buang ke tong sampah…. Please jangan sampe jadi begitu ya!

    Yang udah pada tau cerita kelanjutan konflik Maya, Mashumi, Shiori pada baca dimana ya???? Please info webnya.

    Ada yang tau gak manga ini dah difilmin ato belum? Versi taiwan ato jepang? VCD yang katanya merusak acara itu judulnya apa ya? Apa bener Mashuminya hancur abis?

    Ditunggu infor lebih lanjut.

  101. asmi says:

    Halo halo…

    Waduh busyet deh, ternyata banyak sekali penggemarnya ya. Iya… kok bidadari merah yang ke 10 belum muncul juga ya? udah puluhan tahun ya.. sampai keriting nih rambut nunggu akhir ceritanya belum tamat-tamat juga.
    Tolong info website komik jepangnya donk. siapa tahu udah tamat disana.
    tolong info ya, please

  102. Susy W says:

    Minggu yg lalu, gw barusan baca ulang Topeng Kaca. Ini komik bener2 memberi inpirasi. Dari komik inilah gw belajar dasar akting sederhana untuk pementasan drama saat perayaan hari Ibu/Natal di grj. Saat bc ulang, gw dah punya anak 2. yg pertama 4 thn, yg kedua, 2 thn.

    Saat pertama kali berkenalan dgn Topeng Kaca dulu, gw bahkan blum punya kekasih. Ahhhhhhkhh……terpikir mgknkah Topeng Kaca yg membantu gw menabur pesona ‘Bidadari Merah’ nya ? krn teringat komentar suami, aktingmu dulu di pentas bikin para cowok jatuh hati……….. ( rahasia temen segank nya dulu ).

    Sekarang gw lg berusaha dapetin Bidadari Merah 9, sama sekali ngak tau kalo thn 2005 ada terbit edisi 42. Mgkn lg sibuk jaga anak……jd kuper.

    perasaan sekarang seperti jatuh cinta yg kedua kali, nafsu makan jd ngak ada, ahhh….moga2 cepet dapetnya…….

  103. stelah skian lm baru ketemu juga ni forum…
    info2 ya ..klo yg ke 10 udah ada…
    kalau ada yg jual tpeng kaca dr awal..mauuu dooonk…
    please please elex..terbitin lagi donk..

  104. ivand says:

    setelah terbit sekian lama, baru skrg gw kesampean baca serial topeng kaca hehe ( dah berapa taon ya?? ) gara2 temen gw yg pny koleksi lengkapnya ogah minjemin wkt gw kuliah dulu gara2 rmhnya sering kebanjiran jadi tuh komik dah nangkring diatas lemarinya sejak jaman dulu kala hehehe. akhirnya setelah gw pny anak 2 baru kesampean niat gw baca tuh komik, itu juga nomornya bolong2 n alergi gw sampe kambuh gara2 debunya hehehe. ada yang mo jual komik topeng kaca bidadari merah no 9 tdk ya???? thx

  105. ivand says:

    setelah terbit sekian lama, baru skrg gw kesampean baca serial topeng kaca hehe ( dah berapa taon ya?? ) gara2 temen gw yg pny koleksi lengkapnya ogah minjemin wkt gw kuliah dulu gara2 rmhnya sering kebanjiran jadi tuh komik dah nangkring diatas lemarinya sejak jaman dulu kala hehehe. akhirnya setelah gw pny anak 2 baru kesampean niat gw baca tuh komik, itu juga nomornya bolong2 n alergi gw sampe kambuh gara2 debunya hehehe. ada yang mo jual komik topeng kaca bidadari merah no 9 tdk ya???? tapi yg no 9 apa asli ya? kok ada pake hp n berperut buncit segala hehehe. soalnya truma liat harry pot2 byk beredar yg versi palsunya. thx

  106. dewi says:

    saya udah baca buku ini sejak SMA, skrg sy baru tahu klo bukunya udah terbit. tapi sy cari2 di gramedia kok udah gak ada yg jual ya ???

    cari dimana ya? :(

  107. > ivand
    asli dong ah… jarak pembuatan komik itu sendiri agak jauh dari yang sebelumnya, beda jaman gitu. pas suzue balik untuk melanjutkan cerita ini, handphone udah beken. perut rada buncit kayaknya karna penurunan kualitas, maklum suzue absen sekitar sepuluh tahun.

    > dewi
    aku cuman bisa nyaranin untuk ke toko buku bekas non. boleh lihat di komen2 diatas, ada link penjual buku/komik bekas yang mungkin bisa membantu :)

  108. RIDA says:

    Tapi yg no.9 ga terlalu mengharukan.sekian lama menunggu ehhhh yg terbit yg zaman modern alias HP sudah mewabah….ga asyik….mending baca ulang lg yg sebelum-belumnya bikin kagak bisa makan n lupa mandi

  109. ternyata banyak yang cinta topeng kaca eperti dirikuhhh, apa bisa kasih info imana saya bisa beli Topeng kaca bidadari merah 9 ya????
    duh itu buku emang bikin penasaran dari tahun 1997 – sekarang ga muncul2 pliz dong bagi2 info

  110. Rina says:

    Hi…senengnya nemu website ini..semua ngebahas Topeng Kaca.
    Saya paling suka buku komik yang satu ini. Pertama baca waktu jaman SMA. Iseng pinjem dr teman. Trus ketagihan sampai sekarang. Menanti lanjutannya yang sangat lama sekali hingga kini saya dah jadi ibu dengan satu putri. Dari sekian lama penantian..heeeee..nongol cuma seri 9, dah dibaca beberapa tahun lalu..sekarang gantung lagi ceritanya…ke 10 kapan ya nongol? klo bisa ditamatin aja kali, biar ga cape nunggu endingnya and klo bisa endingnya harus happy. Biar kita ga bete, soalnya dah kelamaan nunggu. Tull Ga!!!!!
    Btw, kasih informasi kelanjutannya ya???

    Thanks’
    Rina

  111. Hai…aku fans berat komik topeng kaca, sayangnya yang bidadari mereh aku belum baca semuanya. o, iya km tau nggak dimana ya aku bisa dapetin komik topeng kaca dari topeng kaca, sejuta pelangi, syair si lidah api sampai bidadari merah, tapi yang baru loh…bukan yang bekas

  112. fie-oshin says:

    huuuuuuu………..
    bt…bt….

    aku kemarin pesen Di doramalover pesen film glass mask…

    tau gak..fiLMnya ANEHHHH……bgt………..
    GoKil Abiz dah………..

    Aktingmya PAda NgPAZZZ….oh mrusak crIta Aza….

    yah ENdingNya Si MAsumi JAdian juga,,,,Tapi jadi Dipaksa bgt……

    huuu kayanya gw gak pCaya klo itu EnDing Sebenarnya dari npengarang……

  113. cipu rental books says:

    cipu rental books ( comic, novel & much more ! )

    jl.abdul madjid dalam 3 / 35 b
    komplek deplu, cipete, jaksel
    t.f. 021-765 5268

    senin-jumat, 10.00-17.00, Rp500<

    old books ( candy-candy, mari-chan, topeng kaca & lots more !)
    new books ( renew every 1 month ! )
    MORE THAN 700 books !!!

  114. tyo says:

    menanti lama menanti dari masi sekolah menengah..nabung2..

    lanjut ampe kuliah luar kota..tersendat-sendat “kehadiranmu”

    finally sampe akhirnya meried…masi jg menanti…

    suzue miuchi where r u?

    jk kmu ga bisa or ga sanggup lagi,serahin ma aku aja…
    aku jg bisa lho…hehehe. aku lumayan jago jg lho…

    ampe thn ke 4 pnikahan, i still wait 4 ur fantastic stories.
    God Bless u

  115. kaka' says:

    asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiik ………. topeng kaca ada lagi!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  116. rie says:

    Horeeeeee……..!!!!!!!!!!!!
    topeng kaca ada lagi……
    dah lama buanget aq nunggu kelanjutan ceritanya.

  117. puu says:

    slm kenal……
    g jg slh satu penggemar berat tpeng kaca. komik yg pertama g pny yah topeng kaca ini…
    sx baca g langsung ngeburu topeng kaca…..
    semua yg b’hub ma topeng kaca pst g ga’ akan ketinggalan. terutama movienya…
    dah nonton duank…. (sombong dikit)
    tapi akhirnya ko gitu az yah, ga’ ketauan siapa yg dpt peran bidadari merah nya.
    yg bnyk diceritin tntng hub maya ma masumi az…
    ada berita ga’ kpn movie slanjtnya kluar.
    kt temen g, yg g tonton itu musim pertama…
    if u have information about “TOPENG KACA”, u can send that information to my email…
    hayami_ap_x@tahoo.com
    i’ll be waiting….

    c u again………

  118. fie-oshin says:

    hehehe…akhirnya koleksi gw ampir mo lengkap…………penuh pengorbanan tuh ngoleksi komik tuh lagi…….
    1 serinya gw beli 25ribu..gila khan…itu ada di bandung…ada yang berminat????
    pas di kwitang gw dapet murah 10 ribu….

    no 9 akhirnya gw dapetin kemaren…tapi tinggal 1…itu gw belinya di bandung

    • elvirash says:

      Alo..mau nanya dong alamat lengkap toko di bandung yang masih jual komik topeng kaca. Lengkap ngga serinya? Bisa kirim luar kota ga? Plizzz infonya ya…
      Thx bgt b4… :D

  119. Acci says:

    Huarray…..
    Akhirnya topeng kaca vol.42 berhasil sampe di tangan :). Menyenangkan….Tapi ternyata blom slese ya??? Jadi ga sabar nunggunya.
    Hm bwt temen2 yang pengen bgt dapetin komik ini, bisa cari2 di bursa buku bekas di pala sari bandung. Temenku dapetnya di situ, harganya @ Rp.10rb. Hampir sama harga komik baru ya? tapi gpp lah yang penting ada…:).

  120. mini says:

    aq kmaren dah beli komik topeng kaca yg no 42 tu, tapi temen aq yg ngakunya demen juga ma tu komik minjem ke aq.
    ehh..malahan sampe detik ini komik aq ga dibalikin,padahal waktu tu aq baru beli, gitu keluar langsung beli aq. sebel de.. itukan komik langka. pulangin dunk komik aq..

  121. shinta says:

    huy,,ga nyangka yg suka ma komik ni byk jg tnyata… sayangnya aq bru liat web ni skrg jd bru tau.. bole gabung kn?! biz komik ni keren abiez!! apalagi akting2ny,kynya wajkar bgt..
    btw,maw nanya ney ma lee kok bs tau klanjutan critanya sey?? mang ada di web mana?? mau dunk dkasi tau.. pnasaran jg ma critanya biz kluarnya lama bgt!! hehehe…
    tuz,yg bidadari merah yg 10 da kluar blum ya??
    klo ada info bru kasi tau k email ku yah,,qta kn sama2 fansnya topeng kaca..
    lam kenal aja bwt kalian smua..

  122. yurei says:

    trussss trussss ada yang g kapan yang no 10 bakalan keluarrrrr????????

    penasaran sekaleeeeee uyyyyy…………..

  123. stfz says:

    doooeeeehhh…. trnyta g payah bngt yah… baru tw ada nih web….
    trnyta bnyk bngt yah yg lg menantikan toeng kaca kyk g…. (trnyta bkn cm g aja yg nunggu =] )
    Buat yg tau dmn nyarinya ksh tau yah…
    G pngn pisan ngumpulin tp dah lewat mulu…
    Nih komik g baca ptma x pas SmP n itu jg dah keluar brp seri,dah telat bngt bwt ngumpulinnya…
    Tp jujur slma g baca komik,g ga ernah nemuin lagi komik yg crtanya baguuuuuuuuussss bngt kyk gn… Ga ada yg ngalahin…. Bahkan gr2 g bisa lumutan nunggu kelanjutannya g dah baca berulang2 x nih crta…..
    Buat yg tw web bwt baca tolong kasih tw g yah….
    Thx…
    (stfz_fie2605@yahoo.com)

  124. tincwe says:

    wooooyyyyyyyyyyyyy guyyyyyyyysssssssssssssss…….

    kalo ada yang tau dimana bisa dapetin komiknya kasih tau gw yaaaakkkkkk

    thenkyu beratz yeeeeeeee……

  125. Yulie says:

    Buat teman2 pencinta Topeng Kaca,

    ga tau kesambet apa gw kemaren tau2 keinget topeng kaca, lsg cari2 di web, sampe niat beli lg komiknya dr awal (krn koleksi gw yg nyaris lengkap jaman gw SMA dolo — tinggal Topeng Kaca seri 1 aja yg ga ada — dibuang sama bokap ke tempat sampah T__T)
    Nah pas gw cari2, ini ada link buat download mangascannya tp ya bahasa inggris :D
    Smoga bisa bantu kalian mengobati kerinduan krn susah banget cari komiknya skrg kl mao koleksi lg.

    Ini link downloadnya
    http://isohunt.com/torrent_details/24490524/%22Glass+Mask%22?tab=summary
    (instal torrent dl ya, tp ini ga lengkap, cm sampe vol 16 kl ga salah)

    Atau bisa jg download di http://the-evil-empire.net/
    (tp di sana hrs regis dl trus posting2 di forumnya (atau bayar) baru bs download, ntah lengkap apa ngga serinya)

    Nah trus setelah plg kantor petualangan gw lanjutin dgn berkeliling di toko buku di daerah gw en akhirnya gw sampe di sebuah toko buku yg jualin Komik2 lama full per set. Toko buku yg keren. Banyak jg lho judulnya. Dan asiknya lg gw nemu Topeng Kaca jg di rak dia!! Katanya stockny masih mayan banyak setnya. Lengkap bowwwww. Tp topeng kaca dijual per subjudul. Berhubung bugdet terbatas, gw belinya dikit2 de. 12rb per buku. Yah masih worthed lah. Krn kmrn gw liad harganya bs sampe 20rb. Kmrn barusan beli yg sejuta pelangi 1-10 :D

    Nt kl koleksi gw uda gw lengkapin gw kasih bocorannya de tokonya di mana :P

    • elvirash says:

      Hai yulie…thx ya infonya. Mw dong alamat tokonya…di kota mana? gw juga lg nyari2 seri topeng kaca niih…dulu bacanya bole pinjem dr tmn hikss..tolong d email ke gw yaa…plissss… Thk u :)

      Ini alamat email gw :
      virvir9@yahoo.com

  126. Lie says:

    Eh,qta bikin petisi ke elex yuk biar topeng kaca diterbitin lagi.Gw ga punya koleksi lengkapnya nii.

  127. fiona says:

    sbnrnya kalian gk usa susah koleksi komiknya lagi, skg uda ada keluar kartunnya.. pkknya kartunnya lengkap bgt ampe kalo gk salah komik serial 42, trs di kartunnya ampe serial 51, but sayangnya critanya masih blm ending.. buat aku nambah penasaran aja, aku se pengen tau maya ama masumi tuch akhirnya bersatu gk!! ohya lupa ingetin sbnrnya kartun yg aku ntn itu pake bahasa hongkong, ada se yg pake bahasa inggris cuman aku gk dapat download, aku bisa tau juga karna liat diyoutube ada yg naruh kesitu cuman gk lengkap.. judul inggrisnya Mask Of glass
    trs kalo ada yg mau bisa minta ama aku, tapi itu pake bahasa hongkong
    ini email aku v_31na_eren@hotmail.com or f_3ng@yahoo.com

  128. handa says:

    Iya ne, Topeng Kaca emang bikin penasaran banget, dinanti banget deh kelanjutannya, udah tiga tahun nih dari topeng kaca Bidaadri merah 9 tahun 2005, Uuh….uuh……nggak sabaran, pengen ngelihat n’ ngebaca kelanjutan halaman terakhir bidadari merah 9 yang masumi cemburu banget ngelihat photo2 Maya berduaan ama Koji, ampe mecahin cangkir kopi segala. Gimana ya pasti seru banget…….

  129. vie says:

    hehehe…. telat banget ya gw nemuin blog ini :p
    Mau numpang tanya, elex media tetap bakal nerbitin lanjutannya bidadari merah 9 kan? Soalnya tiap gw tanya komik topeng kaca ke ‘mba’ komik langganan gw, dia cuma cengar cengir doank… padahal menurut gw Topeng Kaca itu d best komik yg prnh gw baca.
    Kalau ada yang tau dimana bisa download lanjutannya yang pake bhs Inggris or kartunnya juga gpp d, pls let me know yaaaaa……
    Thank u!

  130. del says:

    buat yg mau ngoleksi, boleh coba di toko buku n komik di stasiun universitas indonesia. aku dpt lngkp 1-42 (soalnya waktu dlu baca pny temen n skrg balas dendam aku beli semuanya. puas deh.

  131. do-we says:

    wah…aku baru aja nih nemuin situs ini….
    sebel…aku lom nemuin buku yang ke 9 nya…
    tolong dong aku diceritain tentang detailnya topeng kaca yang nomor 9.
    plis… soalnya aku dah nunggu2 buku ini sampe lama banget…
    sampe kebawa mimpi segala lho…

  132. eva says:

    Emang, topeng kaca selalu dirindukan oleh penggemarnya sampai kapanpun,sama kayak gue.kira-kira kita bisa nodong bareng gak ke penulisnya agar segera menyelesaikan komiknya?
    Oh iya…seingat gue waktu kuliah (tahun 2000) ringkasan komik topeng kaca sampai beberapa volume beredar di internet, waktu itu ada teman yang down load.masih pada punya gak?kirim donk kalau ada.soalnya waktu itu ceritanya masumi sudah membuka jati dirinya pada maya.gue pengen banget baca lagi! please ya kirimin bagi elu yang punya!!!

  133. dylan says:

    jadi inget dulu……sering nyewa komik ini di sur-ken bogor….emang komik yang bagus………jujur gw suka banget ma karakternya maya…….

  134. khairunnisa says:

    dimana yach kita bisa dapat edisi full topeng kaca. Habis komik itu udah ada waktu saya masih bayi :)

  135. natalia says:

    kapan ya topeng kacanya lanjut. udah 2 tahun uga gak lanjut-lanjut….
    sapa yang tahu websitenya kalau mau tahu crita lengkapnya???tolong kasih tau dong. bahasa inggris juga gak papa…thx

  136. ghiska, says:

    ada yang punya buku topeng kaca gak???
    aku bener-bener suka sama maya,
    kalo boleh tau buku terakhir no berappa ya???

  137. retno_genoxZZZ says:

    hei smw…Q JA sk banget ma ni maga,skarng ja q lg bc ulang tuh komik,d rumahq ada bidadari merah 1-9,lengkap,,,q jd pensaran neh,,gmn kelanjutan critana,kan yang terakhir seru bgt tuh,wkt masumi abiz liat ft maya ma koji yang lg liburan d rmhna kakak sepupu yu…kykna bakalan marah besar n cenburu bguanget na koji….pa lagi,,,,mrk b2 kan pakek kalung yang sama…biar mampus si masumi

  138. Aduh, aku suka banget sama serial ini, memang sempet denger sih kalo udah ada lanjutannya, tp sampai sekarang belum sempet nyari tuh..
    salam kenal

  139. Novi says:

    Hey semuanya, saya Novi dan saya suka sekali membaca komik Topeng Kaca, khusunya untuk yang edisi 10, nah ada yang tahu nga kalau edisi ke 10 bidadari merah udah release???

    Kalau ada yang punya informasi dimana saya bisa mendapatkanya, tolong info ke saya ya….

    Alamat e-mail saya nsari@ba.id.mercycorps.org

  140. Q ingin koleksi topeng kaca nich… tapi gak tau nyarinya dimana…. selama ini kalau mau baca Q selalu nyewa, bisnya kalau mau beli yang udah lampau-lampau gak tau dimana… Apalagi Q bukan orang jogja sini hikz… hikz…

  141. Nadja says:

    Hi… Perkenalkan saya Nadja, nih Komik udah saya simpan belasan tahun lalu dan sampai sekarang masih saya simpan rapih di lemari. Sampai suatu saat anak saya minta dibelikan komik dan mencari-cari di lemari buku. Truss.. diambillah tuh komik. Tapi yang ngebaca bukan anak saya, malah ibunya sibuk ngebaca dari seri 1 sampai 41. Dan sekarang lagi sibuk nyari lanjutan seri 9. (emang seri 10 udah ada?). Bisa saya cari dimana ya??? Plsss kasih info dong… VCD nya juga boleh. Judulnya apa sama juga ya?? Sebel banget sehhh udah nunggu belasan tahun ga ada endingnya…. Thanks banget ya….

  142. fiona says:

    judul kartun inggrisnya Mask Of glass, kalian bisa coba nyari diyoutube,tinggal ketik mask of glass uda bisa muncul koq ^^

  143. do-we says:

    akhirnya aku dah baca buku yang ke 9 setelah sekian lama.
    tapi malah sekarang tambah penasaran lagi n ga tau kelanjutannya gimana…
    sampe sekarang juga yang no. 10 nya juga belom keluar.
    ngomong-ngomong kenapa ya, penulisnya bikin orang-orang penasaran begini?
    ga baik lho kalo bikin orang penasaran terus… (he…he… kayak suzue baca komennya aja)
    tapi ga papalah buat ngeluarin uneg-unegku selama ini…

  144. anita says:

    duh.. seneng banget bisa nemu sesama rekan yang suka abis sama komik ini…
    ga sabaran banget nih nunggu kelanjutannya….
    emang bener pengarangnya udah meninggal?
    semoga aja itu berita palsu..

    oh ya.. kalo ada yg mau nyari komik ini, gw pernah beli serial ini (lengkap) di comic.com
    temapatnya ada di depan Universitas Bina Nusantara lama di daerah Kemanggisan Jakarta Barat..
    kalo ada yg berminat, coba aja cari disana.
    tapi sori gw gak punya nomor telponnya.
    semoga bermanfaat.

  145. anita says:

    wuah pokoknya komik ini terromantiiiiiiiis deh belum ada komik jepang laen yg ngalahin romantisnya maya n masumi he he
    so touching buanget deh bukan kisah cinta yg biasa2 aja.
    klo yg pengen tau banget endingnya, coba aja nonton doramanya dulu udah ada versi special endingnya, lumayan loh buat ngobatin kerinduan eh he
    coba klik ke http://www.doramalover.com
    asli gk rugi deh koleksi ni komik
    hidup maya n masumi!

  146. Juwita says:

    btw ikutan nimbrung dunk
    serial topeng kaca yang bidadari merah tu kan belum habis, lagi seru2 nya tu pas acara pertunangan masumi dan diacara itu si maya datang eh gelas nya pecah d karna kaget. kalian uda mpe mana ?
    apa uda ada yang baru lagi ni? nungguin nya ga sabar ni mpe berthn2 :(

  147. do-we says:

    eh aku mo tanya sama anita, vcd dorama itu harganya berapa toh? soalnya aku mo daftar rada2 takut juga… thx buat balesannya

  148. yudi says:

    DIJUAL KOMIK TOPENG KACA LENGKAP 1-42 SERI KONDISI BUKU FULL COVER ( 95 % MULUS DAN BAGUS ) HARGA 1 JUTA RUPIAH (NETT), JIKA BERMINAT HUB 0811967396 JAKARTA BARAT

    —–
    (30/06) Hi guys, I don’t normally approve promo comments on my blog. I thought this one would help those who genuinely looking for this collection, so this is just one-off exception. Please contact the seller directly if interested. Thanks :)

  149. Indah says:

    Rey, Bidadari Merah 10 udh nongol blm ya?

    ——
    (30/06) belum tuh mbak, aku juga masih pasang mata dan telinga ^.^

  150. Peggy says:

    mbak, ada yang mau jual buku bidadari merah no 9 ke sayay? or fotocopiin ke saya, nanti saya ganti deh.
    saya coba cari kemana2 gak ada.
    padaha saya suka banget ceritanya

  151. esqi says:

    huhuhu pengen banget beli..cm itu dia gila mahal banget harganya..bete dech,,

    ada sich versi kartun n basanya inggris…kalo ada yang basa indonesia lebih baik lg kali yach,,,

    gimana???

  152. candy says:

    wah…seru banget tapi carinya susah. buku bidadari merah no.9 bisa aku beli dimana ya tolong minta infonya dong….please… karena gantung banget ceritanya. Topeng Kaca is The Best dari komik yang ada.

  153. christina says:

    hohohooooo…akhirnya aku menemukan sesama penggila topeng kaca!!

    Sekedar info aja,,,aku baca dari mulai kelas 2 SMP sampe uda punya bebi lohhhh….kalo diitung2 uda berapa kali ya aku baca ulang…
    untung aja aku punya koleksi lengkap….hehehe,,,jangan iri ya….;p. dulu g sengaja bli ,,kukira komik misteri ,,eh malah kepincut sama ceritanya…jadinya dulu tiap bulan aku bela2in pulang pergi jalan kaki kalo ke sekolah biar punya duit trus bisa beli Topeng Kaca gituuu..

    btw, kalo ada yang uda tau BM 10 cepet2 di sebarin yah…biar ga telat trus kehabisan buku di gramed
    aku juga nemu BM 9 karena kebetulan pas jalan2 ke gramed..wah coba kalo ga jadi kesana hari itu,,,soalnya pas aku kesana lagi BM 9 uda lenyap!!

  154. uuh .
    ga tau nyari seluruh edisi topeng kaca kemana nih .
    gw cuma punya beberapa ,
    itu juga punya cici gw .
    klu pengen nyari kemana nih?
    penasaran nih .
    bwat yg baca please kirimin ya alamat dimana gw bisa beli or baca .
    please .
    I Laft TOPENG KACA ( MAYA, dkk.)

    —–
    (26/08) Viidha, komen kamu terpaksa aku edit supaya mudah dibaca oleh yang lain yah…

  155. aryati says:

    senengnya ketemu penggila topeng kaca. aku sempet nyesel juga nih gak punya bukunya, cuman pinjem temen jaman sma dulu, yaa..sekitar 12 taun yang lalu..hiks..

    ada yang jual gak dari awal sampe akhir. kabari ya ke aryati_kartika@plasa.com, ditunggu bgt!!

  156. inochi peach says:

    moshi-moshi minnasan
    kasii tauu donk situs manga mana yg ada topeng kaca ini…
    akuu pnasaran bgdh sm ending crita topeng kaca.
    ada yg tw gak endingnyaa gmn??
    kasii tau yaa..
    arigatou~
    ^.^

  157. susan says:

    serial bidadari merah kapan terbit lagi sih?
    saya sudah nunggu lama bgt,penasaran sama endingnya,
    ko pengarangnya ga buat2 ?
    Jadi belum tau endingnya gimana?
    hik.. hik..

  158. Qiki says:

    Well
    gue belon baca siy
    tapi gue udah baca dari yang pertama sampe yang ngegantung
    GUe sumpah penasaran
    tapi sayangnyadi gramed kota gue bln ada tuh
    sedih deh

  159. aneke says:

    ak penggemar berat topeng kaca
    beli dimana seri 42 nya?
    saya kok ga dapat ya?
    bisa diberi info…
    email nya saya tunggu

  160. puput says:

    buat yang penasaran n belom punya bidadari merah 9, kabar baik nih…di gramedia matraman masih ada. minggu lalu saya tel karena pengen nyari buku ini juga, dan minggu lalu masih ada 10 buku. so cepetan pada ke gramed matraman.
    oya di gramed lain kayanya udah nggak ada deh, setauku sih di pim sama melawai udah nggak ada.

  161. widyacancan says:

    waahh…. aku juga mbaca& koleksi komiknya sejak kelas 1 smp kalo nggak salah (atau kelas 6 sd ya?)…

    gila juga y, mungkin emang bener kalo dibilang penggemar komik ini bisa ada yg ngikutin dari masih remaja sampe mau jadi nenek2 (kalo yg di jepang kan mulainya dari tahun 1976)…
    gila..

  162. mbak mau nanya beli bukunya dimana yah?? saya mau melengkapi koleksi pribadi saya tapi kog ga ketemu-ketemu yah? dah saya cari dimana2 lho…
    mohon bantuannya yah…

  163. santi says:

    wah ..pas nemu para penggemar topeng kaca… bahagianya…. kalau sudah ada updatenya ,..aku dikasih tau ya… (dari yang baca topeng kaca dari kul…dan masih nunggu mpe sekarang,,,, ) penasaran oiiii…

  164. muthi says:

    dear reygreena,
    kebetulan bbrp waktu yg lalu baru nemu lagi kelanjutan topeng kaca ini. setuju banget kalau terasa kaget baca bidadari merah 9: koji smsan, gambar tokoh yang tambah ndut -terutama koji dan maya-, pokoknya berasa bukan topeng kaca-nya suzue miuchi-lah…tapi lumayan untuk ngobatin penantian panjang…^^

  165. luna_love says:

    huee…. lanjutan no. 10 donk…..
    pengen baca..!!

    napa c,, gx d terbitin lagi,, padahal aq tuh suka banget,,,
    nyari kemana2 juga gak ada,,
    padahal tuh cerita baguzzzzz banget,,,

  166. nooe says:

    ribeeeeettttttt deh bu…..
    gwe minta referensinya aja d’
    tau ga si loh…gwe buka friendster lo aja ujan niy bu…gimana ketemu ama orangnya langsung

  167. jackal says:

    sial mbak komik lawas iku apik2 tapi nek ndek indonesia ga ana seng tamat beh piye to kuwi, apes tenan aku iki kadung seneng ra no terusane, bareng ana terusane angel goleke regane larang pisan.
    beh nasib nasib dadi wong ra sugeh, coba sugeh bakal tak goleki kabeh komik2 lawas nggo tak koleksi. dungak ke ya ben aq bisa sugeh supoyo klakon pengarepanku.

    Bagi yang tidak tahu ini bahasa apa cari terjemahannya di buku bahasa jawa. HeHeHe wokokok

    Tapi yang jelas ada artinya dan hanya berupa curahan perasaan semata.

  168. rhe li says:

    mau topeng kaca dunx…
    bidadari merah ku cm sampe 8
    help me to find 9th and maybe 10th!!!!
    duuuhh…
    kalo ad yg udah baca 10 ny tlg kasi tau g dunx
    critain doank jg g trima kox
    teng kyu so much…

  169. hiu says:

    BT abis ga dapet bidadari merah yg k 9.. dimana lg ya nyarinya hari gini… kasi info dungs pliz…… pdhal ampe bela2in beli serial filmnya.. tyt baca komik tetep yg paling top

  170. apray says:

    ada yang ma jual topeng kaca ga komplit tp dgn harga obral….. w dl bc cerita ini pas w msh sd skrng w da kulh dan pengen bgt pny komiknya komplit… kalo da hub w ya………………..
    bis ceritanya bgs bgt sich pa lg kisah tentang mawar jingga…… pengagum rahasia maya yang ternyata masumi……… tapgmn ya akhir cerita topeng kaca???…..

  171. iyeno says:

    Gw mungkin orang yang kesekian dengan permintaan yang sama, please kalo ada yang punya seri lengkapnya topeng kaca, gw mau donk beli, dengan harga kolektor dech…

  172. permadi says:

    cerita sepanjang sejarah yang paling keren, dari dulu sampai sekarang paling dinanti …………,oh ya di cempaka mas lantai dasar ada yang jual seri topeng kaca bidadari merah, coba aja…………….

  173. firsta says:

    ya ampun nih buku gw cari2…. ada yg tau g dimana yg jual serialnya komplit..soalnya punya gw kebawa banjir…

  174. riana novisari says:

    Gw juga pengemar banget topeng kaca. Di mana ya bisa ngedapetin komiknya terutama seial terakhir ini. Pleaseee…..

  175. kalo diliat dari atas smp bawah, banyak g yang dikerjain ma pengarangnya yach…. termasuk aku..
    dah nunggu sampe punya anak neh…
    mudah2an dia buka blog ini ya…. biar keliatan kalo qita ngefans ma komik karangannya…sukur- sukur ngerti ma bahasa kita hehehehe

  176. aq udah ngoleksi Topeng Kaca dr SMP s/d SMA dan sampe skrg ( dr remaja skrg aq udah jd ibu muda he..he..) bayangin udah lama banget entah kalo aq udah jadi tante-tante mungkin komik ini baru tamat. Aq punya dr no 1- 42 ada yg dobel mungkin sekitar 10 komik dan udah ada yg beberapa yg di beli ama teman. Mungkin kalo aq ntar ke Jepang / HK aq akan cari yg no 43 dan akan gw translate sendiri ke bhs indo.

  177. hani says:

    benar komik topeng kaca memang mantap
    oya sekalian mau info yang tertarik beli komik bidadari merah no 0 masih sgeel @20rb jakarta free biaya kirim email atau sms ke 021-95633392 yah

  178. tyas says:

    ADUUUUUUUUUUUHHHHHHHHH …. ternyata kok bidadari merah 10 dan penghabisan ga keluar2 yah ce[petan dong selesain ceritanya gmana penghabisannya..nanti klo ada bidadari merah 10 -11-12 info2 ke w yah soalnya aduh sampe nenek2 kaleee w tungguin ni cerita sumpah ceritanya buagusss banget salut abis buat pengarangnya cepetan dong terbitin seri BM 10-11-12 dst di JKT… soale w pengagum berat ni topeng kaca sari jaman sma kaleee uuuuuhhh dan mau tau banget gmana kelanjutannya.. pls info ke w bwt sapa aja di kusumaningtias@hotmail.com w tunggu loh buruannnn… :-> tks before

  179. Woro says:

    Ya Allah akhirnya keluar jg ya si MAYA, penasaran niy…
    Abiz di pesta itu kbr Maya gmn y??
    Sumpah ga ada komik yg se DAHSYAAT ini.

    DIMANA NIY BISA GW DAPETIN SERI BIDADARI MERAH yg ke-9?, coz yg gw baca trakhir baru seri 8.
    pliiiiiiii…..s

  180. wah…..ternyata komik sepanjang jamannya Suzue Miuchi punya banyak penggemar ya…..!!!! Dari SD sampai sekarang, sibuk mikirin ending ceritanya ni…ampe ke bawa mimpi.hahahhhaha…!!!! apa Q ja ya yang bikin endingnya. habis pengarangnya bener2 nyiksa orang.
    kalo endingnya saking cintanya Masumi ma Maya dia rela keluar dari Daito terus milih Maya ketimbang Shiori pada setuju ga??? ato kalo ga Hayami tua mati, eh walaupun bukan anak kandung si MASUMI jadi pewaris deh, terus milih MAya yang jadi BIDADARI MERAHnya, Shiori mati aja deh, biar ga ada orang ketiga yang ngrepotin,hahahaahahaha.Ayumi kalah aja ma Maya….biar Maya bahagia, masa orang hidup sengsara terus si, ih ekstrim ni mikirnya……
    para pecinta MAYA and MASUMI lam kenal ya…..
    kalo ada waktu kunjungi aku ya……rei_takamiya@yahoo.com

  181. Caroline says:

    Dear Topeng Kaca lovers,

    Aku barusan ngcek2 lagi koleksi komikku dan teringat en membaca lagi serial ini..
    Tapi betenya baru teringat…knp yg bidadari merah no 9 ga muncul2..ternyata aku yg kelewatan huuhuuu…
    bolehkah teman2 kasih tau…dimana yaa aku bisa dapetin topeng kaca serial 42 ato bidadari merah seri 9???
    sukur2 sama yg no 10 ya??
    aku tunggu infonya yaa teman2…
    thx bgt….hidup maya en masumi…they hav to be together yaa??
    betul kata kmu rei…shiori mati aja deh…hahaha

  182. aling says:

    oiii, bidadari merah memang TOP BGT!!!!!!
    sumpeh Masumi jadian sama Maya ?
    bagus dehhhh…. kasian Maya di tindas terus sama yang lain
    ehhh giliran tau sapa mawar jingga dy hrs sedih lagi gr2
    mawar jingga [fans rahasia] hrs tunagan sama Shiori

  183. aduh….si yulie…kasih tau dunk tokonya yang jual komik2 lama…gw jg penggemar topeng kaca en baru balik di indo…so ketinggalan semua kalau ada terbit no 10 jg pengen koleksi topeng kaca yang awal2 deh…pliz….bole ya titip buku di toko buku 2nd yang dibilang tadi…email gw st3ph4n_wu@yahoo.com
    makasi ya….

  184. della says:

    hai friends,

    gw telat nih krn baru tau ada tempat untuk ngomongin topeng kaca. Btw gw seneng banget tau kalo bukan gw aja yang ngefans ama topeng kaca. gw aja udah nunggu kelanjutannya selama 15 thn dr gw mash smp sampe sekarang punya anak 2 tapi ga kelar-kelar juga. tapi untungnya koleksi gw lengkap jadi kalo lg bete bisa baca tuh buku dari no.1 ampe 42. tadinya gw mo coba beli vcd topeng kaca yang ada di doramalover tapi pas gw liat pemeran masumi beda sama di buku jadi ilfil deh. sorry nih jadi curhat deh gw.

    kalo ada yang tau kapan kelanjutannya keluar kasih tau gw yah. thanks.

  185. hida says:

    oh God …. aku sempat lupa tentang Ayumi dan si Maya Kitajima … aku dulu pernah membacanya itu sekitar tahun 1998 an wah lama bangetz …… jadi kepingin baca lagi. duh aku ketinggalan yah …

  186. wana cute says:

    wee,aq suka bnget dngn crita topeng kaca,krn slain bgus jg memotivasi aq loh!
    aq dah baca sejak sd n aq penasaran banget dngn kelanjutanya, mmg dah ada cdnya tp…filmnya kurang bagus dibanding dg komiknya…

  187. Seneng buangets lah pastinya komik ini akhirnya dilanjut lagi. Udah nunggu sampe karatan soalnya. Yakin deh yang lain juga banyak yang nunggu sampe anaknya udah 3. Haha.. Oya buat yang pengen baca lagi dari awal (volume 1), yang komiknya udah pada ilang atau buat yang belum baca sama sekali (wah..rugi tuh), Komik Topeng Kaca dengan bahasa Indonesia bisa dibaca online lho di http://topengkacaindo.blogspot.com

  188. io says:

    Guys, ada yg tahu ga kalo topeng akca no.43 (bidadari merah 10) uda keluar?????
    terbit Januari 2009.

    BAru dpt info 1mingguan jg, n kaget lo, krn sampai bln ini kayae blm ada (biasanya kan cepat, seperti yg no.42 itu).

    Is it a fact??

  189. Tiara says:

    Hey, penasaran nih..ada ga sih kelanjutan dari Bidadari Merah No.9. Soalnya udah baca semua serinya , klo ga tamat tanggung bgt..Nyari2 di internet ga dpt apa2..Kebetulan gw punya temen2 orang Jepang, tp mereka juga ga tau mengenai Topeng Kaca….ada yg bisa kasih jawaban??

  190. Melie says:

    Hah?! serius loe io?? yg ke 10 dah keluar??
    Kok gak nemu ya? soalnya tiap kali ke toko buku (especially Gramed) selalu telaten melihat rak comic…..

    *jadi teringat waktu nemu bidadari merah No. 9… hampir teriak diriku.. untung masih inget muka… hehehe… :p

  191. Novice says:

    Serius udah ada??!!!
    Ampun basi bgt gw baru tau!!
    Beli di gramed ada nggak?
    Aduh cari di mana ya..agak susah kan sekarang dapet komik itu……
    reply ke email gw ya….please….

    Thank u dear..

    • io says:

      aku jg baru tahu dari net ko. katanya di jpn sonoi uda terbit dari bln januari gt. nah kpn terbitnya di sini mah gatau. tp ada post terbaru dr anak2 (liat yg plg bawah), katanya bln july ini keluar, ko sampe bln agustus blm ada apa2. (adekku jg ngefans berat, n dia pasti tahu klo ada TK baru yg terbit.). Hmmm… gmn nih…elex media???

  192. raetih says:

    wuiiiiiiiiiiihhhhh……….

    aQ cuka bgtz ma komiknya………..

    tpi,,,, ksulitan nyarinya neeeeee……..

  193. temen2 boleh tau gak akhir bidadari merah gimana?trus kalo mo beli kemana?nyari dii gramed gak ada….hiks hiks….tq yah…

  194. nona suka bgt ma komik topeng kca ini, ada yg punya komik topeng kca seri bidadari merah seri ke 9 ga?tlong dunk nona dkasih th ceritanya

  195. licious says:

    duhh g da bca nihh komik dr sd pa smp gt dhe.. skrng g da kuliah n bntar lg da mo lulus.. blm tamat2 pula.. da lm bgt lg nungguny.. kpn s kuarny..??? suzue msh idup khannn?? jgn mpe meninggal sblm komikny tamat…;p gmn sih nemuin kmk dr prtmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bngt dan lngkp? g dh pnya sii cuma ad bbrp yg ilang g pngn beli lg dan lngkpn

  196. ghirun says:

    gw punya yang nomer 9, tapi ko ceritanya gantung yah?
    apakah masih ada lanjutannya di nomer 10?

  197. Lita says:

    wah ternyata bidadari merah 9 sudah ada ya…
    guys gmn cara depatin bukunya…
    coz aku sampe skrg msh penasaran gmn akhir ceritanya.

    tx bef

  198. sofi says:

    salam kenal teman-teman, aku juga penggemar topeng kaca, dari SMP aku bac ampe sekarang udah krja n gak bosen2 juga. tapi beneran bikin penasaran banget.
    yang ke 10 kapan keluarnya yah ?
    ataukah dibuat judul baru lagi, tapi lanjutan dari Bidadari merah gitu…
    yang penting cepat keluarnya deh.

  199. lilia says:

    ..aduh sepuluh tahun..nunggu dari gadis sampai punya anak satu.Udah ada belum sich? kira-kira msh pantes gak baca buku manga?…

  200. elma says:

    for your info….bidadari merah ke 10 akan terbit di bulan july ini. info didapat dari komikologi…

  201. mia says:

    mudah2 ceritanya happy ending….masumi akhirnya jujur sama maya bahwa dia adalah mawar jingga….komik yang engga pernah bosen di baca terulang kali….jadi pingin baca lagi

  202. dina says:

    gin, nunggu bidadari merah 10 blom juga diterjemahin, aku bli aja yg bahasa jepang, melototin gambar aja hehehe

  203. asyiikk dong kalo bulan ini bidadari merah 10 nya terbit.. aduh jadi gak sabar… tapi benar ga ya?? soalnya dari dulu juga gitu. ditunggu tungguin gak keluar2 jadi penasaran ni ma akhir cerita maya dan masumi….. ya mudah2 an aja happy ending ..

  204. winda says:

    hai…
    Seneng banget nemuin sesama penggemar Topeng Kaca..
    Topeng Kaca vol.10, kalo lihat di Komikologi Elex Media udah muncul di edisi Komikologi Juni 2009..
    Tapi kok sampai sekarang belum ada ya?

  205. io says:

    bener mau terbit bln july??? ko ampe skrg blm ada kabar beritanya? ngaco ah elexmedia itu… di jpn kan uda kelaur dr bln januari itu. ahh jd tdk sabar deech…

  206. io says:

    waaah… gila nih.
    baru saja browsing lage. n dapat kabar kalo Topeng Kaca vol 44,( Bidadari Merah no. 11) akan terbit bulan Agustus.

    BREAKING NEWS!!!
    Garasu no Kamen volume 44 out on August 26th 2009!

    heboh tdk itu?? dan serilanya msh (thanks God), bersambung di HAna to Yume, so bisa di harapkan dech, klo serial ini masih aktif (setidaknya utk saat ini ya, siapa yg tahu kalo Suzue Miuchi berubah pikiran lagi, atau mendapat ilham lage…who knows!).

    so lets just enjoy this moment of blissness. and lets wait (dunno for how long..have to ask Elexmedia for this one) for it in our country.

    well, juz wanna share this happy2 news with you all.

  207. Lita says:

    met sore….
    rey…
    aku mau nanya kamu punya koleksi komik serial topeng kaca?
    klu iya, dijual gak? aku mau dong….

    pls reply..
    br,
    Lita

    • hi lita, tentu punya makanya bisa bikin tulisan diatas. tapi nggak dijual say… capek2 nunggu masa dijual sih? hehehe :) thanks ya atas pertanyaannya…

  208. erga says:

    Wah… sayang banget baru nemu forum ini sekarang, padahal dah dimulai th. 2005 ya..
    Senengnya begitu banyak yg senasib ternyata..
    Bener banget ni komik no.1 sepanjang masa, dr segi cerita, kuat bgt n banyak pesan moralnya..

    Aku suka banget ma serial Topeng Kaca dari SD sampe skrg dah kerja..
    ga punya lengkap sih, dulu ngrental, cuma punya yg sejuta pelangi n bidadari merah aja, itupun longkap2
    Terakhir beli waktu SMA, kayanya yang keluar tahun 2005 itu deh, trus tunggu-ditunggu mpe ubanan ga keluar2, jadi males, kupikir emang udh mati pengarangnya..
    Padahal penasaran n gemes banget pgn tau bisa ga maya bersatu ma masumi?

    Jadi bener ni mau keluar lanjutannya agustus ini?
    Wah harus indent ni, takut keabisan, kan yg ngefans buanyak bgt…

    Bt Rey :
    makasih ni dah sediain forum bt para fans Topeng Kaca..
    Salam kenal bt semua ya…

  209. laila irany pohan says:

    i’m a huge fans of these comics. karakter masing-masing tokoh kuat banget. jalan dan isi cerita yang begitu dinamis. four thumbs up!! :))
    gue sampe bercita-cita buat jadi pemain teater pas sd sesudah baca buku ini. kesampean sih tapi teater kecil2an di dufan doang,hahahaha. dulu juga sempet punya lengkap tapi hanyut kena banjir,hehehe. anyway, i do still love topeng kaca so much. (girlkiss)

  210. aiti says:

    temen2 ksh tau donk…
    topeng kaca yg 10 udah ada y???…
    bagi2 cerita donk…..

    mslhnya koq disini blm ada y!

  211. Adisty says:

    lam kenal… aku juga seneng sama komik ini sejak SD. klo ada yang mo sinopsis lengkapnya sejak no 1-43 (bidadari merah 10) coba buka dreamsaddict.com bagian garasu no kamen. cari kata sinopsis, disana lengkap n detail sampai bocoran Topeng Kaca no 44 yang katanya mulai dirilis di Jepang akhir Agustus. tapi sayangnya pake bahasa Inggris. yang punya web-nya orag Italia c… tapi lumayan daripada tidak sama sekali.

  212. yulie says:

    aduh senengnya punya temen yang senasib sepenanggunggan bertahun-tahun … lagi iseng-iseng cari tau eh dapat info juga ,,
    thanks banget ya ..
    lam kenal …

  213. alline says:

    wah aku juga seneng banget nih…………………., padahal aku dah cari-cari dimana-mana lho, komik bidadari merah ini. tolong dong siapa yang punya komik ini aku di kirimi, aku penasaran banget dengan maya dan masumi, mereka jadian gak ya. soalnya episode yang ke 9 itu maya kan lihat masumi tunangan sama pacarnya. aku mau tahu kisah selanjutnya. siapa yang punya hubungi aku ya…..

    makasih, salam kenal dari aku. alline.

  214. kie says:

    itu harga kok menggila bgt yaaa.. padahal dulu cm berapaan ya.. ada yang tau lanjutannya gimana. trus nih udah bulan september 2009, dari agustus yang katanya akan ada komik Topeng Kaca muncul kok blm ada2 juga ya..

  215. annie says:

    senengnya pny bnyk tmn yg suka topeng kaca, walaupun aku udh ibu2 tp nie komik udh jd bacaan wajibku sejak sma & smpai skrng aku msh penasaran dgn endingnya…

  216. yaampuunn ga nyangka bisa ktm sm org” yg suka sm komik topeng kaca…..abiss klo lg ngomongin ttg komik ini sm temen” aq,,ga da yg ngertii…hehehe….
    aq pny beberapa komiknya,,mo beli lagi uda susah bgt nyarinya skalinya ad harga persatuanna mahal,,,huhu….
    ga bosen baca berkali komik ini…ga tw ud berapa kali aq baca…
    n nont film animasina d you tube,,mo beli cdna susah bgt dcrina…hxhx

    oiy…ibu”…mba”…sista”….mo bantuin aq ga??hehehe….
    aq lg nyusun skripsi kebetulan aq ambl jurusan komunikasi….nah aq mw meneliti ttg komik ini…
    aq da pny judul,,tp judul itu ga bs dpake karena terlalu gamblang n sudah jelas terlihat bahwa komik ini ttg seni teater….
    nahh…ada yg punya masukan ga judul ap yg kiranya pas bwt skripsi aq dengan tema yg sm dr komik ini….

    klo ada yg mau kasi usul terimakasi skaliii…hehehe…. ^^

  217. ayu says:

    baru nemu web iniii!! makasih ya rey! ga nyangka, ternyata banyak juga yak weirdos maniak topeng kaca kayak gw!! gw baca neh komik sejak es-de sampe es-em-pe..n rajin bgt pulang lewat palasari demi ngecek apa komik ini dah terbit yg barunya.. pas sma pindah jakarta, tetep ngarep ni komik buru2 terbit lanjutannya (anjrit nungguinnya smp kebawa mimpi!). dulu punya lengkap, tp gr2 pindahan jd pada ilang2an geto. mana yg favorit gw bidadari merah no.4 ilang!! huhuhu..padahal paling romantis tuh!!
    saking sukanya, gw udah baca ratusan kali….klo lg libur gw ulang baca dr jilid satu! cinta bgt gw ma ni komik. bener gambarnya jelek….tp ceritanya ma tokoh2nya itu lho..nyata bgt! tau ga knp qta smua suka sm maya kitajima?? krn dia itu representatifnya kita2 ini.. orang2 biasa, orang2 rata2 yg sering jealous sm keberhasilan, kecantikan ato kepinteran org2 kyk ayumi himekawa…hihihi… tp sama kyk maya, qta tuh sebenernya spesial koq dgn cara tersendiri. makanya qta ga boleh minder ato mudah menyerak utk mencapai cita2 kita. ini moral of the story yg gw dapet dr topeng kaca, yg slalu bikin gw jd semangat lg tiap abis baca ni komik.
    tapi sumpaahhh…PENASARAN ABIISSSSS!! Maunya maya +masumi jadian trus kawiiinn!! shiori mati aja deh, dia kan penyakitan! trus ayumi jadiin aja ma mr. Hamyll, jd biar dia punya pacar juga, ga maenin cowo mulu! dan pastinya maya jadi bidadari merah yg diproduserin masumi!!! si koji ma gw aja deh klo dia ga dpt2 pacar juga..hehehe…

    AYO KITA BIKIN PETISI KE GRAMED BIAR DICETAK ULANG!!!!! Gw mau beli smuanya dr awal ampe akhir! udah buluk bgt neh yg punya gw!

  218. Dewi says:

    bidadari merah 10 udah terbit…tp cuma di gramed palmerah.. gramed lain masih menunggu…:(:(:(:(…. maunya masumi ama maya…coba ditamatin aja ya…jd ga perlu nunggu lama, masa ampe punya cucu…:P

  219. dwi says:

    aku di beliin dvd garasu no kamen ama suami ku … tau dech … udah jadi ibu-ibu masih aja seneng komik, tapi gak bisa diwarisin soalnya anakku cowok … komikku di rumah lengkap tapi tetep mentok ampe terakhir beli kira-kira tahun 1996?! bidadari merah no 7 … kasih info yah kalo mo beli terusannya dimana?!

  220. amel says:

    coba cek nih fansite: http://www.dreamsaddict.com/garasunokamen.
    ada ringkasan cerita buku 43-44 atau di indonesia buku 10 dan 11. yg punya website ini orang italia tp websitenya pakai bhs inggris kok. kalau di indonesia sdh terbit belum ya? kalau sudah kasih tau dong. gw sdh nikah and punya bayi tp gw ttp setia nunggu selesainya nih comic. jd gramedia kalau sampai ga diterbitin terusannya awas aja

  221. Temans…

    Bidadari Merah No.10 SUDAH TERBIT, udah pada tau kaaan?

    Tadi siang di Gramedia Grand Indo tinggal 4 buah loh :P

    Buruan beli yaaaa… Penantian kita hampir berakhir nih ;)

    Peace,
    R.

  222. della says:

    Saya sudah beli bidadari merah ke 10 (taunya juga liat internet tiga hari yg lalu, lgsg deh hr itu juga pulang kerja nyari tuh buku, untung masih ada satu di tempat langganan buku), tapi sayang masih bersambung lagi. jadi harus nunggu lagi dech sambungan sampe tamat. Bete deh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Comments are closed.