Cintapuccino [Icha Rahmanti]


Penulis: Icha Rahmanti (2004)

Penerbit: Gagas Media

Edisi: Cetakan kesepuluh, Januari 2005

Kategori: Fiksi Chicklit Indonesia

ISBN: 979-3600-22-5

Beginilah jadinya kalau melihat cinta dari sudut pandang perkopian, hahaha… Buat para cewek yang pernah mengalami sendiri masa-masa SMA (atau SMU deh) penuh dengan obsesi terhadap seseorang, lalu suka menghubung-hubungkan sendiri setiap kejadian yang si dia alami dengan diri sendiri, waaaah… kalau gitu kamu sama dengan si Ami!

Udah bela-belain ikut eskul keamanan dan terima banyak pertanda yang bilang kalau Tuhan mengijinkan Ami untuk jadian sama Nimo, tetep aja kesempatan jadian itu nggak pernah datang. Yang namanya Nimo itu: badannya tegap berisi, putih, tinggi, cool dan sedikit rough, mirip-mirip Ari Sihasale! Wow! (Siapa sih yang nggak doyan Ari Sihasale?!) Tapi sepertinya Nimo ini nggak ngerti perasaan Ami, malah dia punya pacar yang namanya Reta, yang nggak cantik tapi punya mobil Cherokee merah keluaran terbaru. Padahal kan, dari segi tampang Ami (merasa) lebih cantik! (Cewek-cewek sekarang pasti deh langsung bilang kalau Nimo matre!)

Meskipun demikian, Dimas Geronimo (Nimo-red) selalu berada pada top list obsesi Ami semasa SMA plus beberapa tahun sesudahnya. Dengan alasan Nimo juga kenapa akhirnya Ami memilih melanjutkan ke Teknik Sipil STTN (jurusannya Nimo) dan terdampar sebagai field engineer di D’estaine Compagnie offshore Balikpapan (padahal niatnya supaya bisa dikirim ke D’estaine Compagnie Oaklahoma tempat Nimo bekerja).

Terus apa hubungannya sama kopi? Well, tunangan Ami yang namanya Raka, doyan banget sama kopi. Dia selalu memulai harinya pukul 5 pagi dengan kopi hitam favoritnya (3 sendok kopi + 2 sendok gula). Orangnya baik banget, cerdas pula. Mungkin karena dia jurnalis, makanya dia banyak baca dan jadi pinter begitu (tuh makanya… pada rajin-rajin membaca ya!). Jarang-jarang ada orang baru yang bisa mudah diterima keluarga Ami. Raka baru sekali datang sudah dicintai seluruh keluarga besar Ami plus diajak main kartu monyet yang ekslusif itu. Hebat kan?! Pokoknya nggak ada deh yang bisa ngalahin kebaikan dan charm-nya Raka. (Bener nih nggak ada?)

“Cintapuccino is about finding your “Nimo”, your obsession yang mulai menjadi kenyataan, dan tentang betapa banyak ketakutan yang harus dihadapi ketika obsesi itu mulai merusak ‘rencana sempurna’ kita. But most of all (Cintapuccino) is about being brave facing your fear and finding your inner strength to believe in miracles” (Rahmanti, 2004, p.xi).

Itu kata penulisnya. Buat aku sih buku ini sangat menghibur dengan cerita-cerita lucu semasa SMA dan dialog-dialog gokil tapi juga cerdas. Ada analogi tentang kotak kado, analogi cinta kopi hitam pun cinta a ala cappucccino (bisa aja deh Icha bikin analogi, make sense pula! hahaha). Bukunya ringkas dan mudah dicerna banget, maklum seri chicklit (Eh, pada tau dong chicklit apaan? Aku juga baru tau setelah baca buku ini, hahaha…). Aku senyum-senyum sendiri waktu baca bukan karena mirip pengalaman pribadi kok ;)

13 thoughts on “Cintapuccino [Icha Rahmanti]

  1. Bukunya memang chick-lit sekali… topiknya enteng, bahasanya kasual. Kalau mau diumpamain, seperti tomat, segar, tapi ngga bisa disimpen lama (maksudnya ntar kira-kira dua tahun lagi, paling kita lupa sama detail ceritanya).

  2. leny says:

    chicklitnya keren bgt….mirip sama kisah cerita kita2 dech waktu jaman2 sma heheheehehheheh……….btw good luck untuk mbak icha……….

  3. Karina says:

    ni ciklit pokoknya wakilin perasaan cewek bgt deh, kayaknya hampir semua cewek pasti punya cowok yang jd obsesinya…tapi memang ga semuanya bisa kesampaian sih…pokoknya Ciklitnya Cintapuccino is keren bgt…

  4. deeWy says:

    ..jempol 100 dechj tuk chiklit ini…so great bwanget…chiklit pertama yang mampu bikin gw terkagum-kagum…ceritanya gw bwanget…mungkin sampai skarg bnyak bwanget kesamaan diumurQ yang uDah 21 ini…reaLly greaT…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s