Selamat Berkarya: 33 Renungan Tentang Kerja [Dr. Andar Ismail]

Standard

Image Hosted by ImageShack.us

Penulis/Author: Dr. Andar Ismail (1998)
Penerbit/Publisher: BPK Gunung Mulia
Cetakan/Edition: Kesembilan, 2003
Kategori/Category: Motivasi/Renungan Kristen
ISBN: 979-415-581-0

Kenapa sih kita harus bekerja? Apa iya, tujuan kita bekerja untuk mencari dan menimbun materi? Pekerjaan seperti apa yang kita cari? Bagaimana sebaiknya kita bersikap menghadapi pimpinan yang tidak adil, cobaan yang menghantui, dan masalah pekerjaan yang tak kunjung usai? Lalu, bagaimana sebaiknya kita menyikapi saat pensiun?

Membaca buku ini adalah salah satu cara yang aku pilih dalam masa-masa transisi di Jakarta, sepulang dari merantau di negeri orang. Buku ini berisi cerita-cerita yang bisa dijadikan bahan renungan dalam mencari kerja, berkarya dan beraktualisasi diri dalam bentuk yang produktif, dan yang terutama, dengan cara yang menguatkan iman.

Di dalam Alkitab, kita bisa melihat bagaimana Allah bekerja dari awal sampai akhir, bagaimana Allah menciptakan, membangun dan terus memelihara. Allah terus bekerja dengan aktif untuk kita, bagaimana dengan kita? Setiap orang mendapat panggilan Tuhan untuk bekerja. Semua orang yang percaya, apapun pekerjaannya, layak disebut hamba Allah. Jangan kecewa ketika impian kita tidak terpenuhi. Dalam cerita “Darma 3 Pohon Cemara” kita bisa melihat ilustrasi bagaimana impian masing-masing pohon tidak terkabul, tetapi Allah mengubah rancangan-rancangan mereka menjadi sesuatu yang lebih baik, lebih indah.

Cerita favoritku adalah “Wajah-wajah yang Menopang”. Tidak hanya perjalanan karir, perjalanan hidup kita pasti tak lepas dari bantuan orang lain, baik secara langsung maupun tidak. Ungkapan “semoga sukses” dari sopir taksi yang kita tumpangi ketika kita akan berangkat ujian, lalu nasehat-nasehat orang tua ketika kita dihadapkan pada pilihan hidup, hingga tepukan hangat di pundak dari kawan-kawan dan tentu masih banyak lagi, itulah wajah-wajah yang menopang kita meraih apa yang kita miliki saat ini dan juga wajah-wajah yang akan kita ingat sebagai penopang kita di kala susah. Om & Tante Kiki dari Gereja St Adrews Presbyterian Auckland memberi buku ini ketika aku berpamitan akan kembali ke tanah air. Perhatian dan kasih sayang mereka semasa aku di Auckland serta doa-doa yang mereka kirimkan ketika aku pamit pulang ke Jakarta menjadi kekuatan supaya aku tidak putus berusaha. Bersyukurlah karena Tuhan mempertemukan kita dengan orang-orang yang menopang kita, yang telah berperan menjadikan kita seperti hari ini dan besok.

Renungan tentang kesuksesan di Bab 10 “Gampang, Berikan Mereka Sukses” juga sangat mengena di hati. Seringkali, manusia berubah menjadi serakah ketika memiliki lebih. Tetapi, ketika kita tidak memiliki apa-apa, sepertinya kita lebih mudah berpasrah pada Tuhan, lebih rendah hati dan lebih mudah berbagi dengan sesama. Ketika kesuksesan itu datang, kita mulai memegahkan diri, mulai mendengki dan menjadi pelit dalam berbagi. Kenapa? Yang pasti, tidak selalu kesuksesan datang dari Allah sehingga berbuah kebaikan. Jadi, bertekunlah dalam Tuhan dan waspadalah. Sebaliknya, situasi belum sukses bukan berarti Tuhan tidak memberkati kita. Berkat Tuhan datang dalam berbagai bentuk, bahkan ketika kita merasa terabaikan. Bukankah kita justru semakin rajin berseru dan menyapa Tuhan dalam kegalauan kita?

Kita bekerja karena kita adalah tangan Tuhan. Kita bekerja karena Allah kita bekerja. Ketika kita berada di puncak karir, jangan lupa bersyukur dan tetap setia dalam Tuhan. Ketika kita belum bekerja, dipecat atau sudah masuk masa pensiun, mengutip pesan Om Kiki, pakailah waktu-waktu yang ada untuk penyegaran rohani dan semakin mendekatkan diri dengan Tuhan Yesus.

About these ads

25 responses »

  1. halo indah & rizal. banyak buku yang ditulis rumit dan berliku serta penulisnya ‘bangga’ bisa menggoyahkan iman. tidak semua penulis berani menggunakan talenta mereka untuk menulis sesuatu yang sederhana untuk menjadi renungan bersama, untuk saling menguatkan iman. Tuhan berkati… :)

  2. saya tertarik dengan buku ini, setelah ke homepage bpkgunung mulia cari cari sudah tidak ada yah….bisa menginformasikan dimana belinya yah….

  3. hi rudy, selamat ya kalo sudah ketemu bukunya :)

    buat yang masih mencari buku-buku ini, seri buku “selamat” dari pdt andar bisa dengan mudah didapatkan di toko buku kristen seperti visi, metanoia, bpk gunung mulia dll.

  4. Hi, hari ini saya lagi pengin baca Selamat Berkarya yang biasanya ada di meja kerja saya tapi gak nemu, mungkin dirumah..tapi pengin banget baca, akhirnya coba google, ketemu situs ini..bagus banget..
    Btw manggilnya pake Rey atau Greena atau Reygreena.. cheers,Marky

  5. buku2nya pak andar menarik bgt, cerita2 buat remaja dibikin donk biar qt juga bisa tambah semangat bacanya ‘n koleksi seri selamatnya lbh byk

  6. Bukunya pak Andar bikin firman tuhan lebih mudah dicerna,tp bukan tanpa rasa kayak bubur hambar…..
    Bikin kita mikir,manggut-manggut,sedikit manyun,ketawa,mungkin mewek…tp yg penting bkin kita nyadar.
    Ak lg baca seri selamat berkembang….
    dan sedang menghasut org2 untuk membaca buku2 seri selamat yg lain.
    Gbu all

  7. buku seri selamat berkarya oleh andar ismail keren abis, slalu ku bawa kemana aq pergi.

    aq juga mau minta informasi dari kelanjutan seri buku oleh andar ismai, antara lain :
    1. selamat melayani tuhan
    2. selamat berbakti
    3. selamat sejahtera
    4. selamat berkarya

    bagi teman2 yang bisa kasih informasi, saya berterima kasih banyak. ok thanks

  8. semua buku ‘seri selamat’-nya Pak Andar amat diperlukan oleh banyak orang untuk menjadi kekuatan, keteguhan dan motivasi untuk menghadapi berbagai suasana hidup. Terus menulis Pak. TUHAN Yesus memberkati. Bagaimana menemukan alamat e-mail Pdt. Andar Ismail? ada yang bisa bantu? atau Pak Andar mau menghubungi saya melalui e-mai: oirompis@yahoo.com. Terima kasih. Roy – Manado.

  9. jelas sangat bermutu.
    saya sangat terinspirasi, setelah membaca
    cerita ke 12, tidak ada kerja yang hina
    sekarang saya sadra tidak ada gunanya bermalas-malasan
    waktu sangat penting
    saya tidak boleh egois
    masih banyak saudara diluar sana yang membutuhkan sesuatu untuk dapat saya berbuat bagi mereka

    terimakasih
    telah menyadarkan saya

  10. saya sangat suka membaca buku seri selamat.. karena buku ini memberi penyemangan aq dalam kehidupan ini… untuk terus berusaha, bekerja keras dan selalu berpengharapan dalam Tuhan.

  11. benar penulis yang lihai.gampang dicerna .tidak mengurui .penuh dengan akal dan pikiran atau relevan .dimata pak andar ayat alkitab begitu mendapat tempat dalam kehidupan sehari hari.saya sangat menyenangi.mengoleksi seluruh seri selamat.terbitkan lagi dong seri selamat .

  12. Syaloom!, saya sangat suka membaca buku seri selamat bapak, pada buku SELAMAT PAGI TUHAN, disitu ada sempat di singgung sedikit tentang meditasi.
    saya mau bertanya pd bapak, apakah kita orang kristen bisa jg bermeditasi?, karena sepengetahuan saya meditasi itu, mengosongkan pikiran, dan masuk ke alam bawah sadar. jika kita melakukan meditasi apakah Roh Kudus yg ada dalam diri kita, tidak akan keluar?? jika bapak berkenan untuk menjawan pertanyaan saya, ini email saya ety_eliezerti@yahoo.com Trima kasih atas penjelasannya. Tuhan Yesus memberkati.

  13. Rey, salam kenal. Beberapa tahun yll saya baca buku ini. Kalau tidak salah ada puisi tentang orang yang ter-PHK. Masih punya puisinya? Di mana saya bisa download? Terimakasih banyak. GBU.

    • salam kenal Poppy. terus terang aku bahkan lupa kalau ada puisinya. setahu aku buku ini belum ada dlm versi e-book yang bs di-download, mungkin bisa cari ke toko buku Kristen atau Gramedia ya say…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s