5 cm. [Donny Dhirgantoro]

Standard

Penulis/Author: Donny Dhirgantoro
Penerbit/Publisher: Grasindo
Cetakan/Edition: 2005
Kategori/Category: Fiksi
ISBN: 979-759-151-4

Sekali lagi, aku terkagum-kagum membaca karya anak bangsa. Jangan-jangan memang aku yang sudah terlalu lama merantau melebihi keinginan bathin?? Yang pasti, aku tahu, aku sangat normal karena selalu merindukan Jakarta dengan sejuta tempat makan super nikmatnya plus lampu-lampu jalanan dan suasana romantis Jakarta Kota di malam hari. Thanks Donny, for putting all my imaginations and desires into such a believable writing (lihat halaman 353). Silakan tidak percaya juga, karena aku pun merindukan macetnya kota Jakarta, waktu yang tidak pernah habis di caci maki tetapi waktu yang tepat pula untuk menganalisa sisi kanan-kiri mobil dan melihat wajah Jakarta dari balik kaca, sambil tune-in radio kesayangan, hahaha… I know I am never crazy for wanting to go home afterall.

Kelima sahabat (Arial, Genta, Riana, Zafran dan Ian) berteman sejak mereka masih memakai seragam putih abu-abu, masa-masa muda yang penuh cerita lucu, sedikit tolol maupun cerita sedih yang akan selalu dikenang sebagai hal paling manis dalam hidup. Persahabatan mereka sedemikian eratnya sehingga tak terasa mereka selalu bertemu dan bercengkerama hampir setiap hari, meskipun sebagian dari mereka sudah mulai bekerja. Untuk menghindari kejenuhan yang kronis, mereka sepakat untuk tidak berkomunikasi selama 3 bulan, waktu yang akan mereka pakai untuk melanjutkan hidup dan memungut apa yang sempat terbengkalai karena kegiatan dengan para sahabat. Arial mencari cintanya, Genta, Zafran dan Riana berusaha fokus pada pekerjaan mereka, sedangkan Ian melanjutkan kembali skripsinya yang sudah lama tertunda. Pertemuan setelah 3 bulan nanti akan mereka rayakan secara besar-besaran.

Genta yang punya ide. Tanpa memberitahukan secara detail, melalui sms Genta mengingatkan sahabat-sahabatnya tentang 3 bulan yang hampir habis dalam waktu seminggu diikuti sederetan permintaan bahwa pada hari H mereka harus bertemu di Stasiun Senen. Teman-temannya diminta pula membawa segudang peralatan. Genta berniat membawa para sahabatnya untuk melakukan sebuah perjalanan, perjalanan hati yang memperkaya diri mereka sebagai manusia, perjalanan yang menjadi momentum perubahan dalam diri mereka. Mereka akan mendaki gunung Semeru untuk mencapai puncak Mahameru tepat pada tanggal 17 Agustus.

Setengah dari buku 5 cm. bercerita tentang keseharian lima sahabat ini, dari sifat-sifat mereka yang berbeda satu dengan yang lain sampai dengan perilaku dan aktifitas mereka yang penuh canda tawa, diselingi cerita tentang permasalahan antar-sahabat. Setengahnya lagi, buku ini menuliskan petualangan kelima sahabat dalam mendaki gunung Semeru. Kalau temanku Gita.Fh pernah menulis dalam blognya bahwa ia sempat kepingin naik gunung sehabis membaca buku ini, aku malah semakin ingin pulang ke Jakarta supaya bisa jalan-jalan lagi di Kota jam 1 pagi, lalu mampir makan ikan baronang bakar di Pasar Baru sambil nguping lagu-lagunya Sade, Brand New Heavies, Frank Sinantra, Adam Ant, Lighthouse Family dll. yang lirik-liriknya ramai dikutip penulis dalam novel ini :) Indahnya… hahaha.

Seseorang yang sangat berarti untukku juga pernah bercerita tentang perjalanannya menuju Mahameru bertahun-tahun yang lalu. Puncak Mahameru telah mengubah hati banyak manusia karena keindahan, keagungan dan kemegahan alam raya yang senantiasa mengingatkan manusia kalau mereka sangat kecil dihadapan Sang Pencipta, seperti yang juga dirasakan dan hendak diceritakan penulis novel ini. Mendaki gunung memiliki segudang aturan tidak tertulis yang sebaiknya diikuti karena kesombongan dan ketidakdisiplinan bisa berakhir petaka di sana. Aku tidak kepingin mendaki gunung karena aku tahu aku tidak bisa, tapi keyakinan yang menggantung sejauh 5 cm dari kening menggugahku untuk lebih bersemangat untuk menggapai mimpi!

Mungkin karena sepantaran dengan masa-masa SMA penulis, buku ini benar-benar kunikmati. Gaya bertutur yang kadang sok lucu, sok tau, sok bijak lalu lirik-lirik lagu dan cara melihat dan mengungkapkan sesuatu terasa akrab bagiku (meskipun ada kemungkinan kalau angkatan lain pun memiliki cycle yang tidak jauh berbeda). Cerita tentang pergolakan bathin Ian di Bab 5 dan juga Ian yang jadi bulan-bulanan oleh junior kuliah, resepsionis kantor dll. buatku agak dipaksakan, begitu pula dengan forward cerita ke “sepuluh tahun kemudian” yang menurutku agak merusak jiwa buku dan kurang penting sebetulnya.

Sekedar saran, untuk para mahasiswa, mantan mahasiswa dan juga calon mahasiswa baik yang ber-demo karena mengusung cita-cita mulia, maupun yang ber-demo karena ingin masuk TV dan dianggap keren karena bisa ekstrem melawan pemerintah, novel ini mungkin bisa dijadikan bacaan di kala senggang ketika kalian sedang tidak sibuk ber-demo. Walaupun agak kocak, tapi sisi tidak kocaknya bisa menyumbang sedikit inspirasi loh ;)

173 responses »

  1. Pas baca buku ini, satu hal yang benar-benar membuat saya kangen dengan teman-teman saya pas kuliah…. ngobrol ngasal sok tahu :-) Dengan siapa lagi kita bisa bebas mengutarakan pendapat kita yg isinya lebih banyak kandungan “sok tahu”-nya daripada “kebenaran faktual”-nya.

  2. Skrg aja kalo ketemuan temen lama kan suka masih pada sok tau gitu tuh. Sebagian krn memang kebanyakan baca dan kepengen menyalurkan ilmunya, ada juga yg numpang nyambung info temen ditambahin analisa sendiri. Kadang-kadang aku ngrasa ngeri-ngeri sedap loh dgn topik percakapan kita dengan temen2. Cerdas nggak puguh gitu deh, hahaha…

  3. Terima kasih resensinya..
    seneng bangeeeeet…..gue
    bukunya udah masuk cetakan kedua sekarang…
    Tapi mungkin jangan terlalu detail ya..
    5 cm itunya apa jangan dikasih tau dulu biar penasaran..
    namanya juga resensi…

    kita email emailan yuk..

    Donnny Dhirgantoro
    donny_mendunia@yahoo.com

  4. Halo Donny, kan resensi plus sinopsis makanya agak panjang. Ntar kalo ngomentarin tp nggak ngasi tau latar belakangnya, temen2 lain yang belum bisa beli nggak ngerti “si rey ngomentarin apaan sih” hehehe… Banyak loh temen2 yg lagi diluar penasaran jd pengen baca buku ini :) Bravo buat Donny! Selamat atas cetakan keduanya ya…

  5. 1. matarmaja nggak lewat yogya lempuyangan..
    2. surat bikinan daniek nggak logis, tememnya kan meninggal pra musaibah tsunami. (cek tahun pendakian Juple cs, cek tahun meninggalnya temennya Daniek, dan cek lagi tahun musibah tsunami)

  6. halo sakuRy :) wah kamu pendaki gunung ato mmg tinggal di yogya? asli deh aku ga tau kalo ttg jalur kereta. taunya cuma parahyangan sm argo gede doang hahaha… mmm, aku dah lupa suratnya ttg apa ya? cerita fiksi mmg gitu, suka merekayasa detail buat efek samping doang. kadang ngeselin dan jadi ga make sense, apalagi kalo org yg baca detail kaya kamu. kadang aku juga suka terganggu tuh, tapi kali ini karna ceritanya emang menarik dan detailnya ga terlalu familiar buatku, jadi deh ga ngaruh hehehe…

  7. ini buku yang ditulis gaya prosa-puisi itu ya? atau itu andre aksana? *bingung* pokoknya yang banyak quotes dan lirik2 lagu itu kan? aku cuma baca sepertiga, lalu aku kembalikan (hehehhe… boleh minjem)soalnya. aku tidak terlalu terkesan tuh, biasa aja rasanya. mungkin karena kebanyakan teralih dengan lirik2 lagu ya sehingga gak gitu nyaman bacanya. hmmmm….. mungkin aku tipe short-attention-span of a person.

  8. bukan ‘na, 5 cm itu ttg persahabatan teman-teman SMA yg berlanjut hingga mrk dewasa. bagus kok bukunya. liat aja sampulnya, itu bukan yg kamu pinjem?

  9. oh my god, it’s verry beautiful!
    om donny pakai juruz apa to? ke dukun mana biar selesai bukunya. walah pinter juga ya om! besok kalau buat buku lagi yang lebih mengiris hati aja biar pembaca nangis and mudik bersama dilebaran kali ini. he-he10000000XXXXXX.
    met buat buku lagi ya? jangan lupa juga buat buku islami ya? biar om bisa lebih deket dengan-Nya. amin

  10. wha..
    bukunya keren bgt kok..tp,,smpe saat ini,,walaupun udah selesai baca..tetep aja g tw inti ceritanya yg mana..
    eh,,skrg jdinya udah lumayan ngerti stlh ngeliat blog ini..
    tp,,emang byk yg g pentingnya juga ya..
    intinya,,mnurut gw,,nih buku byk bgt pesen nya..dan obrolannya berat bgt ya..
    tp,,ending percintaannya gw g suka deh..soalnya maunya Riani sama Genta,,Zafran sama Arinda (hehe.biasa bgt ya?)..abisnya,,si Genta malah jadinya sama tokoh baru.
    yah..mungkin mas donny mw berpesan bahwa cinta tak harus memiliki..tp harus dinyatakan..hehe..
    sukses ya buat novel nya..terus bikin novel ya..
    ditunggu lho..
    daa..

  11. two thumbs up buat 5 cm
    kerennnnnnn banget
    sumpah zafran “gila” itu tipe gw banget!!!!
    cerita nya kocak, seru, bikin ga berhenti baca…
    pokoke kalo bisa ada sequelnya hihi….
    sukses terus…caiyooooo

  12. sebelum membaca gw pun penasaran, apa sich makna dari 5cm itu ?
    seorang teman meminjamkan novel tersebut, setelah gw baca sedikit (kyk’y seru juga nich cerita !), jd gw putusin utk tertarik membaca novel tersebut. Dan ternyata “It’s so amazing story”.
    3 hari gw selesaikan bacaan gw itu. (setelah yg punya meminta kembali tentunya):-p.
    gw tertarik… gw pengen baca lagi…. tapi gw kesulitan mencarinya…
    krn kmrn gw nyari ke gramedia setempat, stocknya sdh habis.
    Gmn donk!!!

  13. waahh aku termasuk yg ketinggalan neh baca buku bagus ini. Awalnya seh iseng aja, pas main ke jkt nyari buku bacaan buat perjalanan plg ntar, akhir pas di itc cempaka mas aku mampir ke gramedia, eehh nemu buku yg sampul n judulnya unik, aku gak pernah nemuin buku ini di sby, akhirnya aku beli aja, ehh gak taunya buku ini bagus banget, spt baca diaryku sendiri, cos ceritanya gue banget, persahabatan yang indah……
    tapi lebih hidup ketika perjalanan ke mahameru, Subhanallah…… aku seperti disana, bisa membayangkan keindahannya, bisa merasakan kebahagiaan saat mencapai puncaknya, buku ini bener2 bagus banget

    utk bayu: coba dech cari di gramed cempaka mas, aku baru beli akhir februari kemarin, stocknya masih ada beberapa kok, tapi gak tau lagi klo skrg dah habis :D

  14. Gwe baca buku ini lom selese kemaren cari buku ini di toko buku ini stoknya habis kata mereka T_T tapi sekilas gwe baca gwe yakin buku ini bener2 hebat kata2 nya bisa memberi inspirasi bagi pembaca asal pembaca bener2 melakukan sesuatu yang di maksud disana walaupun dengan perumpamaan. Taruhlah impianmu 5 cm di depan kepalamu. Terus buat buku2 yang bagus ya kk Donny :)

  15. iya bener banget, nih buku gada matinya…..
    sekalipun aku udah baca buku lainnya…
    tapi tetep aja cuma nih buku yang inspiring banget…….
    wes pokoke kuereeeenn
    walopun aku cuma meinjem dan gak ikutan beli hehehhee

  16. mas dony…makasiiiiih ya..akirnya ada juga orang yang bikin novel tentang pendakian gunung. Jadi skrg tiap ada orang yang nanya kenapa gw suka banget naik gunung, gw tinggal sodorin buku 5 cm aja..hehe!!
    temen-temen gw juga pada suka sama buku 5 cm,,buku 5 cm gw yang udah gw jaga baik-baik dengan sepenuh hati, akirnya harus rela juga jadi buluk gitu,,hiks..hehe..
    kalo bisa 5 cm di bikin film dunk……..indonesia kan blm punya film yang nyeritain ttg pendakian gunung, paling cuma film Gie doang, tu juga gambar gunungnya cuma dikiiiiiit banget diliatinnya..
    sukses buat mas Dony…insya Allah abis ikut SPMB nanti, gw mau ke rinjani nih..doain ya mas biar jadi….amiiiiiiiin

  17. bener tuh kata turseena….dibikin film aja. bukunya keren.top.asik.demen.ok.cinta…deh….jadi pengen beli bukunya, walopun udah baca (minjem), tapi pengen baca lagi….pokoknya abis baca tuh buku, langsung ngehayal gimana muka si genta, riani, zafran, ian, ma arial. sampe pas ngeliat iklan, ada model yg ciri2nya persis ama arial, langsung mikir “kayaknya ni model cocok banget kalo jadi arial (berasa Sutradara hehehe…), coba kalo 5 cm di jadiin film ya? bakal gw tonton!”
    pokoknya berkesan banget deh tuh buku. ada kocaknya, lagunya, pelajarannya (walopun ada yg aga’ ga ngerti, berat bgt bahasanya!). pas abis baca buku ini, gw jadi seneng bgt ama lagunya Goo Goo Dolls – Iris.
    nanti dibeli deh bukunya!

  18. suMpeH,,,gw suka banged ma crita di nih buku,,gw terinspirasi bwd ngubah diri gw gara2 tu buku,,yahhh manteb deh,,salud wad si donny yang buad ni buKu….DaRi iKAAAAa imud
    eia ika da fs lo,,klo mo add silakan hehehe,,skalian promosi
    iKALiciOUS”””””)

  19. pertama kali liat bukunya…tebel.covernya…simpel.ah, ga papa.cuma pinjem ini.begitu liat isinya…wonderful!!! akhirnya pangen beli sendiri deh…udah berkali-kali dibaca,tetep ga bosen. seru sih…aku beneran nangis nih, apalagi wktu nyampe d puncak mahameru.mank bener ya, segitu serunya naik gunung?jadi pengen…tapi ga ad yg mo ngajakin…;( trus lagu2nya, walopun ad yg aku ga kenal, tapi berhubung aku suka lagu2 lama,bagus bgt…liriknya ngena bgt.saluut…congrats y mas donny…!! kalo dibikin film, aku mau dong jadi riani…hehehe….

  20. Wah, ga kebayang dah baca novel Mas Donny, Sumpah, bagus bgt!
    Gw baru baca awal Juni ini karena baru “bisa” beli sich coz ga yang bisa pinjemin gw. padahal, gw da tahu dari seorang yang kerjaannya sama Mas Donny tuch da 1 tahun(lebih_bgt) yang lalu.

    Mas Donny! mungkin 5 cm bisa difilmkan. tapi, pilsssssssssssssssss………….. jangan yach? ntar ga asyik lagi. biasanya ga seperti bayangan kita waktu baca ni novel. biarkan sesuai fantasi orang yang baca, termasuk gw.

  21. 5 cm nya keren abis,,,

    pertama baca waktu aq deket2 UAN,,
    bener2 bikin smangat blajar naek drastis,,
    jadi tambah rajin,,,

    truz,,
    slesai UAN langsung beli bukunya,,
    n sampe skrg,,truz d baca bwt nambah smangat,,,
    g tw d skrg ud brp kali tamat baca 5cm,,,
    g bosen,,
    tetep bisa bikin mataku berembun,,,:P

    bwt mas donny,,
    thx 5cm nya,,

  22. Wah..ini buku seh gila keren abiz….pas waktu itu gue jg lg masa2 exams…tp bener2 kecandu abiz baca neh buku..mao pas ke skolah, mao balik skolah, mao kemana aja pokoknya neh buku udah kayak holly bible gue..ampe kadang sebelum bobo tuh suka kepikiran!!

    Neh buku bener2 menghipnotis gue abiz2an..jadi kangen jkt!!! Pengen balik…hix hix…T.T

    Gue suka ama kata2 puitisnya, lyric2 lagu yg dikasih, pokoknya semua information yg ada juga ngebuat gue jadi makin lebar pengetahuannya tentang sastra, music, pshychology dll…

    So far, gue udah beli neh buku bnyk banget buat temen2 gue..wakakaka

    Hendrik, seeker_boyzz1@hotmail.com

    Salam buat Kak Donny!!! THX and u are great!

  23. mkasih mas donny novelny bner2 amazing…**
    pas ptama k toko buku liat sampulnya jah dah tertarik..
    trus koar2 k tmen2 kalo ada novel bagus bgt..
    stocknya waktu itu cuma 5..
    eh tmen2 pada grudugan ksana…dborong deh smuanya..
    akhirnya aq g kbagian..
    cuma kbgian pinem doang..HIks..hiks..hiks..
    rasanya pengen punya sendiri tuh novel…
    tapi…
    huhHH…

  24. banyak hal yang aku ambil dari buku ini
    Pesahabatan bukan berarti harus selalu bersama dan mengambil keputusan bersama tapi harus bisa menghormati dan menghargai keputusan yang dibuat sahabat.
    Hidup memang Pilihan
    Aku senang banget ma buku ini banyak cuplikan adegan film dan lagu2 favoritku………………………
    aku senang banget ma zafran

  25. pokoknya nih novel top banget!
    aku paling suka sama ian yang gembul kaya gajah bledug dufan itu.
    charming n inspiring!

  26. Duuh ne buku…laku bgt kali y sampe susah gw nyarinya…Dulu gw baca punya tmn..Gw suka bgt sm gambaran persahabatannya,mirip sm khidupan prtemanan gw…Juga ngajarin anak muda buat slalu bangga jadi orang indonesia…pokona ngebangun banget deh…salute for donny..
    PS:Bantuin duonk nyari bukuna…

  27. >Aniez & Orie
    Udah cari online? Argentum, BukaBuku & KutuKutuBuku punya kok, diskon lagi! Mampir deh ke link “Knots” diatas, ada beberapa toko buku online yang bisa kamu sambangi.

  28. Aku juga suka banget dengan bukunya mas Donny. Sangat menghibur, ada yang menyentuh juga. Setuju dengan resensi di atas. Termasuk ttg ‘forward cerita ke “sepuluh tahun kemudian” yang agak merusak jiwa buku dan kurang penting’.
    Juga ttg surat Denniek yg nyebut2 musibah tsunami, tahunnya gak cocok banget yah… = ))
    Tapi namanya juga fiksi, terserah yang nulis kan..hehe..

  29. buku keren…
    walau ada sedikit “tapi”nya.
    ngalir banget, penuturannya asyik…
    dan ada kalimat yg aku suka banget,
    “kalo lo yakin sama sesuatu, taruh itu disini (di dahi), 5cm dari kening lo, dan setelah itu kita hanya butuh kerja yang lebih keras…blablabla…blablbablaba…”

    tp aku curiga, jangan2 ini kisah nyatanya si mas dony, mba..haha :)

    anyway, salam kenal ya :)

  30. gw juga mo kasih two thumbs up buat kang Donny…sumpah ngena banget!!
    waktu gw baca novel ini ga sengaja, dan waktunya pas buanget…waktu itu gw lagi putus asa buat proposal penelitian eh tiba2 novel 5 cm dateng dalam bentuk ian,,gw jadi bangkit lagi dan giat ngedate sama kompi gw untuk nerusin proposal untuk mulai penelitian,,
    sumpah gw pengen ketemu sama ian dan say thanks…titip salam ya kang Donny…
    5 cm, keren abisssss..iya kn booo…????

  31. Marsela, apa gak sebaiknya email Donny langsung? kan dia gak tiap hari mampir sini :) ada tuh emailnya di komen nomer 3.

    btw thanks ya kiriman buku sudah sampai. masih setia menunggu “Seruni Merah Jambu” & “Kenakalan2 Emil” nih…

  32. duh…..!seneng bgt bisa baca buku ini.

    btw dewi curiga nih,soal tokoh ian yg mirip bgt sama seniordewi di sar.

    dia bilang klo tokoh iyan”gue bgt”

    baca buku ini udah brasa ngedaki puncak mahameru aj>dewi jd pigin ke mahameru nih.

    dewi juga suka ngedaki soalnya dewi anak sar.tapi blum pernah liat pemandangan seperti di mahameru,yg di bagian itu bukan fiksi kan?

    eh kyaknya klo buku ini di jadiin film bakalan seru bgt kaliii?

    gimana klo di buatfilemnya aja.

    btw klo ke makassar kasi info ya,dewi mo liat penampakan asli sang penulis kocak ini.

    see u!!!!!!!!!!!!!

  33. S U M P A H ! ! ! ! ! ! tuh buku

    KEREEEEEEEEEEEEEEN!!!!!!!!!!! abis.

    waktu pertama kali gw baca, gw nemuin tokoh si ian yg

    sepintas hampir mirip ama gw. tapi lama2 kok bisa2nya y

    mas donny nemuin karakter si ian yg 90%mirip ama gw.

    tokoh si iyan tuh gw bgt, dari nama dan fisik aj hampir

    sama. apalagi soal manchester united, suka makan

    indomie, happy

    salma, doyan makan, fotografi, makan, mahasiswa jurusan bisnis

    yg juga jadi mahasiswa kesayangan dosen pembimbing yg

    juga sekaligus temen curhat karena gak lulus2,sama suka

    makan, pecinta film2 layar

    biru, makan, game FM, CM, dan WE yg tanpa bosan2nya

    selalu pake tim manchester united, makan lagi, suka

    nyanyi sambil maen gitar, yg dulu

    slalu jadi orang lain demi mendapatkan perhatian teman.

    semuanya sama. klo boleh tuh buku dijadiin film aja.

    ntar gw pgn liat apa bener2 mirip ma gw y tokoh si ian.

    btw tuh buku meskipun ceritanya gak begitu berat kayak

    novel2 percintaan tp banyak mengandung nilai2 kehidupan,

    nilai2 nasionalisme dan masih banyak lagi. pesen gw bwt

    orang yg belum baca tuh buku pasti bakalan nyesel dilahirin

    di dunia ini. thx buat mas donny, gara baca cerita tentang

    perjuangan si ian, gw jd tambah semangat buat kuliah

    sekarang.see u!!!!!!!!!!!!!!

  34. buku ini ada bloopers nya

    Deniek : ‘Dua tahun lalu temen kita meninggal di Mahameru’ – atau persis dua tahun lalu – (ketika naik jip dari Tumpang)

    di Nisan temennya dia tertulis Wafat: 17 Agustus 2000
    berarti kejadian naek gunung itu tahun 2002. Tapi di surat Deniek di kertas folio menyinggung2 masalah Tsunami Aceh (terjadi tahun 2004 akhir), David Beckham hijrah ke Real Madrid (2003)

  35. Buku Yang keren.. gw baru baca bgt..
    tapi sumpah nih buku emang keren bgt
    dan pasti bikin smua orang jadi pengen ke “MahaMeru”
    keren bgt Mas Doni..

    Ditunggu 6 cm nya..

  36. ass….^_^
    sumpah…..ni emeng bku yg pling kren…..
    bnyak bgt hal” bru yg d dpt….
    skrg aq sring ber_filosofi klo lg ngomong ma tmn…..
    bca bku nie jd bkin smangat pngen k “PUNCAK MAHAMERU”
    ou ya,.sbnernya GIE mninggal di mahameru krn sbuah kcelakaan
    ato dibuat seolah” itu kecelakaan???
    sbuah kjadian rekayasa pemb.ORBA??????
    Mas doni,.ctak ulang dunk bku nya…..
    aq blon smpat beli nieh…..
    ya….^_^
    makasih ya mas atas ilmu”nya….

  37. 5 cm, keren abiz, kalo kita udah baca, kita jadi ngerasa bagian dari novel ini, entah terobsesi entah kebetulan, tapi temen2 langsung manggil zafran pas mereka udah baca novel itu sama gw……
    pengennya sih di panggil genta…hikz..hikzz…

  38. yampuuuuun, novelnya keyeeeennnn banget!
    apalagi gw mau UN, jadi terinspirasi untuk enggantungkan cita2 gw yang 5 cm itu, gw akan taru terus depan kening gw..

    jadi pengen punya temen2 kaya mereka2 itu..

    hebat!!!!

  39. Wah..wah…Aku juga belum baca nih, Soalnya aku lg d Kairo dink. Kemarin minta tolong suruh nyariin ke teman di Indonesia, tapi katanya dah muter-muter ga nemu. Gmana cara dapetinnya ya? atau ada yang dalam bentuk ebook? boleh donk di kirim ke imam_afi@yahoo.com

    Please banget, dulu pernah pinjem sama temen, tapi bacanya sekilas. Pas mau pinjem lagi eh udah ga ada. Sial banget.

    Salam

  40. Fuih…ternyata ada juga yang merepresent kenangan SMAku.sampe speechless nih mo komen apa.pokonya it’s so me…aku sama temen2 sekelas lebih suka jalan2 prinsip ekonomis walaupun akhirnya jadi norak.kita lebih suka ngumpul di gunung ketimbang di mall kemaren aja kita reuniannya hiking.atau jalan2nya naik mobil seadanya (alias mobil bak terbuka) punya kepala sekolah kita yang akhirnya berbuntut pada muka memerah akibat malu, sebel plus nahan tawa gara2 banyak orang teriak “mbe…mbe..” pas kita lewat<<tuh kan norak!tapi kita enjoy aja mo orang bilang apa yang penting kita hepi2.
    malah curhat deh! ya..pokonya ni buku bawa aku ngelayang layang ke masa lalu.kadang ini yang bikin aku agak keliatan gila klo lagi di angkot, senyum2 sendiri nginget kejadian tempo dulu.dan kadang hal2 itu yang bikin aku ngerasa “gwe lama2 bisa gila kalo terus kalah sama kenangan,dan gak mungkin kan gwe ngerek2 minta sama Tuhan ‘ya Allah kembalikan aku ke masa lalu!’ bisa kacau hidup!” pokonya ga da matinya lah buku ini.oh ya satu lagi yang menonjol dari buku ini, MIMPI.

  41. sebelunya thx buat non GESIT yg udah ngenalin skaligus beliin novel ini…hehe (smoga kebaikanmu terbalas berkalilipat aamin)
    novel yang bagus, banyak pesan moral yang bisa diamalkan…

    pengen jadi superman, biar cepet sampe ke MAHAMERU

  42. GILA…………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    salute To mas Donny,bukunya keren abiez mas………

    gw sampe bisa ngerasaian apa yang ada di dalam buku,kisahnya ga nebosenin..
    gw juga pernah naek gunung tapi y g setinggi mahameru…tapi semua yang diceritain di buku bener banget….
    di saat kita naek gunung keliatan semua watak orang saat itu,,,,

    gw suka banget karakter mereka…..gokil,nyantai….and so pasti KOMPAK
    OH….y mas , novel ini di ambil dari kisah nyata atau bukan seh????????

    sekali lagi kiyta beri aplause yang tinggi ke maz Donny.
    Thnxs BGT buat bukunya….
    Bikin HIdup lebih hidup dengan PERSAHABATAN…………

  43. ass, mas donny bagus banget sih bukunya pokoknya mas donny harus bikin buku buku selanjutnya yupzzzz yang seru seru lagi dan pastinya keren keren, pokoknya mas donny top banget aku tunggu karya karya selanjutnya yupzzzz, soalnya aku cinta banget yang namanya baca okeh

  44. ternyata ada buku yang ga pernah bisa aku lupa…
    tiap kali aku baca buku “5 cm”, aku selalu kangen ama mahameru yang pernah aku daki beberapa tahun lalu bersama teman dan sahabat2 ku yang tercinta….
    sangat jelas dan sangat menginspirasi…
    terutama pada bagian ian yang beusaha keras untuk menyelesaikan skripsinya… setelah baca buku itu, aku jadi semangat menyelesaikan skripsi ku seperti yang ian lakukan..

    mas donny, gimana kalo buku “5 cm” itu difilmkan, tentu akan sangat menarik dan sangat unik…
    ini cuma usul aja… syukur2 kalo beneran difilmkan, terutama untuk orang2 yang suka nonton film, tapi tidak doyan baca…

    kalo jadi difilmkan, saya minta lagunya dewa 19 yang judulnya “mahameru” dijadikan sebagai soundtrack… lagu itu sangat cocok untuk adegan dimana rianti, ian, genta, zafran, arial dan dinda berusaha bersama-sama agar dapat mencapai puncak mahameru walaupun semuanya udah nyerah…

  45. tahank mas don…. buat bukunya, gue gak tau udah ke berapa buku ni gue baca, tapi yang pasti buku ni telah buat orang yang berarti buat gue kembali seperti yang gue kenal, tuhan emank memberi yang kita butuhkan bukan yang kita minta, wah itu sepkat banget gue, sebab gue baru nyadar tu….
    and terima kasih karna buku mas dony udah jadi inspirasi buat temen2 yang sebelumnya yang gak pernah mau baca novel, oh ya mas….. KALO MAU NAIK KE SEMERU LAGI, BAPAK YANG PUNYA JIB DI TUMPANG UDAH MENINGGAL DUNIA.
    Q TUNGGU BUKU 5 CM edisi II, gak tau 10 km ato 5 kg deh.he..5x

  46. novel ini emang detail banget. sayang, beberapa detail emang terkesan dipaksakan dan gak masuk akal, terutama bagian2 akhir dari novel ini (setelah menggapai puncak pendakian sampai habis). tapi gara2 konyolnya “Badut Ancol”, kekurangan itu sedikit tertutupi. ingat dosen pembimbingnya si “Ikan Pesut”? Sukonto Legowo, awas! namanya gak boleh disambung! hehehe…

  47. novel ini buat aq jadi lebih mencintai Indonesia, buat aq ingin menjelajah karya Tuhan di bumi pertiwi,buat aq menggenggam lebih erat idealisme yang selama ini kupegang
    makasih buat mas donny, hebat euy…
    aq mpe baca novel berulang-ulang
    meski bagian akir agak terkesan maksa
    tapi, bener hebat…

  48. ass. mas don bukunya keren buanggetzz
    Q jd pegen ke mahameru terus punya teman kaya mereka
    pas baca bag. ian Q nangis sekaligus terinspirasi untuk selalu menaruh keinginan di dpn kening menggantung 5 cm biarkan menggantung

    pokok’y buku’y kuuereen buangggetttzzzz…..

  49. coklat-bendera, kena bgt tuh bwt gw dimasa2 TAInya indo saat ini…
    apalagi surat daniek bwt adrian, wesh gila nyentuh bgt d batin gw soalnya gw sm seperti daniek punya sodara,sahabat,kluarga ilang d gunung(gn, agung Bali)…
    ng tau knp pas gw baca crita d ranu gumbolo, eh ada kupu2 dan itu terulang saat shbt gw baca crita itu.
    bwt NITA ma EKO, gw bakal slalu bermimpi kalian kembali dr gn.agung bali, gw harap lw skrng msh survival d sana smpai saat ini ud 3 bln.amin
    gw simpen tuh mimpi dikwning sjauh 5 cm.
    (gw tau 5 cm dr NITA

  50. yagh benar banget tugh
    5cm aku banget
    ngga cuma maennya, candanya, trus cintanya tp
    idealisnya jg mantap
    apa lg tentang si tokoh y meninggal tu y namanya sama dengan si ian gembul
    aku paling suka tugh pas bagian pendakian tugh
    pa lagi pas baca surat buat ian
    uigh suratnya itu
    mpe sekarang kalu aku baca lg tugh novel masih bikin aku haru,,,,meneteskan air mata
    ngga bisa tidur klw lom selesaikan tu novel

    pokoknya keren
    salut bwat mas dhonny

    kpn lg mas bwat buku sekeren itu

  51. thaks buat pengarang buku ini…keren banget bro..banyak yang aku bisa ambil dari isi cerita ini tentang persahabatan, impian dan cinta…tahks banet karena buku ini udah bisa membuat aku sadar apa akan arti persahabatan yang sesungguhnya dan apa arti sebuah perjuangan…5 cm taruh telunjuk mu didepan mata kamu.biar kan dia menggatung di depan mata kamu agar kita dapat selalu melihat dan mengejar impian kita…

  52. sumfah,,, gile keren abis
    akhirnya gue bisa jadi diri gue sekaranak, bukan adit yang selalu niru orang laen,
    thanks 5 cm,
    thanks mas Dhony,,

    dan sekarang aku tlah menemukan jati diriku

  53. Waahh ternyata yg suka buku ini banyak banget. Yang bikin gw pertama tertarik karena ada cap best sellernya. Penempatan di raknya juga pas.. Ada novel sampul item di antara sampul warna2 ngejreng laen. (Bisa jadi tips tuh buat penulis laen.. kerja sama ama yg punya gramed) hehe./..

    Kalo pengen difilmkan kayakx sekarang waktu yg tepat.. MOMENNYA PAS bgt.. kalo dah lewat peaknya kan sayang mas don… kayakx banyak tuh yg mau diwawancarai buat promo thrillernya (Weitss…)

    kagum ama teknik narasinya, pembaca dibikin deg-degan… cerita nenek tukang nasi di stasiun.. touchy.. ga nyangka. Cerita riani ama zafran mengingatkan ama you’ve got mail nya tom & meg… (kebetulan aja kali) tp endingnya ga sama kok. Teknik nyelipin lirik…kayak lg nonton dawson’s creek..which is good anyway..salut bwt usaha mas dony yg udah keluar “dana” bwt nyari source lagu2 bagus.. kadang2 lagu2 jd makin pengen didengerin kalo tau sejarahnya… yg nulis lagu2 di buku 5 cm musti nambahin “thanks to” nya buat mas donny nih.

    Terus terang endingya membuat sy sedikit “terganggu”. Kan ga mesti masang2in maksa gitu. Penonton yg tadina dah terbuai dengan cerita yg detil dan diajak beranalisa macem2 jd kayak “dipaksa” buat nerima cerita perjodohan ala sinetron. Not fair hehe.

    Thx mas dony buat karyanya. Keindahannya akan saya simpan dalam hati… ti.. ti..tii.

  54. sumpahhhh keren banget…….
    walou pun bacanya telat tp sumpah nginspirasi banget
    buat film nya dong,,,yang bwat hanung bramantyo
    please please me…….

  55. Lapan ya bisa ke Semeru..,,? Curaaaaaaaaaang jadi ngebuat gw pengen aja….,, Huh ,, gak bisa ngomong apa2 lagi kereeeen……! ajaraiiiiim nulissssssss.. gw tunggu yang berikutnya…,

  56. Maksih banyak Mas Donny…stelah baca buku ini aku selalu berpikir aku bisa melakukan apapun yang aku mau asalkan aku yakin kalo aku mampu…Cerita Ian nyelesein Skripsinya inspirasiku…(yang lain juga kok..misal saat Genta bikin event yang temanya Tarzan…dll)Kalo masalah daki-mendaki Mahameru membuat aku semakin sadar bahwa manusia adalah makhluk yang tidak punya apa-apa..Pokoknya aku bisa seperti sekarang karena buku Mas Donny (Perantara dr Allah SWT…)Thanx 4 being my inspiration…Novel barunya kapan Mas…?

  57. sumpah keren bgt..gantungkan cita2mu setinggi 5 cm..banyak kutipan2 yang amat bermakna..kpn nih di filmin??bnyk yang nunggu tuh..zhan sampe beli bukunya 2 . satu reguler. satu lagi hardcover..top..zhan jadi sering memberikan buku ini sebagai hadiah buat temen atau sodara yan sedang ultah..makasih ya mas donny,,,
    buAT PENGGEMAr 5 cm,,salam kenal ya..

  58. you know what?
    gw juga punya geng beranggotakan seperti mereka

    tapi jalan ceritanya sedikit berbeda
    buat gw kangen ama 4 makhluk busuk itu

    miss you guys

    ( gw udah kirimin masing masing 1 buku mu dhonny…)

  59. mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaapp!
    gue ngomongnya nyampe kentut lho mas. i’ll be your fans! bikin filmnya donk mas,soale gw pengin bgt liat mukanya arini…

  60. aku tulis namamu d pasir tapi terhapus oleh ombak,aku tulis namamu d langit tapi terbawa awan,akhirnya aku tulis namamu d hatiku d situlah tersimpan salam sebagai”SAHABAT-SAHABAT TERBAIKKU”

    PERSAHABATAN to seperti MATAHARI yang menyapa pagi..HANGAT&MENYENANGKAN.dia juga seperti AIR PASANG yang menepuk2 pasir putih..MEMBAHAGIAKAN&selalu membuat TAWA.

    sahabat adalah dia yang menghampiri kita ketika kita sedang merana,berduka&terluka…bukan menghampiri kalau sedang butuh…karena persahabatan itu seperti tangan dengan mata.saat tangan terluka maka mata menangis,saat mata menangis maka tangan menghapusnya…..

    br per1 x baca lngsng jatuh cinta,trima ksh buat mas donny yg udah bkn persahabatan kami tambh lengket ampe kpnpun.AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN.aku tunggu pilemna mas,,,,

  61. uwaw..

    Bukuna baGus bGt…

    gaMpaNg diMenGerTi

    deNgan beGini aKu bSa ngejaR mimPi mImpi aKu…

    BukaN haNya seOnggOk daGinG yAng gag ada gUnanYa…

    KapaN diBuaT jaDi fILm…

    aKu baKal reLA ngAntRe berJam jaM lOw…

  62. gggiiiiiiiiiiiiiiillllllllllllllllllaaaaaaaaaaaaaaaaa……..

    kangaen…kangenn…kangennn…kangen banget nihhh sma tmen2 sma dlu…..

    kpan ya bsa photo2 n’ gila2 kyak dlu lg…

    si arini tu kyak gmn ya orngnya?????? jd pnasaran….

  63. Pingback: Big Mac, Yumy or Yikes..? « Try to be an accountant..

  64. walopun bru skrang gw ngasih comment,,,
    tpi..
    gw udah apal tuch buku,cuz semenjak temen gw ngerekomendasiin ntu buku. gw jdi ketagihan baca nya..
    gw suka bgt gaya bahasa ntu buku smpe2 gw jd pnya genk begenk yang sma,sma tokoh crita ntu buku.n’ merk genk gw jga “5 cm”,,,
    huhuhuhu…
    maap yua merk buku na di pke qta2 smbrng orng,,,

  65. halo mas donny, kmrin abis dari lampung ya?
    sayang banget saya gak bisa dateng ke acaranya..
    well, it’s that true that 5Cm is going to be movied?
    i just want to ask that how the casting it self?
    may we contribute to join in that’s cast??
    hahahaha…
    kasih2 tau dong kabar2nya..
    bangga lo bisa main di cerita sebagus 5CM..
    sure..

  66. novel 5 cm maknanya bagus banget. tapi sayangnya terlalu bertele2. yang pas ngobrol di ranu kumbolo ya kalo ga sala, ttg manusia atheis. itu panjang banget sampe capek sendiri bacanya. dan mnrt gue kebanyakan quote lagu. hehe :D

    tapi tetep, novel ini novel fav gue. dan novel indo pertama yang bisa bikin gue nangis. pas mereka bisa nyampe puncak mahameru dan pas mereka nemenin anak mereka upacara dan flashback ke 10taon silam. omg so touchy hahaha :D

  67. sialan..
    gw ketinggalan baca nih novel..
    tapi asik..
    ceritanya ttng kehidupan sehari harii.
    pa lagi ada ttng pendakian n makna hidup..
    gw sebagi pencinta alam seneng..
    n “coba hargai hidup loh yang singkat dengan hal berguna”..

    a perfect novel..

  68. Aku kira buku ini nggak akan seterkenal ini…
    Sampe masuk internet segala. Eh pas aku iseng2 nyari ternyata ada juga tentang 5 CM. Buku paling indah yang pernah aku baca. Udah lama banget aku bacanya…

    Sedih, nangis, ketawa, terharu, seneng… Pas aku baca buku ini, rasanya… Wah, keren banget. Apalagi covernya…

    Kok bisa ya… ceritanya semenarik itu??Apa ini pengalaman pribadi sang penulis???

  69. the best book yang pernah gw baca…
    makasih bang brkat 5Cm hidup saya berubah…

    saya jga akhrnya pke sistem 3 menit klo maw bicaraan temen..hehehehe///

    tp skrng sya lbh ska ngmng langsung ma org itu…

    mksh ya 5 CM…

  70. ketika membaca novel 5 cm,, sumpah gw suka banget apalagi dengan ke 5 tokohnya yang suka banget sama film, sama kaya gw yang juga sauka sama film,,,,,, pokonya top abiez deh 5 cm,,, ngomong-ngomong 5 cm difiminnya kapan ? g sabar nih!!!!
    makasihhhh

  71. askum, aku mo tanya kisah ini nyata ga sih, coz aku ngrasa ini nyata tapi kadang kaya ga nyata, trus, zafran itu sebenernya ada ga sih,,,,,

  72. ebooknya udah keluar pa belom???

    walaupun hanya dapet cerita sekilas dari temen, aku udah tertarik and pingin baca bukunya…

    kalau ada, info info ya…

    thanks and regards,

    whira
    hajar mataharinya…….

  73. pertama ngeliat review bukunya,Q udh sangat tertarik ternyata benar nich buku keren abizz dechh….

    ngingetin Q ama tman2 SMA yg udah pada mencar buat nuntut ilmu,, dan juga sama 2 SAHABAT TERbaikku yang udah pergi duluan,,

    jadi sedih sekaligus senang,,
    sedih karena harus kehilangan SAHABAT TERBAIKKU dalam hidup tapi senang karena diberikkan SAHABAT TERBAIK
    thankz 5 cm,,,
    thankz mas Donny Dhirgantoro,,,

    btw,nie buku ada rncana mo dibikin film g?
    pzti kren abieezzz dechh…!!!!
    salutttt!!!!!!

  74. Gue tertarik banget dengan buku ini…Critanya mirip banget sama kisah gue n SAHABAT gue… Kami 5 sekawan memulai persahabatan dari kekacauan…

    sekarang semua lagi pada sibuk meraih masa depan tuk akhirnya dipertemukan kembali menjadi utuh.. pada saat kami berpisah kami berjanji untuk kumpul lagi 4 tahun lagi di kota yang sama… Dan waktu kami tinggal 1 thn lg..

    Kami akan bertemu untuk mewujudkan mimpi yang sempat tertunda…

    buku ini keren banget…

    Buku ini dikenalkan ke gue dari LOVELY… dari dia gue banyak belajar…
    dan dari buku ini juga….

  75. wah gila… buku 5 cm tuh inspiratif banget…
    menggugah sikap nasionalisme kita…
    pokoknya TOP BGT

    akhir cerita’a gak kebayang…
    tapi yang pasti makna dan pesan dari novel ini gak bakal gw lupain…

    makasih Donny Dhirgantoro

  76. Pertama kali liat cover novelnya sih, kesannya biasa aja…
    tp pas diperhatiin bner2 ada seswatu yang yang bner2 istimewa….

    dan setelah baca…….
    WuuuuuuuuIIIIIIIIHhhhhhh….
    keRREEEeeeeeeeeeeennnnnn banget ceritanya……

  77. gue dikasih tau sama temen gue… yg baca buku ini,,, pasti gak bakal nyesel!!!! ternyata emang bener!!!
    yah,, walaupun telat baca,,, tapi
    kerennnn abizzzzzz…………….
    jadi pengen ke Maha Meru dech hehehehe

  78. bukunya keren bangetttt,,, =) =) banget banget,, gak nyesel pergi mlm mlm cuma gara gara pengen beli ini buku,, mantabh..
    jadi kebayang-bayang.. mahameru pasti keren bgt =’)

  79. om Doni…
    Ceritanya keren…
    Seep..
    w merasa w gabungan antara Zafran + Arial
    hahaha
    trus berkarya yah om..

  80. 5 cm . . benerbeber deh . .
    abiz baca saya nangis . . inget saya yang sring pesimis am apa yg mau saya raih . .
    kerennn pkok ee .

  81. Sebenarnya buku ini bagus jalan ceritanya, namun banyaknya kesalahan ejaan yang konyol bener2 bikin saya ilfil… Gara2 saya perfeksionis sih.

    Seperti “blush on” ditulis “blast on”, dan The Corrs klo ga salah jadi “The Coors”… hmm…

  82. Oh ya, dan ide “menggantungkan mimpi” sebenarnya bukan ide baru. Ini mirip sebuah pepatah Inggris, klo ada keledai yang ngga mau jalan, gantungkan wortel beberapa cm di depannya, jadi dia akan terus “mengikuti” wortel itu.

  83. Pingback: 5 cm (book review) « ANCAGAR -Muslim Mountaineer

  84. saya baca buku ini februari pas ada pameran buku di jogja..pertama diliat judulnya simple banget, pas dibaca,edan keren banget..bang donny bisa gabungin antara kasih sayang,pengorbanan,persahabatan,egoisisme, sangat terjalin rapi..jujur saya terharu dan bangga karena saya juga sangat menyukai gunung,dan apa yang pernah saya alami hampir terwakili di buku ini……

  85. pas saya baca ni buku…ke inspirasi bagaimana saya bisa dan mampu gapai semua mimpi2 saya….dan saya jadi mau naek gunung mahameru deh

  86. alur critanya sarat akan makna maz….
    cerita yg mampu merubah smua hidupku,,,,
    mahameru emang penuh dengan kejutan…sayang ak gak pernah punya sahabat seperti yg maz punya…..

    kapan reuni ke malang!!!!
    gak pgn ke mahameru lagi tah???

    sukses 5 cm….

  87. asli pas slesai baca ni buku gw cuma bisa diem…
    kena bgt di gw…
    salut bgt…
    semoga bener2 masih ada orang yg cinta tanah air kaya para
    “power rangers” di ni buku… hhe!!!

    God Bless…

  88. Ceritanya bagus banget , apalagi ketika aku baca ada kalimat-kalimat yang begitu memberi inspirasi buatku. Kereeeennn!! Dari covernya aja udah bikin penasaran, ternyata nggak rugi aku beli buku 5 cm, malah untung setengah mati.. haha

  89. udah 3x gw khatam baca ini novel, Akh,. brharap jenuh,. muak,. tapi ga pernah gw ngrasain hal itu,. yang ada mau baca lagi, lagi & lagi,. sumpah parah mampus 5cm,.
    bukannya gw melebih2kan ( Lebay ) tapi emang knyataannya gitu dan ga ada satupun manusia yang bisa mencela novel ini..! kalo sampe ada yang nyela
    _Me & You VS The World_ heheee,..
    yahhh,. intinya sukses selalu utk Donny Dhirgantoro & 5cm.

  90. pertama kali baca pas kelas 1 sma,,
    langsung terharu dan kagum banget,,
    bikin ynag baca merasa ikut merasakan pendakian gunung mahameru
    quote2 nya juga bagus2,,
    bener2 bisa banget nyari yang kayak gitu,,
    novel yang bisa ngasih inspirasi tentang menggapai cita2,,
    sampe sekarang pun kalo baca,, masih terbawa suasanannya

  91. gue suka banget ni buku. penuh makna tentang hidup dan memang benar” hidup. ga basi!!
    punya pesan terdalam tentang kehidupan dan persahabatan.
    hidup penuh mimpi yg sangat berarti.
    all thumbs up deh buat 5 cm

  92. bravo……bravo….
    buku yang sarat makna…..
    artinya dalem bangeeeeettt!!!!!
    Ga bakal pada tew betapa besar arti persahabatan n perjuangan low belom baca nie buku…!!!!
    Kak Dony..,ayo bikin buku2 yang kayak gini lagi Q tunggu….

  93. cuma satu kata bwt buku ini,,,,,
    is the best dech ..
    banyak bgt pelajaran yang gue dapet dari baca bku yang keren abeeezzzzz ,,

  94. Ni buku mengingatkanku pada ke 9 sahabatku….
    secara fisik saya mirip sama Arial dan secara watak saya mirip genta, trus kalau berpuitis mirip zafran namun puitisnya agak campuran dari filsuf sampe sufi…

    Terkadang dalam membaca buku ini saya selalu merasa bahwa kisah yang ada pada buku ini seperti keadaan yang sedang terjadi pada saat bersamaan ketika saya pertama kenalan sama ini buku….

    Thanks bang Dony… Saya jadi lebih cinta sama ke 9 sahabat saya….

  95. satu kata!
    DASHYAT!
    sumpahnya buku ini ga ada matinya…
    berkali2 dbaca,, gak bosen,,
    berkali2 dbaca,, tetep mewek,, (apalagi pas part di lempuyangan)
    berkali2 dbaca,, tetep rame,,
    sampe kapanpun dibaca,, tetep yahut!! aheuuy..

  96. sesuai karakter dari aku tuk hoby sekaligus refresh dan bagaimana kita bisa menyikapi dan mengambil intisari dari sebuah kebersamaan dan perbedaan. pada dasarnya buku ini akan membuat pembaca membuka mata, dari tidak tahu menjadi mengerti, dan dari kesalahpahaman menjadi sikap bijaksana….. sekarang terserah apa yang akan pembaca ambil maknanya. dari aku hanya bisa bilang TOP BANGET DEH

  97. awalnya aku disuruh baca ni buku….

    tapi aku nyeseeellll banget…!

    kenapa aku ga di suruh baca buku ini dari dulu….

  98. novel yg inspiratif banget ! !
    wktu baca, minjem punya temen..
    pngen punya sendiri, tp udh nyari g ada trus,,

    dimana aku bisa nyari buku 5cm yaaa ???

  99. yuhuuuuu ,,
    finally, dpet jg buku 5cm..
    cetakan k empatbelas ajah ..
    hebbatt !!!!

    aku nemu d gramed semarang,,
    msh byk stoknya,,

  100. demi buku ini… aku patungan ma temenku…

    dan akhirnya bener2 gak nyeselbisa dapetin buku ini….
    buku yang bisa jd panduan buat persahabatanku…
    tooppp abiiiissss…

    selamat atas cetakan ke-duanya…^^

  101. Thx untuk Donny Dhirgantoro…

    yg membuka mata akan kehidupan yg berbagai macam warna-warni.
    untuk buku nya yg telah membuat pembaca seperti saya bisa mengubah cara berfikir dan berpandang lebih beda dan jelas..

    Selamat buat Donny Dhirgantoro….

  102. iya ka donny, kapan muncul filmnya ?
    gak sabar nih nunggu orang2 yg jdi peran2nya…
    bagus kaya di novelnya apa gak?
    saya harap sih lebih bagus lagi…
    ok ok…

  103. baru tau ada novel yg judulnya 5 cm..
    brau baca sinopsis ‘n comment2nya jd pengen baca.
    lg diusahain sama temen utk dipinjemin (mudah2an berhasil yaa…)
    klo mau beli, masih ada ga yaaa???

  104. akhirnya kebaca jg nii novel, emang bguz bgt, bner2 ngajarin ttg kehidupan ‘n endingnya ga ktebak bgt, pkoknya ok dach

  105. waktu gue baca buku ini, sumpah asli merinding gue! Gila nasionalisme yang mereka punya bikin ngiri! Abis baca buku ini gue malah pengen naek gunung juga buat ngeliat pengibaran sang saka merah putih di puncak gunung apa aja deh… :) Moga2 aja buku ini bisa ngebangun semangat nasionalisme bangsa Indonesia!

  106. Sebelum baca buku ini, rasanya tidak ada sesuatu yang bisa kubanggakan dari Indonesia. Tapi setelah aku menamatkan hingga lembaran terakhir dari buku ini, aku jadi berpikir lagi bahwa aku sebenarnya sangat mencintai negeri ini. Sebobrok apapun dan sebanyak apapun borok di negeri ini, aku tetap tidak bisa menemukan alasan untuk membenci negeri ini.

    Cerita tentang pendakian di Semeru juga sangat luar biasa. Selalu membuat aku rindu untuk kembali ke “puncak abadi para dewa” dan menjejakkan kakiku di atas langit pulau Jawa. Bertemu dengan setiap tanjakan yang mengajakku untuk selalu pantang menyerah, merasakan dinginnya udara serta hembusan angin yang membawa pesan untk selalu bertasbih, menikmati secangkir kopi panas bersama sahabatku yang selalu menyertai obrolan hangat kami di tengah dinginnya udara gunung. Ya, benar-benar sebuah buku yang sangat luar biasa. An inspiring book and readable.

    Dan setelah hampir 4 tahun buku itu kumiliki, entah sudah berapa kali pula aku membaa buku itu dan sedikitpun tidak pernah ada ras bosan menghinggapi, bahkan buku tersebut selalu menjadi “obat” yang mujarab ketika aku mulai merasa “lelah” dalam menjalani hidup.

    Kita tidak akan pernah menjadi manusia yang tangguh tanpa pernah mencoba untuk manaklukkan tantangan. Aku membutuhkan sebuah kehidupan yang dinamis dan penuh tantangan yang tidak bisa aku temukan dalam hidup yang “damai dan tenang”………

  107. entah udah yg ke berapa kali aku beli buku ini,,seakan kurang nyaman klo belum semua penduduk indonesia khususnya mahasiswa agar membaca buku ini, makanya tiap ada tmn yg ultah pasti aku kado 5 cm sambil mengutip kata2 kerennya dikit2,,hehehe….
    bravo mas donny !!
    bravo Indonesia !!
    Mahameru…i miss u !!!

  108. mas donny… makasiiih banget 5 cm nya… :)
    benar benar inspiratif…. aku jadi berani punya mimpi.. :)
    dan lebih spektakulernya lagi.. aku jadi punya ranger beneran…. mirip kayak mereka.. bahagia bengett punya mereka… kita banyak belajar hidup.. how to happy, how to laugh, how to act, and how to alay!!! and of course a friendshippp :)

  109. sumpah gw demen bgt ma crtnya, entah uda ratusan kali kayanya gw baca, maklum,dari awal terbit gw lgsg beli, hehe
    smpe gw terinspirasi bela2in pgn ikutan pcinta alam, tp apalah daya org tua ga ngizinin, gw malah didatengin ustadz bwt nasehatin gue, smpe nyokap blg mau mati kalo smpe gw ikutan naek2 gunung, mgkn emang lebay, tp emg kenyataannya gt…
    ouya gw ngefans berat ma zafran kalo ada org macam dia benar2 ada (sayangnya gw blm nemuin, hehehe) gw pengen bgt jnln ma tuh org,,
    n satu yg pasti, gw blm nemuin teman2

  110. hahaaha
    gw pengen punya persahabatan kyak gtu,,
    tpi smpai sekrang gw blom nemuin sahabat2 sehidup semati sprti dlam novel….
    sian ya gw ahahahahaahaha

  111. Udah 3 kali saya baca buku ini tp tetep aja masih membuat merinding, cerita persahabatan, kekonyolan, semangat dan cita2 tanpa bermaksud menggurui dan men judge sesuatu…keren abis pokoknya, meski endingnya agak dipaksakan. mas Donny ada karya laen nggak?? sory bukan pembaca yg terlalu aktif jd ngga update….

    Regards,

  112. ga bosen baca novel ini, bagus banget ceritanya, bikin sebuah perubahan yang sangat amat berarti dalam hidup dan perjuangan bersama teman teman, mengharukan, hampir setiap kalimat membuat saya menangis, tersenyum, bingung dan terkagum kagum dengan alur yang sangat bagus sehingga kita serasa terbawa dalam cerita novel, kata kata motivasi yang membangun membuat saya berfikir dua kali tentang hidup saya. terbitkan lagi dong buku buku seperti ini, minta di buat filmnya juga yang sesuai dengan novel ….. termotivasi ingin sekali pendakian ke gunung semeru

  113. sangat menginspirasi bagi pembacanya. udah bekali-kali baca tetep aja masih merinding, masih nangis dan ketawa-tawa sendiri dan berulang kali juga ngebahas bareng sama temen2.
    jadi pengen naek gunung tapi gak boleh sama mama ! envy

  114. buku ini memang d best.terbukti sekarang saya lagi hunting lagi bukunya di gramed …padhal saya sudh pernah baca cetakan pertamax dulu.krna yg dulu pux teman dan kata empunya buku.bukux udh hilang..entah knapa masih pengen baca lagi .dan langkah terbaik adlah bisa memiliki buku 5 cm.hehehehe

  115. meskipun udah baca lbh dr 3x, tp ruh-nya msh terasa….
    quote2nya menginspirasi bgt….
    yg pasti setiap hbs baca novel ini, aku jd kangen sama tmn2 jaman kuliah dan selalu berusaha mencari jdwl kosong bwt ngumpul n gila2an merajut mimpi….
    campur aduk deh…..
    katanya mau difilm-in ya?
    ditunggu filmnya yaaa…..

  116. sumpah keren banget.
    kalo baca buku ini terasa bisa ngerasain smua yg trjadi..
    sampe aku sama ceweku gak bs lupa akan ceritanya sampe skrang..,pdhal terakhir baca udh tahun kemarin..

  117. buku yang menurut saya luar biasa indah dari penyampaian nya,
    penggunaan kata yang apa adanya, kreatif, blak-blakan, yang membuat pembaca dapat lgsg melihat tiap2 karakter dalam mengucapkan dialog nya, dan muncullah imajinasi dr tiap2 pembaca ….
    walaupun kadang bagian2 “ITU” terlalu berlebihan,
    namun kembali ke pembaca nya dalam menanggapi nya ,,,

    semoga film nya kelak sesuai dgn buku nya,
    dan tokoh2 nya jgn dr kalangan artis,

  118. buku yang indahh,kerenn,menakjubkan
    buku ini jadi salah 1 motivatorku hingga aku dapat menginjakkan kedua kaki ini sampai di puncak tertinggi di pulau jawa :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s